Advertorial

Le Minerale Dukung Tour of Kemala Belitong 2022, Kompetisi Sepeda yang Gabungkan Olahraga dan Pariwisata

Kompas.com - 20/09/2022, 23:38 WIB

KOMPAS.com – Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) sukses menggelar kompetisi sepeda bertaraf internasional Tour of Kemala Belitong 2022 yang dilaksanakan di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (18/9/2022). Acara ini mendapat dukungan penuh dari Le Minerale sebagai official mineral water selama kompetisi berlangsung.

Sebagai informasi, Tour of Kemala Belitong 2022 melombakan dua kategori kompetisi. Pertama, Bicycle Race 125 kilometer (km) untuk peserta profesional yang dapat diikuti oleh atlet nasional dan internasional. Kedua, Bicycle Tour 56 km yang dapat diikuti peserta nonprofesional.

Pada acara penutupan, Ketua Pengurus Pusat YKB Winny Agung Budi Maryoto menyampaikan bahwa Tour of Kemala Belitong sukses digelar tanpa kendala berarti. Kompetisi bertema “Bersinergi untuk Negeri” itu dirancang sesuai dengan standar balap sepeda internasional dan mendapatkan dukungan dari Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

"Kami sangat bersyukur, kegiatan Tour of Kemala Belitong 2022 bisa berlangsung aman dan sukses. Lokasinya pun dipilih karena memiliki keindahan wisata yang tak diragukan lagi,” kata Winny dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Pada kesempatan itu, Winny juga mengapresiasi Le Minerale karena telah mendukung para peserta yang bertanding dengan memastikan asupan air mineral sehat selama kompetisi berlangsung. Menurut Winny, hal ini penting bagi para peserta guna menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh saat bersepeda. 

"Ketika bersepeda, cairan tubuh dan mineral akan berkurang. Oleh sebab itu, dibutuhkan asupan air mineral yang mengandung esensial mineral yang dapat menjaga kebugaran tubuh dan memiliki rasa yang segar," ujar Winny.

Le Minerale menjadi official mineral water selama kompetisi Tour of Kemala Belitong 2022 berlangsung.Dok. Le Minerale Le Minerale menjadi official mineral water selama kompetisi Tour of Kemala Belitong 2022 berlangsung.

Tumbuhkan sektor pariwisata dan UMKM

Winny menambahkan bahwa ajang balap sepeda itu turut menumbuhkembangkan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Bangka Belitung. Ia pun berharap, Tour of Kemala bisa diproyeksikan menjadi agenda tahunan dan didaftarkan ke induk organisasi sepeda Union Cycliste Internationale (UCI) sebagai bagian dari acara bersepeda amatir paling bergengsi di dunia, UCI Gran Fondo.

"Harapannya, Tour of Kemala Belitong 2022 bisa menjadi ajang pengembangan sport tourism atau wisata olahraga," imbuh Winny. 

Lebih lanjut, Winny mengatakan, Kepulauan Bangka Belitung dipilih sebagai lokasi perdana penyelenggaraan Tour of Kemala karena provinsi tersebut memiliki keindahan alam dan fauna. Selain keindahan gugus pantainya, Kepulauan Belitung memiliki bebatuan unik. 

Tak heran bahwa Belitung ditetapkan sebagai global geopark oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization/UNESCO)

"Selain meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional, kegiatan ini bertujuan menarik pandangan mata Indonesia dan dunia ke Belitung yang memiliki potensi wisata luar biasa serta produk UMKM lokal yang unggul," ucap Winny.

Hal senada juga diutarakan Ketua Umum Bhayangkari yang juga Ketua Pembina YKB, Juliati Sigit Prabowo. Ia berharap, Tour of Kemala Belitong dapat membawa manfaat berlapis dan multisektor, tidak hanya bagi pencinta olahraga sepeda, tetapi juga masyarakat sekitar.

Keindahan trek Tour of Kemala di Belitung diamini oleh salah satu perwakilan dari komunitas sepeda Women Cycling Community (WCC) Nusantara Tabitha Sumendap. Ia mengatakan bahwa kondisi lintasan yang digunakan amat memanjakan mata.

Tabitha menyebut, Kepulauan Belitung adalah surga untuk para goweser dengan kondisi aspal yang baik dan dengan pemandangan yang begitu memesona.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com