Advertorial

Bupati Kediri Siapkan Perbup Baznas, Bentuk Unit Pengumpul Zakat di SKPD

Kompas.com - 08/09/2022, 12:01 WIB


KOMPAS.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana tengah meyiapkan peraturan bupati (perbup) untuk mendukung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim), dalam mengoptimalkan pengumpulan dana zakat.

Bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu menjelaskan, produk hukum yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri tersebut diharapkan bisa mengakomodasi kebutuhan Baznas.

"Saya minta tidak lewat dari bulan ini (September), perbup sudah bisa diedarkan," kata Mas Dhito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

Pesan itu disampaikan Mas Dhito saat bertemu dengan pimpinan dan komisioner Baznas Kabupaten Kediri di kantornya, Rabu (7/9/2022).

Mas Dhito menjelaskan, penyusunan perbup terkait Baznas tetap memperhatikan kaidah dan ajaran agama. Untuk itu, dalam perancangan kebijakan tersebut, pihaknya berharap ada komunikasi antara Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Kediri dengan Baznas.

Perbup tersebut akan mengatur sejumlah hal terkait zakat. Salah satunya, pengaturan terkait pembentukan unit pengumpul zakat (UPZ) dan penyalurannya. UPZ akan dibentuk di tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD), kecamatan, dan tingkat desa.

Sambil menunggu penyusunan perbup itu selesai, Mas Dhito mengimbau jajaran terkait untuk melakukan kegiatan sosialisasi yang diawali dari tingkat SKPD dan kecamatan. Menurutnya, UPZ di lingkungan pemerintahan akan mengoptimalkan perolehan zakat, terutama dari kalangan aparatur sipil negara (ASN).

"Jumlah ASN di Kabupaten Kediri sekitar 8.800 orang. Dengan jumlah tersebut, tentu akan memberikan dana yang bisa dirasakan masyarakat nantinya," ungkap Mas Dhito.

Mas Dhito bersama pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kediri menbahas Peraturan Bupati (Perbub) terkait pengoptimalan zakat. 

Dok. Pemkab Kediri Mas Dhito bersama pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kediri menbahas Peraturan Bupati (Perbub) terkait pengoptimalan zakat.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Kediri HM Iffatul Lathoif menjelaskan bahwa penerimaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) Baznas Kabupaten Kediri masih minim. Dia berharap, jumlah ASN di Kabupaten Kediri yang banyak dapat berkontribusi dalam upaya mengoptimalkan ZIS.

Lebih lanjut, Iffatul menyampaikan bahwa sebelumnya pihak Baznas Kabupaten Kediri telah melakukan pertemuan dengan Baznas Jatim soal rencana perbub terkait Baznas. Baznas Jatim pun mengapresiasi langkah tersebut dan akan membantu proses sosialisasi.

"Baznas Jatim siap membantu sosialisasi terkait pentingnya peran serta ASN untuk membantu meningkatkan daya partisipasi dalam pengumpulan ZIS," ungkap Iffatul.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.