Advertorial

Terlihat Mirip, Ini Cara Bedakan Bio Insuleaf Asli dan Palsu dari Kemasan

Kompas.com - 20/09/2022, 14:59 WIB

KOMPAS.com – Penjualan obat herbal di masyarakat tengah menjadi sorotan. Pasalnya, banyak obat herbal palsu yang dijual secara online melalui marketplace.

Salah satu produk herbal yang dipalsukan adalah Bio Insuleaf. Tiruan obat herbal untuk mengontrol gula darah dan mengurangi gejala diabetes ini beredar dengan harga di bawah harga resmi.

Untuk diketahui, produk Bio Insuleaf asli dijajakan dengan harga Rp 195.000 untuk 1 botol, Rp 370.000 untuk 2 botol, dan Rp 525.000 untuk 3 botol. Sementara itu, produk palsu obat herbal itu ditawarkan dengan harga lebih murah, yaitu mulai dari Rp 99.000-Rp 160.000.

Peredaran barang palsu tersebut meresahkan masyarakat yang membutuhkan Bio Insuleaf asli buatan CV Bumi Wijaya untuk mengobati penyakit.

Apalagi, kemasan barang palsu tersebut sepintas mirip dengan produk asli. Hal ini membuat masyarakat rentan terkecoh dengan barang palsu. Tak hanya itu, para penipu juga mencuri konten marketing kit distributor resmi dan menampilkan di toko mereka sendiri.

Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Rembang pun berhasil mengungkap kasus komplotan pemalsu obat herbal pada Minggu (11/9/2022).

Kepala Polres (Kapolres) Rembang AKBP Dandy Ario Yustiawan mengatakan bahwa pelaku mengoplos sejumlah obat herbal menjadi satu kemasan dan dijual secara online. Mereka meniru kemasan dan melabeli dengan merek dagang yang sudah ada.


Penangkapan obat herbal palsu. Dok. Bio Insuleaf Penangkapan obat herbal palsu.

"Modusnya itu membuat barang tiruan dari produk yang banyak digemari konsumen, kemudian menjual dengan harga lebih murah. Ada selisih harga dengan produk aslinya," kata AKBP Dandy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Distributor resmi Bio Insuleaf Reza Azhar mengapresiasi tindakan tegas aparat kepolisian yang telah membongkar tindak pidana pemalsuan tersebut.

"Kami berterima kasih atas tindakan cepat Kapolres Rembang dan jajarannya dalam mengungkap komplotan pemalsu obat herbal Bio Insuleaf dan sejumlah merk lain. (Pasalnya, peredaran obat palsu tersebut) tidak hanya merugikan kami, tetapi juga membahayakan kesehatan masyarakat," kata Reza.

Menurutnya, obat herbal makin diminati masyarakat sebagai alternatif karena memiliki harga relatif lebih terjangkau. Namun, bila peredaran obat palsu dibiarkan, hal ini bisa menjadi masalah tersendiri.

Merujuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat, obat palsu merupakan obat yang dijual dengan memakai nama atau identitas produk tanpa memiliki izin yang jelas.

"Pemalsuan bisa terjadi pada merek obat apa pun dengan diberi klaim sebagai obat asli," kata Reza.

Reza berharap, penindakan pemalsu obat herbalnya tak berhenti di Rembang saja. Sebab, masih ada produk di marketplace yang terindikasi obat palsu.

Meski demikian, masyarakat yang membutuhkan Bio Insuleaf tak perlu khawatir. Mereka bisa membedakan produk Bio Insuleaf asli dan palsu berdasarkan ciri-ciri berikut.

  1. Harga Bio Insuleaf asli

    Jangan merasa girang jika menemukan harga Bio Insuleaf lebih murah dari toko asli. Pasalnya, orang-orang mudah terkecoh dengan harga murah padahal produk tersebut bisa jadi produk Bio Insuleaf palsu.

Adapun harga Bio Insuleaf asli adalah Rp 195.000 per botol. Para penipu mematok harga lebih rendah karena bahan-bahan yang digunakan memiliki kualitas rendah bahkan tidak jarang mereka menggunakan bahan-bahan yang telah kedaluwarsa.

Di atas adalah beberapa marketplace yang memproduksi Bio Insuleaf palsu. Jika menemukan Bio Insuleaf di bawah harga Rp 195.000, kamu harus waspada. Cek dan cek lagi apakah tokonya memang sedang mengadakan promo atau karena itu menjual produk palsu. Dok. Bio Insuleaf Di atas adalah beberapa marketplace yang memproduksi Bio Insuleaf palsu. Jika menemukan Bio Insuleaf di bawah harga Rp 195.000, kamu harus waspada. Cek dan cek lagi apakah tokonya memang sedang mengadakan promo atau karena itu menjual produk palsu.

  1. Bagian depan kemasan
    Kemasan depan Bio Insuleaf asli memiliki tulisan merek dengan ukuran kecil dan berwarna abu-abu mengilap. Tulisan merek pada kemasan dicetak juga sedikit timbul dan terdapat garis berwarna kuning dengan tekstur.

Di atas adalah salah satu contoh perbandingan produk Bio Insuleaf palsu dan asli. Dok. Bio Insuleaf Di atas adalah salah satu contoh perbandingan produk Bio Insuleaf palsu dan asli.

  1. Bagian samping kemasan

    Pada bagian samping kemasan Bio Insuleaf palsu terdapat beberapa perbedaan yang mudah ditemukan. Pertama, terdapat QR Code atau hologram pada boks Bio Insuleaf.

Namun, ketika hologram tersebut dipindai, muncul pengulangan nomor POM. Padahal, di boks tersebut sudah tertera nomor POM.

Kedua, penulisan komposisi pada produk palsu tidak rapi. Misalnya, penulisan 450 mg menjadi 450mg.

Tampak samping kemasan asli dan palsu. Dok. Bio Insuleaf Tampak samping kemasan asli dan palsu.

  1. Bagian atas kemasan

    Produk asli memiliki tulisan merek di bagian atas kemasan dicetak timbul. Jika diraba,konsumen dapat merasakan tekstur pada bagian tulisan serta garis berwarna kuning. Di bagian dalam, terdapat timbulan tulisan Bio Insuleaf.

 Tampak atas kemasan asli dan palsu. Dok. Bio Insuleaf Tampak atas kemasan asli dan palsu.

  1. Botol

    Botol yang asli mempunyai tutup botol berwarna hitam dengan permukaan yang rata serta halus. Di bagian ini, tidak terdapat tambahan simbol ataupun huruf.

    Penempelan atau pemasangan kemasan pada badan botol asli sangat rapi. Berbeda dengan produk palsu yang dipasang ala kadarnya sehingga terlihat tidak rapi.

    Pada bagian bawah botol Bio Insuleaf asli, tidak terdapat tambahan huruf, angka, atau simbol. Bagian bawah botol pada produk asli memiliki permukaan yang melengkung ke dalam dan rata atau tidak ada tekstur.

    Botol kemasan asli dan palsu. Dok. Bio Insuleaf Botol kemasan asli dan palsu.
  2. Plastik pembungkus kemasan

    Kemasan produk Bio Insuleaf asli terbungkus dengan rapi menggunakan plastik premium. Sementara itu, pada produk palsu, plastik pembungkus tidak rapi.

Itulah cara mengenali produk Bio Insuleaf yang asli dari kemasannya. Masyarakat dapat lebih teliti sebelum membeli. Jangan sampai terkecoh dengan produk palsu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Bio Insuleaf dapat mengunjungi laman berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com