Advertorial

Pulihkan Sumber Daya Ikan, Gubernur Lampung Lakukan Restocking 1 Juta Benih Ikan di Sungai Tulangbawang

Kompas.com - 28/09/2022, 17:50 WIB

KOMPAS.com – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan penebaran benih ikan di Sempadan Jembatan Cakat Nyenyek, Sungai Tulangbawang, Kabupaten Tulangbawang, Lampung, Rabu (28/9/2022). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Restocking 1 Juta Ekor Benih Ikan Endemik Bantuan Gubernur Lampung.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Arinal mengatakan, populasi ikan endemik ekonomis penting di perairan umum Lampung semakin berkurang. Oleh karena itu, Pemprov Lampung melakukan restocking 1 juta ekor benih ikan endemik khusus di perairan umum Sungai Tulangbawang.

Adapun penebaran benih tersebut dilakukan di dua titik, yaitu perairan sungai di bawah Jembatan Cakat Nyenyek Kabupaten Tulangbawang, dan muara Sungai Tulangbawang.

"Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah, terutama ikan khas daerah seperti belida, jelabat, dan baung. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan produksi tangkapan ikan skala kecil guna membantu kesejahteraan masyarakat nelayan sekitar," tutur Arinal dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Untuk menjaga keberlanjutan program restocking, Arinal juga mendorong bupati, wali kota, dan tokoh masyarakat setempat untuk melakukan hal yang sama.

Ia pun mewajibkan pejabat untuk menganggarkan program restocking pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masing-masing kabupaten atau kota. Pasalnya, sumber daya perikanan dan ekosistem perairan umum berada di wilayah kabupaten atau kota.

Selain itu, Arinal juga mengimbau masyarakat, tokoh adat, dan kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas) setempat untuk melakukan pengawasan dan penegakan hukum terhadap kegiatan perikanan yang merusak ekosistem.

"Provinsi Lampung bersama Kabupaten Mesuji sedang memfasilitasi pembangunan Balai Budi Daya Air Tawar oleh KKP di Mesuji. Ke depan, pembangunan fasilitas tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu solusi pengembangan pembenihan ikan endemik yang ada di Provinsi Lampung," ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derni mengatakan, jenis ikan endemik yang disebar di bawah Jembatan Cakat Nyenyek sebanyak 305.000 benih. Rinciannya, 5.000 ekor benih ikan belida, 100.000 ekor benih ikan jelabat, dan 200.000 ekor benih ikan baung.

Sementara itu, di Dermaga Pelabuhan Perikanan Teladas akan ditebar sebanyak 695.000 benih ikan. Rinciannya, sebanyak 445.000 ekor benih ikan nila salin dan 250.000 ekor benih ikan bandeng.

Selain Arinal, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Hanan A Rozak turut berkontribusi pada pembenihan 500.000 ekor ikan jelabat dan nilem yang akan ditebar di Kabupaten Tulangbawang.

Ada pula bantuan 500.000 benih ikan kakap putih dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung yang akan ditebar di Dermaga Pelabuhan Perikanan Teladas.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tulangbawang Winarti menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Lampung karena telah memilih Kabupaten Tulangbawang sebagai lokasi kegiatan restocking benih ikan.

"Semoga, bantuan benih ikan ini bisa memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Tulangbawang," ujarnya.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.