Advertorial

Pariwisata Kembali Berjaya, tiket.com dan Kemenparekraf Rayakan World Tourism Day

Kompas.com - 29/09/2022, 21:51 WIB

KOMPAS.com – Indonesia resmi menggelar World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia dengan tema “Rethinking Tourism” di Nusa Dua, Bali, Selasa (27/9/2022). Adapun penetapan Indonesia sebagai tuan rumah gelaran tersebut berdasarkan keputusan dari Sidang Majelis Umum ke-24 Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) di Madrid, Spanyol, Selasa (30/11/2021) hingga Jumat (3/12/2021).

Pada acara tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan bahwa perayaan World Tourism Day 2022 menjadi waktu yang tepat untuk menggencarkan pembangunan pariwisata dengan kolaborasi dan kemitraan antar-pemangku kepentingan.

“Dengan tema ‘Rethinking Tourism’, acara ini menjadi wadah yang sempurna untuk menyatukan ragam pemikiran dan mencari solusi strategis guna memulihkan pariwisata nasional,” kata Sandi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (27/9/2022).

Lebih lanjut, Sandi menjelaskan bahwa World Tourism Day telah menjadi saksi kolaborasi untuk mencapai tujuan yang sama. Selain itu, perayaan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para pelaku industri pariwisata dan komunitas di dalamnya.

“Melalui perayaan World Tourism Day, mari kita lanjutkan perkembangan industri pariwisata dengan penyesuaian kebijakan untuk menghadapi tantangan di depan mata. Mari kita bangun kondisi sosio-ekonomi masyarakat secara strategis dengan tujuan peningkatan taraf hidup masyarakat dengan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja pada 2022 dan 4,4 juta pada 2024,” ujar Sandi.

Dukungan dari mitra di industri pariwisata

Adapun perayaan World Tourism Day 2022 turut didukung oleh online travel agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com. Sebagai mitra pemerintah dalam mengembangkan industri pariwisata, tiket.com menyelenggarakan serangkaian kegiatan berskala nasional dan internasional.

Kegiatan-kegiatan itu melibatkan para pemangku kepentingan pariwisata sehingga dapat menjadi solusi bagi industri pariwisata selama masa pandemi.

“Sebuah kebanggan bagi tiket.com bisa berpartisipasi dalam ajang World Tourism Day 2022 yang merupakan kegiatan berskala internasional. Hal ini merupakan wujud dari komitmen kami selaku mitra strategis Kemenparekraf untuk mempromosikan pesona wisata nasional dan membangkitkan industri pariwisata domestik sehingga dapat kembali pulih, berdaya, dan berkontribusi secara signifikan bagi perekonomian nasional,” jelas Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa.

Sebagai informasi, tiket.com mengadakan beragam kegiatan di tingkat daerah, nasional, dan skala internasional. Di tingkat daerah, tiket.com mengadakan Multi Stakeholder Forum, yaitu sebuah lokakarya edukatif hasil kerja sama dengan Kemenparekraf untuk mengedukasi pelaku, penggiat, dan pebisnis pariwisata di kota Samarinda, Kalimantan Timur, dan sekitarnya.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi dan keterampilan dalam mengoptimalkan usaha pariwisata dengan pemanfaatan pemasaran digital.

Untuk informasi, Samarinda merupakan kota kelima yang menjadi tempat Multi Stakeholder Forum. Sebelumnya, tiket.com telah menggelar acara serupa di Belitung (Kepulauan Bangka Belitung), Banyuwangi (Jawa Timur), Tanjung Bira (Sulawesi Selatan), dan Bogor (Jawa Barat).

“Pemberdayaan menjadi kunci utama dalam menyambut pemulihan pariwisata secara optimal. Dengan pemberdayaan para pelaku usaha secara berkesinambungan, tema ‘Rethinking Tourism’ yang bertujuan untuk memacu kebangkitan pariwisata nasional bisa terwujud,” ujar Gaery.

Ia menambahkan, World Tourism Day menjadi momen tepat untuk menumbuhkan semangat pada semua pemangku kepentingan untuk menyambut potensi kebangkitan dunia pariwisata Indonesia.

Di tingkat nasional, tiket.com menggelar acara Jejaring Lokal Keren di Jakarta. Acara ini merupakan kegiatan akbar dari Indonesia Creative Cities Network yang bertujuan untuk mengumpulkan 200 jejaring kabupaten atau kota se-Indonesia untuk menginspirasi inisiatif dan kemitraan.

Acara itu digelar dengan format seminar bertajuk “Inclusive Creative: A Global Recovery”. Co-Founder dan Chief Commercial Officer tiket.com Dimas Surya Yaputra menjadi narasumbernya.

Pada kesempatan itu, Dimas menjelaskan best practice tiket.com dalam memetakan rintangan akibat pandemik serta persiapan menyambut influx pascapandemi di hadapan peserta yang terdiri dari para decision maker pariwisata nasional.

“Acara tersebut diharapkan dapat mendorong pendekatan menyeluruh yang mengedepankan inovasi melalui digitalisasi dan keunikan budaya sebagai kunci akselerasi pemulihan ekosistem pariwisata,” ucap Gaery.

Sementara, di tingkat internasional, tiket.com menjalankan perannya sebagai Official Travel & Transportation Partner World Tourism Day 2022. Platform tiket.com dipercaya memimpin para undangan delegasi internasional dalam kegiatan “Magical Bali, Wonderful Indonesia Technical Tour” yang bertujuan untuk mempromosikan desa wisata dan berbagi pengetahuan tentang budaya Bali.

“Sebagai OTA dan lifestyle platform yang customer centric, tiket.com selalu mengedepankan relevansi kebutuhan konsumen. Tur ini akan membawa delegasi untuk mengunjungi Desa Wisata Penglipuran, menikmati keindahan alam di Kintamani, dan hiburan Tari Kecak di Uluwatu sambil menyaksikan sunset,” ujar Gaery. 

Dalam pelaksanaannya, mitra-mitra tiket.com, seperti desa wisata, penyedia jasa transportasi darat, tour guide, dan atraksi tari turut menjadi bagian dari tur yang dirancang sedemikian rupa oleh tiket.com dan Kemenparekraf.

“Dengan begitu, mitra mendapatkan kesempatan promosi yang langka dan berharga karena apa yang ditawarkan bisa dinikmati oleh rombongan delegasi internasional terpilih,” lanjut Gaery.

Sebagai bagian dari selebrasi World Tourism Day, tiket.com juga memberikan diskon spesial kepada Sobat Tiket, yaitu Diskon Tanggal Muda World Tourism Day. Sobat Tiket bisa mendapatkan potongan harga hingga 50 persen dan ekstra diskon hingga Rp 575.000 untuk semua produk tiket.com, seperti promo spesial domestik dan atau internasional, penerbangan, akomodasi, dan tiket To-do, tiket kereta api, sewa mobil, jemputan bandara, dan events. Promo ini berlangsung hingga 2 Oktober 2022, selengkapnya di sini

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.