Advertorial

Eka Hospital Hadirkan MY Cardia Bantu, Layanan Tindakan Jantung Swasta Pertama di Indonesia

Kompas.com - 24/09/2022, 19:39 WIB

KOMPAS.com – Bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia pada 29 September, Eka Hospital Grup menghadirkan MY Cardia atau Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah yang dikepalai oleh dokter Muhammad Yamin, Sp JP (K), Sp PD, FACC, FSCAI.

Upaya tersebut merupakan wujud kepedulian Eka Hospital kepada masyarakat serta sebagai salah satu bentuk pencegahan dan pengendalian penyakit kardiovaskular.

Dokter Yamin mengatakan, MY Cardia merupakan unit layanan jantung dan pembuluh darah atau unit kardiovaskuler yang menawarkan layanan lengkap untuk berbagai kasus gangguan jantung dan pembuluh darah.

“MY Cardia yang diprakarsai oleh Eka Hospital Grup ini merupakan satu-satunya institusi swasta pertama di Indonesia yang memberikan pelayanan Cryo Ablation di Indonesia,” ungkap dr Yamin.

Sebagai informasi, dengan ketersedian fasilitas serta didukung oleh tim dokter profesional di bidangnya, MY Cardia melayani sejumlah tindakan jantung, mulai dari bedah pintas koroner atau coronary arterial bypass graft surgery (CABG), pembedahan jantung terbuka untuk pergantian dan perbaikan katup, operasi besar pada pembuluh darah aorta, hingga kelainan jantung bawaan pada anak-anak.

Menurut Dokter Yamin, penanganan kasus jantung koroner membutuhkan tindakan khusus, yakni bedah pintas koroner. Sebab, tindakan CABG dapat mengembalikan peredaran darah koroner ke otot-otot jantung.

“Presentase risiko pada pasien CABG, yaitu di bawah lima persen, kecuali jika pasien memiliki riwayat komorbid, seperti gagal ginjal, diabetes, atau stroke. Frekuensi kemungkinan terjadinya risiko komplikasi ada, tetapi angkanya tidak cukup besar,” ujar dr Yamin.

Tak hanya itu, kata dr Yamin, MY Cardia juga akan melakukan tindakan operasi bagi pasien yang mengalami jantung CAG atau yang lebih dikenal dengan kateterisasi jantung.

“Prosedur ini nanti akan dilakukan dengan memasukan selang kateterisasi. Dengan menggunakan alat ini, dokter akan mudah untuk mendeteksi kondisi jantung,” kata dr Yamin.

Sementara itu, untuk tindakan PCI jantung atau dikenal coronary angioplasty, dilakukan untuk membuka penyumbatan pembuluh darah arteri jantung yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah.

“Prosedur tindakan PCI ini dilakukan dengan memasukkan kateter yang telah dilengkapi dengan balon khusus dan stent yang diarahkan ke titik penyumbatan di dalam pembuluh darah arteri,” paparnya.

Selain itu, MY Cardia juga akan melayani operasi perbaikan atau penggantian katup aorta atau mitral, kelainan pembesaran atau aneurisma dan robekan pembuluh darah aorta atau diseksi.

“Tak hanya berfokus pada pelayanan operasi CABG, MY Cardia ini juga akan melayani permasalahan jantung lainnya, seperti penggantian katup aorta, kelainan aneurisma, dan terjadinya robekan pada pembuluh darah aorta,” ujar dr Yamin.

Berikan penawaran khusus

MY Cardia menyediakan paket khusus untuk tindakan jantung, mulai dari paket CAG, paket PCI, paket CABG, dan masih banyak lagi.Dok. Humas Eka Hospital MY Cardia menyediakan paket khusus untuk tindakan jantung, mulai dari paket CAG, paket PCI, paket CABG, dan masih banyak lagi.

Tak hanya menyediakan layanan kesehatan lengkap untuk penyakit kardiovaskular, Eka Hospital Grup melalui MY Cardia juga berkomitmen membantu masyarakat dengan menyediakan paket khusus untuk tindakan jantung.

“Momen berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan layanan paket tindakan jantung ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup para pasien jantung melalui tim dokter jantung yang kami miliki di MY Cardia,” ujar Chief Operating Office (COO) Eka Hospital Grup Rina Setiawati dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Adapun paket yang disediakan pusat layanan tersebut, mulai dari paket coronary angiography (CAG) atau kateterisasi jantung dengan harga Rp 14 juta, paket percutaneous coronary intervention (PCI) atau pemasangan ring jantung dengan harga Rp 55 juta, paket CAG dan PCI dengan harga Rp 65 juta, serta paket CABG dengan harga Rp 168 juta. Promo ini berlangsung mulai dari September 2022 sampai dengan Desember 2022.

Untuk informasi lebih lanjut tentang edukasi penyakit jantung serta paket lainnya yang disediakan oleh MY Cardia Eka Hospital, Anda bisa mengunjungi website Eka Hospital.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.