Advertorial

Disesuaikan Berkala, Pertamax Tetap RON 92 Paling Kompetitif di Indonesia

Kompas.com - 04/09/2022, 18:52 WIB

KOMPAS.com – Sub Holding Commercial and Trading PT Pertamina (Persero), Pertamina Patra Niaga, memberlakukan penyesuaian harga produk Pertamax secara berkala, seperti yang dilakukan sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Penyesuaian itu dilakukan berdasarkan harga Pertamax sebagai bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi yang cenderung fluktuatif mengikuti perkembangan industri minyak dan gas, terutama harga minyak dunia atau Indonesia crude price (ICP).

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir, harga Pertamax tidak disesuaikan secara berkala mengikuti tren ICP. Hal ini menyebabkan selisih harga jual Pertamax dengan harga keekonomian.

“Sejak Maret 2022 hingga September 2022, harga BBM RON 92 yang setara Pertamax sudah disesuaikan secara berkala oleh badan usaha lain, sedangkan Pertamax baru sekali (melakukan) penyesuaian harga pada April 2022,” ucap Irto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Irto melanjutkan, pada Agustus 2022, ICP masih cukup tinggi, yakni sekitar 94,17 dollar AS per barrel. Berkaca pada hal itu, Pertamina Patra Niaga pun menetapkan harga baru Pertamax yang berlaku mulai Sabtu (3/9/2022).

Adapun harga jual Pertamax ditetapkan sebesar Rp 14.500 per liter untuk wilayah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta atau daerah lain dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen. 

“Penetapan harga tersebut sudah sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU). Jika dibandingkan dengan seluruh produk RON 92, harga Pertamax masih paling kompetitif,” jelas Irto.

Irto melanjutkan, penyesuaian harga itu akan diimbangi dengan ketersediaan stok dan jaminan distribusi ke seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Indonesia. 

Langkah tersebut, kata Irto, merupakan salah satu komitmen Pertamina dalam menjaga ketahanan energi nasional.

“Dari segi harga, (penyesuaian itu) juga dijaga agar tetap kompetitif. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir. Ke depan, harga Pertamax akan terus dievaluasi mengikuti tren harga minyak dunia, seperti halnya Pertamina mengevaluasi dan menurunkan harga Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex,” jelas Irto.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai seluruh harga terbaru produk Pertamina, masyarakat dapat mengakses laman https://www.pertamina.com/id/news-room/announcement/daftar-harga-bbk-tmt-3-september-2022 atau menghubungi Pertamina Call Center (PCC) di nomor 135.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com