Advertorial

Unissula Jadi PTS Terbaik di Semarang Versi EduRank

Kompas.com - 26/09/2022, 19:59 WIB

KOMPAS.com - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) berhasil meraih predikat sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) nomor satu di Semarang, Jawa Tengah.

Predikat tersebut didapat berdasarkan data pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh EduRank pada 2022. Adapun secara nasional, Unissula menempati peringkat ke-71.

Dikutip dari laman resmi kampus, Unissula didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) pada 16 Dzulhijjah 1381 Hijriyah (H) atau pada 20 Mei 1962. 

Nama Sultan Agung diambil dari nama raja Kesultanan Mataram yang juga merupakan salah satu pahlawan nasional.

Memiliki nama lengkap Adi Prabu Hanyokrokusumo, Sultan Agung lahir di Kotagede, Kesultanan Mataram, pada 1593. Beliau merupakan sultan ketiga Kesultanan Mataram yang memerintah pada 1613-1645.

Di bawah kepemimpinannya, Kesultanan Mataram berkembang menjadi kerajaan Islam terbesar di Jawa dan Nusantara.

Rektor Unissula Profesor Gunarto mengatakan, Unissula merupakan kampus berbasis Islam terbaik di Indonesia dalam membangun generasi khaira ummah atau umat terbaik. Hal ini dilakukan dengan dua hal.

Pertama, menggunakan strategi pendidikan yang berbudaya akademik islami (budai) dalam semua proses pendidikannya. Ini berarti, proses belajar mengajar di Unissula menggabungkan antara sains dan nilai-nilai Islam.

Kedua, menjadikan Unissula sebagai kampus yang berbakti kepada orang tua (birrul walidain). Sivitas akademika di Unissula didorong untuk menjadi pribadi yang lebih peduli dan menyayangi kedua orang tuanya.

“Guna membiasakan hal tersebut, mulai tahun ajaran (TA) 2022-2023, para mahasiswa baru Unissula dididik secara khusus dalam program pesantren mahasiswa selama dua bulan,” ujar Prof Gunarto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (26/9/2022).

Dalam rangka mempertajam kerja sama internasional, lanjut Prof Gunarto, Unissula menjalin memorandum of understanding (MoU) dengan berbagai universitas terbaik di luar negeri.

Sebut saja Harvard College (Amerika Serikat), Global University (Lebanon), University College TATI (Malaysia), Kanagawa Institute of Technology (Jepang), serta Kyungdong University (Korea Selatan).

Saat ini, Unissula memiliki 11 fakultas dengan 40 program studi (prodi), dengan rincian dua prodi diploma 3 (D3), 23 prodi sarjana (S1), tujuh program magister, tiga program doktor, serta lima program profesi.

Adapun kesebelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Kedokteran Gigi, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Prof Gunarto melanjutkan bahwa saat ini, Unissula telah terakreditasi sebagai institusi perguruan tinggi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebagian besar prodinya telah terakreditasi A atau unggul.

“Selain terakreditasi secara nasional, 13 program studi (prodi) di Unissula juga telah mendapatkan akreditasi internasional dari Accreditation Service for International Schools, Colleges, and Universities (ASIC) yang berbasis di Inggris dan The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization (ABEST21) yang berbasis di Jepang,” paparnya.

Universitas terbaik di Semarang

Selain sebagai PTS terbaik se-Semarang, EduRank juga menempatkan Unissula sebagai kampus terbaik ketiga di Kota Atlas itu. Unissula berada di peringkat ketiga, bersanding dengan Universitas Diponegoro (Undip) di peringkat pertama dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) di peringkat kedua.

Berikut adalah daftar lengkap universitas terbaik di Semarang pada 2022 versi EduRank.

  1. Universitas Diponegoro
  2. Universitas Negeri Semarang
  3. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)
  4. Universitas Dian Nuswantoro
  5. Universitas Katolik Soegijapranata
  6. Universitas PGRI Semarang
  7. Universitas Semarang
  8. Universitas Islam Negeri Walisongo
  9. Universitas Muhammadiyah Semarang
  10. Universitas Wahid Hasyim
  11. Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  12. Universitas Stikubank
  13. Universitas Pandanaran
  14. Universitas AKI

Wakil Rektor I Unissula Andre Sugiyono menyebut, ada tiga kriteria yang dipakai oleh Edurank dalam pemeringkatan tersebut.

“Kriterianya ada tiga, yakni performance research sebesar 45 persen, non-academic prominence 5 persen, serta alumni score 10 persen,” tutur Andre.

Itulah profil Unissula, mulai dari sejarah, program pendidikan, hingga prestasi di lembaga internasional terbaru. Tertarik kuliah di Unissula? Segera daftarkan diri Anda di laman pmb.unissula.ac.id

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.