Advertorial

Dukung Sektor UMKM, BRI Sukses Gelar Pesta Rakyat Simpedes di Kota Tasikmalaya

Kompas.com - 30/08/2022, 14:33 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sukses menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di Lapangan Dadaha Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), mulai Jumat (26/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022).

Acara tersebut digelar guna mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta memberi edukasi terkait literasi digital dan keuangan kepada masyarakat. 

Dukungan tersebut diberikan BRI untuk membangkitkan geliat UMKM yang selama ini terdampak pandemi Covid-19.

Adapun kegiatan itu digelar dengan mengusung enam pilar, yaitu Pasar, Panggung, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, dan Panen. Lebih dari 30.000 warga Kota Tasikmalaya dan sekitarnya hadir menyemarakkan gelaran PRS kali ini.

Regional Chief Executive Officer (CEO) BRI Kantor Wilayah (Kanwil) Bandung Ida Bagus Ketut Subagya mengatakan, gelaran PRS di Kota Tasikmalaya adalah kegiatan kelima yang diselenggarakan BRI di 12 kota yang menjadi tuan rumah.

“PRS digelar sebagai komitmen dan konsistensi BRI untuk mendorong UMKM agar semakin percaya diri atau ‘Pede Memimpin Perubahan’ melalui pelatihan dan pemberdayaan lain terhadap UMKM,” ujar Ida dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (30/8/2022).

Selain itu, lanjut Ida, dukungan tersebut juga ditujukan kepada masyarakat agar mulai beralih ke sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Sistem pembayaran dengan metode QRIS lebih efisien dan fleksibel. (Penggunaan metode ini) sekaligus mendukung upaya pemerintah mengurangi penggunaan uang fisik (cash),” tambahnya.

-Dok. BRI -

Pelatihan UMKM dan literasi digital

Ida menambahkan, para pelaku UMKM yang hadir pada PRS 2022 di Kota Tasikmalaya mendapatkan sejumlah pelatihan, seperti Kelas UMKM, Workshop, dan Kelas Inklusi Keuangan.

Pelatihan tersebut membahas seputar pengelolaan keuangan, persaingan industri, digitalisasi bisnis bagi UMKM, dan investasi saham untuk masa depan.

“Melalui pelatihan tersebut pelaku UMKM diberikan pemahaman agar bisa pede dalam berbisnis dan mampu mengembangkan bisnis yang digeluti,” kata Ida.

Selain itu, lanjut Ida, PRS kali ini juga mendukung upaya pelestarian budaya lokal melalui aksi Pawai. Pada kesempatan tersebut, berbagai kegiatan seni dan budaya asal Tasikmalaya disuguhkan.

Untuk bisa hadir dan turut serta dalam event tersebut, pengunjung yang telah memiliki aplikasi BRImo cukup melakukan scan QRIS untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 1 pada ticket box di area PRS.

Adapun pembayaran melalui scan QRIS merupakan salah satu bentuk literasi digital yang diterapkan BRI. Tujuannya, agar seluruh pengunjung mendapatkan pengalaman melakukan pembayaran secara digital.

Selain itu, pembayaran digital juga diterapkan di seluruh booth UMKM yang hadir di PRS Kota Tasikmalaya. Hal ini diharapkan dapat memudahkan para pengunjung untuk bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai.

Kemudahan penggunaan pembayaran digital pada gelaran itu pun diakui salah satu pengunjung PRS Kota Tasikmalaya, Savitri.

“Penggunaan QRIS melalui aplikasi BRImo memudahkan berbagai kegiatan transaksi. Dengan metode pembayaran ini, saya tidak perlu membawa uang tunai. Harga berbagai produk UMKM pada gelaran ini juga terjangkau. Saya puas ikut meramaikan acara yang digelar BRI,” kata Savitri.

Lestarikan budaya lokal

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tasikmalaya Hadian mengatakan, pihaknya mendukung pengembangan dan kebangkitan UMKM di Tasikmalaya serta edukasi dan peningkatan kegiatan literasi digital yang diselenggarakan oleh BRI.

Hadian menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya mengapresiasi upaya BRI dalam mendukung pelestarian seni dan budaya dengan melibatkan berbagai komunitas di Kota Tasikmalaya.

“Kami berharap, kegiatan PRS digelar secara konsisten demi mendukung UMKM dan mengedukasi masyarakat ataupun komunitas-komunitas seni di setiap daerah,” ujarnya.

Hadian menambahkan, berbagai pertunjukan lokal hingga nasional menjadi salah satu magnet PRS 2022 di Kota Tasikmalaya.

Adapun program lain yang juga menarik perhatian pengunjung adalah Panggung Tawa, Panggung Masak, Panggung Ilmu, Panen, Hadiah, Program Peduli, dan E-sport Competition.

Sejumlah artis, baik lokal maupun nasional, turut hadir dalam acara tersebut, seperti Willy Preman Pensiun, The Plamboy, Geisha, Ayu Ting Ting, Anji, dan Slank.

Untuk diketahui, PRS BRI 2022 akan berlangsung hingga Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik dan 12 kota seluruh Indonesia.

Keseruan PRS 2022 di Kota Tasikmalaya dapat Anda saksikan di Kompas TV dan kanal YouTube Bank BRI. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya sektor UMKM di Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022 dapat diakses melalui tautan berikut.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.