Advertorial

Prof I Nengah Duija Resmi Dilantik Jadi Dirjen Bimas Hindu Kemenag

Kompas.com - 18/09/2022, 16:14 WIB

KOMPAS.com – Prof Dr Drs I Nengah Duija, M.Si resmi menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu setelah dilantik oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium H M Rasjidi, Jakarta Pusat, Jumat (16/9/2022).

Dalam visi dan misinya, Duija mengaku ingin membangun Hindu seluruh Nusantara yang aspiratif terhadap nilai kearifan lokal secara adil serta tanpa diskriminasi dan perbedaan.

Ia juga ingin melaksanakan kajian mengenai situasi sosial yang berkembang dalam proses pengambilan keputusan.

“Saya ingin ada big data yang transparan dan bisa diakses oleh umat Hindu di seluruh Indonesia serta pembenahan tata kelola organisasi yang sehat,” kata Duija, dikutip dari keterangan pers yang diterima Kompas.com.

Duija melanjutkan, sebagai Dirjen Bimas Hindu baru, dia ingin semua komponen umat Hindu bersatu dengan semangat yang sama dalam membangun dan memajukan Hindu Nusantara.

Diketahui, Duija sebelumnya menjabat sebagai Guru Besar Mata Kuliah Antropologi Budaya pada Kelompok Jabatan Fungsional Pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Ia sempat terlibat aktif dalam organisasi Majelis Kebudayaan Bali dengan jabatan Ketua Komisi Penguatan Objek Sakral pada 2021.

Duija mengawali karier sebagai aparatur sipil negara (ASN) pada 2001 dengan jabatan Asisten Ahli di Unit Peneliti dan Pengabdian Masyarakat berpangkat Penata Muda Tk.I Golongan III/b Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar. Kini dia menjabat sebagai Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama (Kemenag) dengan Pembina Utama Golongan IV/e.

Secara histori pendidikan, pria kelahiran Bangli, 31 Desember 1967 itu memperoleh gelar S1 Sastra pada 1991. Ia melanjutkan pendidikan S2 Kajian Budaya pada 2000 dan S3 Kajian Budaya pada 2005 di Universitas Udayana, Bali.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com