Advertorial

Sukses Pimpin Transformasi di PLN, Dirut PLN Terpilih sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional

Kompas.com - 30/09/2022, 16:54 WIB

KOMPAS.com – Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Darmawan Prasodjo terpilih sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional dalam ajang Rakyat Merdeka Award 2022 yang digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

“Selamat kepada pemenang Rakyat Merdeka Award 2022. Semoga kerja keras dan dedikasi (yang diberikan dapat) menjadi inspirasi (bagi) masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam video sambutannya, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (30/9/2022).

Sebagai informasi, penghargaan itu diterima Darmawan berkat perannya dalam memimpin transformasi PLN sekaligus menopang pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi Covid-19.

Menurut Jokowi, Indonesia tengah menghadapi ancaman krisis finansial dan iklim. Untuk menghadapi tantangan itu, pemerintah melakukan berbagai langkah besar, mulai dari menjaga produktivitas pangan, mengurangi impor, hingga memproduksi energi bersih.

“Kita akan terus mengembangkan energi bersih dan ekonomi hijau. Hilirisasi industri harus dipercepat guna mendorong pertumbuhan ekonomi, pembukaan lapangan kerja, dan peningkatan ekspor,” ujar Jokowi.

Jokowi optimistis, dengan sinergi semua elemen bangsa, Indonesia mampu menjaga stabilitas pangan. Sejumlah upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar naik kelas serta mendorong digitalisasi di sektor ekonomi.

Sementara itu, Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara menjelaskan, Rakyat Merdeka Award 2022 merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada sejumlah tokoh yang berjibaku menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi Covid-19.

Usaha dan inovasi beberapa tokoh bersama masyarakat, lanjut Kiki, terbukti berkontribusi dalam menjaga perekonomian nasional, termasuk yang dilakukan Darmawan.

Kiki menjelaskan, selama kepemimpinan Darmawan, tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PLN dinilai memuaskan. Hal ini juga tergambar dari survei yang digelar Rakyat Merdeka.

“Dengan kerja keras dan kreativitas, pendapatan PLN selama pandemi Covid-19 justru meningkat. Kerja keras ini membuat Indonesia mampu keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19,” kata Kiki.

Penghargaan tersebut pun disambut baik oleh Darmawan. Menurutnya, transformasi PLN dilakukan demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Terima kasih, kami tidak mengira akan mendapatkan penghargaan seperti ini. Di balik transformasi digital PLN, terdapat perjuangan dari seluruh tim PLN. Kami berkomitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan dan bersinergi agar Indonesia tumbuh yang lebih kuat,” ujar Darmawan.

Darmawan menjelaskan, salah satu transformasi yang dilakukan PLN adalah pengembangan aplikasi PLN Mobile. Melalui aplikasi ini, PLN berupaya membangun ekosistem layanan terintegrasi yang menghubungkan pelanggan, petugas di lapangan, dan kantor PLN.

“Digitalisasi lewat aplikasi PLN Mobile membuat pelayanan listrik di PLN menjadi cepat. Prosesnya pun termonitor secara real-time. Transformasi ini mengubah cara pikir, cara kerja, dan proses bisnis (perseroan),” jelas Darmawan.

Sebelumnya, PLN juga mendapat sertifikat INDI 4.0 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Adapun PLN berhasil menjadi salah satu penerima sertifikat dengan poin tertinggi, yakni skor 3,5.

“Skor tersebut sebenarnya merupakan target yang ditetapkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk dicapai pada 2024. Namun, kami berhasil mencapainya tahun ini,” ujar Darmawan.

Menurut Darmawan, hal tersebut menunjukkan bahwa PLN siap dalam menghadapi era industri 4.0 dengan menerapkan digitalisasi secara end-to-end, mulai dari energi primer, pembangkit, transmisi, distribusi, hingga retail.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com