Advertorial

Lewat Pesta Rakyat Simpedes 2022, BRI Sukses Berikan Edukasi Bisnis dan Literasi Digital untuk Para Pelaku UMKM Bandar Lampung

Kompas.com - 26/09/2022, 18:10 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sukses menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di Lapangan Saburai, Kota Bandar Lampung, Jumat (23/9/2022) hingga Minggu (25/9/2022).

Tak hanya menampilkan kemeriahan hiburan, pada gelaran tersebut, BRI berhasil memberikan edukasi bisnis dan literasi digital untuk masyarakat, khususnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya.

Sebagai informasi, PRS yang merupakan acara tahunan sejak 2008 merupakan bentuk komitmen BRI dalam mendorong sektor UMKM di Indonesia, terutama dalam mengedukasi literasi digital dan keuangan.

Operational Head BRI Kantor Wilayah (Kanwil) Bandar Lampung Muhammad Abduh Tuasikal mengatakan, PRS 2022 di Lampung mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan”.

Melalui PRS 2022, BRI berupaya memberikan ruang promosi kepada para UMKM untuk memperluas pasar sehingga dikenal banyak orang.

“Kami berharap, kegiatan ini juga akan menambah pendapatan para UMKM. Mereka juga diharapkan bisa memanfaatkan teknologi digital dalam transaksi dan bisa mengelola keuangan,” ujar Abduh dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (26/9/2022).

Edukasi pelaku UMKM di Kota Bandar Lampung

Abduh menjelaskan bahwa PRS 2022 berhasil menghadirkan berbagai edukasi seputar bisnis dan UMKM yang diselenggarakan dalam beberapa acara, di antaranya Kelas UMKM, workshop, dan talk show interaktif.

Kegiatan edukasi mengangkat tema-tema menarik, seperti manajemen finansial pada UMKM, digital marketing, product development, dan cara mengatur keuangan agar bisnis berkembang.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut juga berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari profesional, coach bisnis dan keuangan, hingga akademisi.

Salah satu peserta yang ikut dalam kegiatan PRS 2022 sekaligus pemilik UMKM Acil's Craft, Acil, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut membantu bisnisnya dan UMKM lain untuk memperluas pasar.

“Saat kami merintis bisnis, BRI juga membantu permodalan untuk memulai usaha. Selain itu, kami juga banyak diberikan pelatihan untuk mengembangkan usaha,” ujar Acil.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pemilik Kuralin Bag yang juga merupakan UMKM binaan BRI. Menurutnya, bantuan BRI dalam mendorong UMKM memberikan dampak signifikan terhadap bisnisnya, mulai dari permodalan awal, pelatihan, hingga promosi.

Selain memberi edukasi pelaku UMKM, BRI juga ikut meningkatkan literasi keuangan, khususnya digital, pada PRS 2022.

Hal itu ditandai dengan penerapan pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di aplikasi BRImo saat masuk ke area PRS dan bertransaksi di booth UMKM. Untuk tiket masuk sendiri, BRI mewajibkan pengunjung membayar Rp 1 melalui scan QRIS.

Upaya tersebut diharapkan dapat memudahkan proses transaksi nontunai, mengedukasi masyarakat, dan mengurangi penggunaan uang fisik.

Usung 6 pilar

Untuk diketahui, PRS 2022 hadir dengan mengusung enam pilar utama.

Pertama, Pawai sebagai sarana literasi digital kepada pelaku UMKM yang tersebar di pasar atau sentra ekonomi disertai kemeriahan pawai budaya.

Kedua, Pasar yang menghadirkan produk-produk terbaik dari UMKM binaan BRI.

Ketiga, Panen yang merupakan acara undian hadiah Simpedes dan doorprize bagi para pengunjung PRS yang beruntung.

Keempat, Pojok X’sis sebagai area untuk pengunjung PRS mengaktualisasikan diri dan menambah pengetahuan mengenai berbagai aktivitas seni dan olahraga, serta pengenalan digital banking experience.

Kelima, Peduli yang merupakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) untuk masyarakat. Kegiatan ini berupa pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, dan potong rambut gratis.

Keenam, Panggung yang dimeriahkan oleh deretan artis lokal dan nasional, yakni Kangen Band, Padi Reborn, Repvblik, Kahitna, Yenni Inka, Mas Karyo, dan Mawar Pantura. Selain itu, juga ada Panggung Masak, Panggung Tawa, Panggung Ilmu, dan Zumba.

Gelaran PRS 2022 Lampung hari pertama menampilkan berbagai macam program, di antaranya e-sport competition yang diikuti 64 tim dari berbagai komunitas e-sport di Bandar Lampung. Kemudian, ada program mini stage yang menampilkan band competition, karaoke challenge, undian menara keberuntungan, hingga penampilan stand-up comedy.

Tercatat, selama tiga hari penyelenggaraan, sebanyak 55.000 orang mengunjungi PRS 2022 di Bandar Lampung. Pada penyelenggaraan tersebut, pengunjung bisa mendatangi berbagai booth UMKM yang menampilkan berbagai macam bazar kerajinan, oleh-oleh, serta aneka makanan dan minuman mulai pukul 13:30 WIB hingga selesai.

Untuk diketahui, PRS 2022 masih akan berlangsung hingga Desember 2022 di 379 titik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dapat ditonton langsung di Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI. Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan BRI PRS 2022 dapat diakses melalui http://s.id/PRS2022.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.