Advertorial

Hadirkan Produk Unggulan, 118 UMKM Siap Ramaikan Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Bandar Lampung

Kompas.com - 21/09/2022, 16:18 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI secara konsisten mendorong pemberdayaan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Bank pelat merah ini juga melakukan sejumlah transformasi digital dengan menghadirkan layanan berorientasi kepada pelanggan atau customer-centric.

Langkah tersebut juga diikuti oleh upaya BRI dalam meningkatkan literasi keuangan serta pendampingan yang diberikan BRI kepada nasabah dan pelaku UMKM. Komitmen ini diwujudkan melalui gelaran Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di kota ke-7, yaitu Bandar Lampung, Lampung.

Mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan”, BRI berharap acara tersebut dapat mendorong masyarakat Indonesia, khususnya nasabah tabungan BRI Simpedes, untuk percaya diri (pede) dalam berbisnis, bekerja, mengelola keuangan, dan berinvestasi.

Selain itu, tema tersebut juga menjadi perwujudan pendampingan kepada masyarakat Bandar Lampung dalam kegiatan sehari-hari.

Adapun rangkaian PRS di Bandar Lampung dimulai dengan gerakan literasi digital yang menyasar pasar-pasar tradisional dan sentra ekonomi mulai Minggu (18/9/2022) hingga Kamis (22/9/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI, seperti BRImo dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) BRI.

Sebagai informasi, acara puncak PRS Bandar Lampung akan diselenggarakan di Lapangan Saburai Enggal, Bandar Lampung, mulai Jumat (23/9/2022) hingga Minggu (25/9/2022).

Penyelenggaraan PRS terdiri atas enam pilar, yaitu Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan Peduli. Kegiatan Pawai menjadi momentum BRI untuk memberikan literasi digital kepada pelaku UMKM yang tersebar di pasar atau sentra ekonomi diikuti dengan kemeriahan pawai budaya.

Kemudian, Panggung menampilkan hiburan artis lokal dan nasional, antara lain Kangen Band, Padi Reborn, Repvblik, Kahitna, Yenni Ika, Mas Karyo, dan Mawar Pantura.

Pada kegiatan Pasar, BRI akan menghadirkan 118 UMKM binaannya BRI yang menampilkan berbagai macam produk unggulan. Selanjutnya, Panen adalah acara undian hadiah Simpedes dan doorprize untuk pengunjung.

Pada Pojok X’Sis, terdapat area pengunjung untuk mengaktualisasikan diri serta menambah pengetahuan dengan berbagai aktivitas seni dan olahraga, literasi digital, pengenalan digital banking experience, dan coaching clinic atau capacity building kepada komunitas.

Terakhir, pilar Peduli diwujudkan melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang ditujukan kepada masyarakat sekitar berupa cek kesehatan gratis, donor darah, vaksin Covid-19, dan potong rambut gratis.

Untuk dapat memasuki area PRS, pengunjung cukup mengunduh aplikasi BRImo dan melakukan scan QRIS seharga Rp 1 di ticket box yang telah disediakan. Seluruh pengunjung juga diwajibkan untuk melakukan scan PeduliLindungi sebelum memasuki area PRS.

Sebagai informasi, rangkaian PRS BRI 2022 akan berlangsung hingga Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dapat dihadiri pengunjung secara langsung di Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI.

Kegiatan tersebut diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya sektor UMKM di Indonesia.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022 dapat diakses melalui http://s.id/PRS2022.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com