Advertorial

Pesta Rakyat Simpedes Sukses Hadirkan 55.000 Warga Bandar Lampung

Kompas.com - 26/09/2022, 12:28 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sukses menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di Lapangan Saburai, Bandar Lampung, Jumat (23/9/2022) hingga Minggu (25/9/2022).

Mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan", PRS 2022 memiliki enam pilar utama, yakni Pasar, Peduli, Pojok X'sis, Pawai, Panen, dan Panggung. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 55.000 pengunjung serta 118 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari Kota Bandar Lampung dan sekitarnya.

Melalui PRS 2022, BRI juga berkomitmen untuk mendukung sektor UMKM melalui layanan edukasi digital dan keuangan.

Senior Executive Vice President Fixed Asset Management and Procurement BRI Hendro Padmono berharap, kegiatan PRS 2022 mampu mendorong kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya UMKM Indonesia.

Hendro menjelaskan, BRI Regional Bandar Lampung telah berkontribusi terhadap permodalan para pelaku UMKM dan berbagai sektor produksi lain di wilayah Provinsi Lampung serta Bengkulu.

Selain itu, dalam kegiatan PRS 2022, pihaknya juga melakukan serangkaian kegiatan edukasi terkait literasi digital terhadap UMKM. Kegiatan ini digelar mulai Minggu (18/9/2022) hingga Jumat (22/8/2022).

"Kami berhasil mengakuisisi sebanyak 7.100 Tabungan Simpedes yang diaktivasi (lewat) BRImo dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Kami juga mengedukasi masyarakat serta pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI,” ujar Hendro dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (26/9/2022)

Hendro melanjutkan, para pelaku UMKM yang hadir pada acara tersebut juga diberikan pelatihan-pelatihan, seperti kelas UMKM, workshop, serta inklusi keuangan yang membahas pengelolaan keuangan, persaingan industri, dan digitalisasi UMKM.

Melalui pelatihan tersebut, para pelaku UMKM diharapkan dapat lebih percaya diri dalam berbisnis, serta memiliki pemahaman yang lebih dalam mengembangkan bisnis. Selain itu, program pasar UMKM juga diharapkan turut membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya.

Salah satu peserta yang ikut dalam kegiatan PRS 2022 sekaligus pemilik UMKM Acil's Craft, Acil, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut membantu bisnisnya dan UMKM lain untuk memperluas pasar.

"Saat kami merintis bisnis, BRI juga membantu permodalan untuk memulai usaha. Selain itu, kami juga banyak diberikan pelatihan untuk mengembangkan usaha,” ujar Acil.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pemilik Kuralin Bag yang juga merupakan UMKM binaan BRI. Menurutnya, bantuan BRI dalam mendorong UMKM memberikan dampak signifikan terhadap bisnisnya, mulai dari permodalan awal, pelatihan, hingga promosi.

Sebagai informasi, PRS 2022 Lampung juga berhasil memberikan literasi digital kepada para pengunjung melalui penerapan pembayaran nontunai, yakni scan QRIS aplikasi BRImo sebesar Rp 1 sebagai tiket masuk PRS, serta pembayaran digital pada seluruh booth UMKM yang hadir.

Salah satu pengunjung PRS 2022 Lampung, Yohanna, turut merasakan manfaat penerapan pembayaran nontunai tersebut.

“QRIS pada aplikasi BRImo sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses keuangan digital. Hanya melalui scan, saya bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat tanpa harus membawa uang tunai,” ujar Yohanna.

Puluhan ribu warga Bandar Lampung yang meramaikan Pesta Rakyat Simpedes 2022 

Dok. BRI Puluhan ribu warga Bandar Lampung yang meramaikan Pesta Rakyat Simpedes 2022

Untuk diketahui, PRS 2022 Lampung turut diramaikan dengan pertunjukan seni lokal dan nasional, mulai dari pertunjukan pawai oleh berbagai komunitas seni hingga penampilan artis lokal serta nasional, seperti Maskaryoo, Mawar Pantura, Kangen Band, Padi Reborn, Repvblik, Yenni Inka, dan Kahitna.

PRS 2022 Lampung juga dimeriahkan dengan program lain, seperti Panggung Masak, Panggung Tawa, zumba, Panggung Ilmu, Pojok, X’sis, Panen Hadiah, hingga program Peduli.

Antusiasme pengunjung dirasakan pada area mini stage Menara Keberuntungan, Pojok X'sis, dan Panggung. Selain itu, BRI juga menyiapkan grand prize 1 unit motor Fazio bagi pengunjung yang beruntung.

Untuk diketahui, PRS 2022 masih akan berlangsung hingga Desember 2022 di 379 titik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dapat ditonton langsung di Kompas TV dan kanal Youtube BRI. Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan BRI PRS 2022 dapat diakses melalui http://s.id/PRS2022.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com