Advertorial

Berkenalan dengan Kukuh Adi, Komikus "Si Senior" yang Hobi Act Out

Kompas.com - 26/09/2022, 11:40 WIB

KOMPAS.com – Salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) X Kompas TV yang populer dengan julukan “si senior” adalah Kukuh Adi Danisworo.

Sebutan itu datang dari rekan sejawatnya bukan tanpa alasan. Pasalnya, Kukuh dianggap sudah lebih dahulu mengenal seni pertunjukan komedi sejak 2011.

Bagi pria yang akrab disapa Kukuh itu, panggilan tersebut pun seolah menjadi “beban” tersendiri.

Kiprah Kukuh dalam panggung komedi berawal dari hobinya menonton tayangan Stand-Up di YouTube. Bibit melucu itu bahkan sudah tumbuh subur saat ia kuliah di salah satu kampus kenamaan, Bina Nusantara (Binus).

Di sela aktivitas kuliah, Kukuh menyalurkan hobi di hadapan teman-temannya di Binus. Seiring waktu berjalan, hal ini mendorongnya untuk memberanikan diri menjajal open mic pertama di Comedy Cafe Kemang, Jakarta Selatan (Jaksel).

Persona Kukuh sebagai komika pun terbilang unik. Dalam setiap pertunjukan, ia selalu mengangkat isu sosial dan politik. Kukuh juga tak segan mengutip tema “tepi jurang” bergaya ironi atau sindiran sebagai punchline-nya.

Berangkat dari tema tersebut, Kukuh menyuguhkan cerita dengan alur menarik dan menghibur sehingga mampu memantik tawa penonton.

Memiliki ekspresi unik dan punchline yang tak mudah ditebak, komikus yang juga alumnus pascasarjana Administrasi Bisnis dan Manajemen Universitas Aberdeen, Skotlandia, itu mampu tampil lucu sekaligus bernas.

Saat tampil menghibur di panggung Stand Up, Kukuh piawai memainkan format what if, ketidakpastian, dan act-out.

Konten satir berbalut komedi

Melalui akun Twitter-nya, @kukuhya, yang kini memiliki followers lebih dari 16.000, Kukuh juga kerap memberikan cuitan sederhana, tapi mengena yang bikin followers merespons dengan candaan.

Namun, di balik guyonan itu, Kukuh menyelipkan informasi “penting enggak penting”. Sebagai contoh, Kukuh baru-baru ini membuat sebuah thread berisi informasi fakta unik tentang kentang. Sungguh sangat random, kan?

Selain aktif di Twitter, Kukuh juga aktif di YouTube sejak 2014. Kala itu, ia bergabung dalam Komtung TV dengan program Minta Digampar. Tetap dengan ciri khasnya, Kukuh dalam konten tersebut konsisten mengangkat isu-isu sosial.

Ia juga tak sungkan mengkritik orang yang melanggar peraturan, mulai dari pengguna motor yang melawan arah hingga premotor pelintas trotoar. Menariknya, Kukuh mengkritik secara langsung dengan gaya menjengkelkan. Gaya eksentrik itulah yang kerap membuat banyak orang pengin "menggampar" dirinya.

Selain Twitter dan YouTube, Kukuh juga aktif ngonten melalui akun TikTok @Kukuhyadia dengan konten bertajuk “Sekejap Saja bersama Kukuhya”. Konten ini pun berisi topik sosial dan politik, tapi dikemas dengan bit-bit yang out of the box.

Special show 'Begituya' yang diinisiasi Kukuh meraup sukses. Tiket dua show-nya ludes terjual. Ia pun kembali menggelar special show pada akhir 2017 di Jakarta dan Bandung pada awal 2018. 

Dok. Istimewa Special show 'Begituya' yang diinisiasi Kukuh meraup sukses. Tiket dua show-nya ludes terjual. Ia pun kembali menggelar special show pada akhir 2017 di Jakarta dan Bandung pada awal 2018.

Special show

Setelah tujuh tahun bergelut dengan dunia Stand Up, Kukuh memberanikan diri membuat special show sendiri pada 2017 bertajuk “Begituya”.

Dalam show tersebut, Kukuh membawakan materi dengan gaya khas, lengkap dengan keresahannya sehari-hari yang menurutnya aneh dan harus disikapi dengan cara yang aneh pula.

Uniknya, dengan bit-bit yang random serta pembawaannya yang sedikit kaku, materi yang ia bikin membuat act out Kukuh menjadi lebih lucu.

Bak gayung bersambut, special show "Begituya"pun meraup sukses. Tiket dua show-nya ludes terjual. Ia pun kembali menggelar special show pada akhir 2017 di Jakarta dan Bandung pada awal 2018.

Setelah11 tahun malang-melintang di dunia Stand-up Comedy, Kukuh akhirnya mencoba peruntungan dengan mengikuti SUCI X di Kompas TV pada 2022.

Ia pun berhasil mengantongi golden ticket sehingga dapat melaju hingga babak “Show” untuk close mic di Show 2 SUCI X.

Kini, Kukuh Adi melanjutkan kariernya di dunia hiburan Stand Up Comedy Indonesia dengan gabung bersama Trusty Comedy, salah satu bagian dari Trusty Talent Management KG Media.

Dengan materi absurd serta random khas dirinya makin dicintai para penggemar yang sebetulnya adalah sekumpulan orang yang justru kerap dibuat kesal dengan materi yang Kukuh bawakan di panggung komedi.

Ya, mungkin karena memang itu intensi Kukuh “si senior”.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.