Advertorial

Gelar Pesta Rakyat Simpedes 2022, BRI Lakukan Edukasi dan Pemberdayaan UMKM di Palembang

Kompas.com - 17/09/2022, 17:01 WIB

KOMPAS.com – Rangkaian Pesta Rakyat Simpanan Masyarakat Pedesaan (Simpedes) Bank Rakyat Indonesia atau PRS BRI 2022 yang ke-6 diselenggarakan di Lapangan PTC Mall, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) pada Jumat (16/9/2022) dan akan berakhir Minggu (18/9/2022).

Untuk diketahui, acara tahunan yang diselenggarakan oleh BRI sejak 2008 tersebut dilaksanakan untuk memberikan edukasi terkait usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kepada masyarakat, mendukung pemberdayaan UMKM, serta memberikan edukasi tentang literasi digital dan keuangan.

Regional CEO Regional Office Palembang Wahyudi Darmawan mengatakan, PRS BRI 2022 mengangkat tema “Pede Memimpin Perubahan”.

“Lewat tema tersebut, kami berharap, masyarakat, khususnya nasabah Tabungan BRI Simpedes bisa percaya diri atau pede dalam berbisnis, mengelola keuangan, dan bekerja.” ujar Wahyudi.

Rangkaian acara yang berlangsung pada PRS BRI 2022 terdiri atas enam pilar, yaitu Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan Peduli. Pada pilar Pawai, BRI memberikan literasi digital kepada pelaku UMKM yang tersebar di pasar atau sentra ekonomi dan diikuti dengan kemeriahan pawai budaya.

Melalui pilar Panggung, BRI menghibur masyarakat dengan menampilkan artis lokal dan nasional. Adapun artis tersebut adalah Fiersa Besari yang hadir pada hari pertama, Nella Kharisma dan band Geisha pada hari kedua, dan band Gigi pada hari ketiga.

Ada pula penampilan dari band lokal asal Palembang, yakni Hujan Tropis dan Kopral Jono yang turut memeriahkan pilar Panggung.

Pada pilar Pasar, BRI menghadirkan 120 UMKM binaan BRI yang akan menampilkan berbagai macam produknya. Sementara pada pilar Panen, BRI memberikan hadiah undian Simpedes dan doorprize untuk pengunjung yang hadir.

Stan UMKM pada pilar Pasar PRS BRI 2022 di PalembangDok. BRI Simpedes Stan UMKM pada pilar Pasar PRS BRI 2022 di Palembang

Melalui pilar Pojok X’Sis, BRI memberikan kesempatan bagi pengunjung pengunjung untuk mengaktualisasi diri serta menambah pengetahuan lewat berbagai aktivitas seni dan olahraga, literasi digital, pengenalan digital banking experience, dan coaching clinic atau capacity building kepada komunitas.

Di Palembang, BRI membuka Kelas UMKM untuk mengedukasi para pelaku UMKM dalam menjalankan usaha mereka. Adapun materi yang disampaikan dalam Kelas UMKM berkisar seputar promosi bisnis, digital marketing, financial management, dan aspek legalitas UMKM.

Ada pula talkshow mengenai teknik marketing dan personal branding, serta strategi pemasaran yang dibawakan oleh beberapa influencer.

Pilar terakhir, Peduli, diisi dengan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dari BRI yang ditujukan kepada masyarakat setempat. Kegiatan ini meliputi cek kesehatan gratis, donor darah, vaksin Covid-19, dan potong rambut gratis.

Selain enam pilar tersebut, PRS juga ditujukan untuk mengedukasi masyarakat dalam melakukan transaksi melalui fitur pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Hal tersebut diimplementasikan dengan penggunaan QRIS untuk memasuki area PRS. Para pengunjung dapat mengunduh aplikasi BRI Mobile Banking (BRImo) dan melakukan pembayaran senilai Rp 1 dengan memindai QRIS pada ticket box yang telah disediakan. Para pengunjung juga dapat melakukan transaksi secara digital selama beraktivitas di area PRS.

BRI berharap, kegiatan ini dapat menjadi titik balik kebangkitan ekonomi rakyat, khususnya sektor UMKM, di Indonesia.

Sebagai informasi, PRS BRI 2022 akan berlangsung hingga Desember 2022 dan akan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan secara hibrida sehingga dapat juga ditonton di Kompas TV dan kanal YouTube BRI.

Untuk mengetahui Informasi lebih lanjut mengenai PRS BRI 2022 silakan kunjungi tautan ini.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.