Advertorial

Torehkan Deretan Prestasi, BRI Berhasil Dorong UMKM Naik Kelas

Kompas.com - 09/09/2022, 17:09 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berhasil membawa pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air untuk go modern, go digital, dan go global.

Sejalan dengan capaian tersebut, BRI berhasil memboyong UMKM binaan terpilih untuk menghadiri salah satu festival budaya Eurasian terbesar di dunia, Tong-Tong Fair, di Den Haag, Belanda. Festival ini digelar sejak Kamis (1/9/2022) hingga Senin (12/9/2022).

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, partisipasi UMKM binaan BRI dalam Tong-Tong Fair 2022 merupakan salah satu wujud komitmen perseroan untuk memperkenalkan potensi produk UMKM ke kancah internasional.

“Festival tersebut menjadi ajang pencapaian perseroan karena produk UMKM binaan akan (dipamerkan) dilihat oleh puluhan ribu pengunjung dari berbagai negara,” ujar Amam dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Untuk diketahui, tercatat gelaran Tong-Tong Fair pada 2019 berhasil mendatangkan lebih dari 80.000 pengunjung. Gelaran ini juga diikuti oleh tenant UMKM asal Indonesia.

“BRI sebagai agent of development senantiasa konsisten mendorong UMKM untuk go global. Momentum tersebut menjadi sebuah pencapaian karena bisa mengenalkan keunikan produk UMKM lokal di level internasional,” tambah Amam.

Menilik ke belakang, lanjut Amam, BRI telah mendapatkan berbagai pencapaian atas kinerjanya dalam memberdayakan serta menumbuhkembangkan UMKM lokal.

Untuk diketahui, BRI berhasil meraih penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik dari Bank Indonesia (BI) pada 2022.

Selain itu, AsiaMoney juga menobatkan BRI sebagai Best Bank for Diversity and Inclusion 2022. Sebab, BRI dinilai berdampak besar terhadap peningkatan inklusi keuangan di Indonesia.

“BRI EXPO(RT) BRILIANPRENEUR sebagai salah satu inisiatif BRI untuk mewujudkan UMKM go global juga diganjar penghargaan sebagai Omni Brand of The Year oleh majalah Marketeers pada 2022,” terang Amam.

Selain itu, BRI juga berhasil masuk dalam pemeringkatan Forbes 2022 Global 2000 World’s Largest Public Companies in Indonesia sebagai perusahaan publik terbesar di Indonesia.

“BRI akan melanjutkan rekam jejaknya untuk memberdayakan sektor UMKM. Berbagai pencapaian yang telah kami terima menjadi wujud nyata kapabilitas BRI sebagai lembaga keuangan yang telah diakui oleh berbagai lembaga atau institusi kenamaan, baik di level nasional maupun internasional,” tambah Amam.

Sejalan dengan sektor UMKM yang semakin tumbuh, BRI meneruskan kinerja positif pada kuartal II-2022.

BRI secara kosolidasian mencatatkan laba bersih senilai Rp 24,88 triliun atau tumbuh 98,38 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Dari segi aspek juga mengalami peningkatan hingga 6,37 persen yoy menjadi Rp 1.652,84 triliun.

Dari sisi pembiayaan, BRI Group juga berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp 1.104,79 triliun atau tumbuh 8,75 persen yoy.

Penyaluran kredit kepada seluruh segmen pinjaman pun tercatat tumbuh positif dengan penopang utama, yakni segmen mikro yang tumbuh 15,07 persen, konsumer 5,27 persen, korporasi 3,76, serta segmen kecil dan menengah meningkat 2,71 persen.

“Portofolio kredit UMKM BRI tercatat tumbuh sebesar 9,81 persen dari Rp 837,82 triliun pada akhir Juni 2021 menjadi Rp 920 triliun akhir Juni 2022. Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus merangkak naik menjadi sebesar 83,27 persen,” jelas Amam.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.