Advertorial

Menkominfo: DEMM G20 Sepakati 3 Isu Prioritas Terkait Ekonomi Digital

Kompas.com - 03/09/2022, 19:11 WIB

KOMPAS.com - Sidang Pertemuan Menteri Ekonomi Digital atau Digital Economic Ministers Meeting (DEMM) 2022 melahirkan sejumlah pencapain yang disepakati oleh Menteri Ekonomi Digital Group of Twenty (G20).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Indonesia Johnny G Plate mengatakan, delegasi negara anggota G20 menyepakati tiga isu prioritas yang berkaitan dengan ekonomi digital.

“Pencapaian tersebut untuk prioritas pertama konektivitas dan pemulihan pascapandemi Covid-19. Pertemuan juga menyepakati agar penguatan konektivitas digital harus bersifat people-centered,” ujar Johnny dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (3/9/2022).

Johnny menambahkan, delegasi negara anggota G20 juga menyepakati pentingnya keamanan digital sebagai kunci keberlanjutan bisnis.

Selain itu, delegasi juga menyambut baik berbagai inisiatif Presidensi G20 Indonesia.

"Inisiatif tersebut meliputi G20 Digital Innovation Network (IDN), Digital Transformation Expo (DTE), Small Village, Small Island, dan International Telecommunication Union (ITU),” jelasnya.

Terkait Digital Economy Working Group (DEWG), tambah Johnny, forum tersebut telah mengeluarkan dokumen yang terbagi menjadi dua bagian.

Pertama, pencapaian kesepakatan substantif antara anggota DEMM 2022 pada tiga isu prioritas DEWG G20.

Kedua, rangkuman atas dinamika pembahasan para delegasi dalam menyikapi tantangan global.

“Dokumen tersebut menunjukkan bahwa untuk seluruh isi substantif, Presidensi G20 Indonesia telah memperoleh konsensus dari seluruh anggota delegasi sesuai isu prioritas DEWG,” ucap Johnny.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.