Advertorial

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Pertamina dan TNI AD Bersinergi Olah 100 Ha Tanaman Pangan

Kompas.com - 15/09/2022, 14:50 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) untuk mendukung program ketahanan pangan nasional melalui pengembangan pertanian tanaman pangan di wilayah operasional PHR di Riau.

Untuk menandai kerja sama tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman dan Direktur Utama PHR Jaffee A Suardin secara simbolis melakukan penanaman bibit jagung di Desa Kesumbo Ampai, Kabupaten Bengkalis, Riau, Rabu (14/9/2022).

Dalam sambutannya, Kasad Dudung mengatakan bahwa TNI mendapatkan mandat dari Presiden Joko Widodo untuk mengambil peran membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional melalui kerja sama dengan berbagai elemen.

”Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi respons PHR untuk bersama-sama TNI AD membantu menyejahterakan masyarakat melalui program tersebut,” ujar Kasad Dudung dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Sementara itu, Jaffee mengatakan bahwa PHR bertekad untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan.

“Benteng terkuat dan landasan harmonis PHR dalam operasinya di tengah masyarakat adalah ketika masyarakat sekitar merasa ikut memiliki dan merasakan manfaat nyata kehadiran PHR,” ujar Jaffee.

Menurutnya, PHR telah menyiapkan lahan lebih kurang 100 hektare (ha) di wilayah operasinya di Duri, Bengkalis, Riau, untuk pertanian tanaman pangan.

Inisiatif tersebut diharapkan mampu menggerakkan ekonomi, menghasilkan bahan pangan yang bermanfaat untuk konsumsi masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah operasi PHR.

Secara nasional, pemerintah telah mencanangkan program Ketahanan Pangan sejak 2012 dengan menerbitkan Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Dalam UU tersebut, disebutkan bahwa ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tecermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau, serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com