Advertorial

Tidak Banyak Peningkatan pada iPhone 14, Apakah Masih Patut Dibeli?

Kompas.com - 27/09/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com – Apple merilis iPhone 14 Series, pada acara Apple Event bertajuk “Far Out”, Kamis (8/9/2022). Sekilas, ponsel anyar ini terasa tidak begitu berbeda dengan pendahulunya, yaitu iPhone 13.

Adapun peningkatan pada iPhone terbaru itu terletak pada kameranya yang memiliki fitur Action Mode. Fitur ini memiliki sensor kamera yang dapat menyesuaikan goyangan dan gerakan ketika pengambilan video.

Selain itu, terdapat juga Cinematic Mode, resolusi pengambilan video 4K di 30 frame per second (fps) dan 24 fps, fitur deteksi kecelakaan, serta baterai yang diklaim bisa lebih lama iPhone 14 Series.

Di tengah perubahan teknologi yang cepat saat ini, peningkatan yang disajikan Apple dirasa tidak menyuguhkan sesuatu yang baru dan tidak mendobrak teknologi.

Hal tersebut berbanding terbalik jika mengingat slogan terdahulu Apple, yaitu “Think Different”. Sebagian pencinta gadget pun menilai iPhone 14 kurang merepresentasikan slogan tersebut.

Lalu, apakah smartphone yang dibanderol mulai dari Rp 15 juta itu masih patut dibeli? Meskipun sekarang sudah ada aplikasi kredit HP tanpa DP, seperti Kredivo, yang menyediakan layanan yang #Sefleksibelitu, Anda perlu menimbang secara matang sebelum memutuskan pembelian HP keluaran Apple itu.

Worth it untuk pengguna iPhone generasi lama

Ponsel terbaru Apple itu layak dibeli jika Anda merupakan pengguna iPhone 6s, iPhone 6 Plus, iPhone SE generasi pertama, iPhone 7, iPhone 7 Plus atau iPhone 8 dan ingin meng-upgrade iPhone lama.

Mengenyampingkan fitur iPhone yang tidak banyak peningkatan, iPhone memiliki masa pakai yang panjang. Berdasarkan penelitian baru dari analis Asymco, Horace Dediu, usia pemakaian iPhone sekitar 4 tahun, dan bisa berlanjut hingga 6 tahun. Jika Anda memakai handphone terbaru Apple tersebut bisa digunakan sekitar 5 tahun.

Apabila Anda menggunakan metode cost per use, yaitu harga barang dibagi dengan masa pemakaian, bisa dibilang iPhone 14 masih worth it untuk dibeli. Apalagi, jika Anda berniat membeli HP ini menggunakan Kredivo sebagai aplikasi kredit HP tanpa DP yang memberikan promo pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) nanti.

Kredivo akan memberikan cicilan 0 persen untuk tenor 6 bulan serta gratis satu kali cicilan dengan minimal pembelanjaan Rp 5 juta untuk tenor 12 bulan. Promo ini bisa dikombinasikan dengan promo yang tersedia di e-commerce atau merchant lain.

Akan tetapi, jangan sampai Anda membeli HP itu karena gengsi atau ikut tren semata. Anda perlu mengetahui kebutuhan dalam membeli HP serta menyesuaikan juga dengan kemampuan finansial Anda. Pasalnya iPhone 11 atau 12 kini sudah semakin terjangkau jika Anda ingin tetap membeli produk dari Apple.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.