Advertorial

TNI Siap Jaga Obyek Vital Nasional Pertamina di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 21/09/2022, 13:26 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sepakat bekerja sama untuk mengamankan obyek vital nasional (obvitnas) strategis milik Pertamina di seluruh Indonesia.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Gedung Grha Pertamina, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Pada kesempatan itu, Nicke mengapresiasi kerja sama tersebut. Menurutnya, sebaran aset Pertamina di seluruh Indonesia cukup luas dan memiliki dampak positif bagi masyarakat.

“Wilayah kerja Pertamina yang besar di Indonesia membuat kami (harus) menjalin kerja sama dengan TNI untuk mengamankan infrastruktur yang dimiliki oleh Pertamina. Kami perlu pengawalan dan pengamanan karena semua obvitnas ini (punya manfaat) untuk masyarakat Indonesia,” ujar Nicke dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

Lebih lanjut, Nicke menjelaskan bahwa kerja sama Pertamina dan TNI bisa ditingkatkan ke dalam perjanjian kerja sama di seluruh holding dan subholding Pertamina. Hal ini juga menjadi wujud komitmen Pertamina dalam menyediakan energi untuk masyarakat.

"Pengamanan obvitnas ini sangat penting dan merupakan bagian dari upaya Pertamina dalam menyediakan energi untuk masyarakat Indonesia dalam kondisi apa pun," tuturnya.

Pada kesempatan sama, Andika mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung Pertamina dalam bentuk pengamanan obvitnas. Pasalnya, hal ini berpengaruh terhadap kelancaran distribusi energi di Indonesia.

Gangguan pada obvitnas strategis, lanjut Andika, akan berdampak besar terhadap rutinitas masyarakat Indonesia.

“Oleh karena itu, TNI siap mendukung pengamanan serta memberikan personel terbaik bagi Pertamina dan Indonesia,” ucap Andika.

Di sela-sela penandatangan kesepakatan kerja sama, Andika juga ikut meninjau Pertamina Integrated Enterprise Data Command Center (PIEDCC), yakni fasilitas penyajian data terintegrasi secara real-time terkait peran Pertamina sebagai integrator seluruh lini bisnis di seluruh Indonesia.

Andika pun menyatakan kekagumannya akan fasilitas command center milik Pertamina tersebut. Menurutnya, digitalisasi melalui PIEDCC merupakan cara jitu untuk meminimalkan kebocoran dari hulu ke hilir sekaligus meningkatkan efisiensi.

"PIEDCC milik Pertamina ini dapat menjadi inspirasi bagi kementerian dan lembaga lain. Pertamina membuat program digitalisasi yang sangat luar biasa," ujarnya.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.