Advertorial

Manfaat Marketplace dan Tips Memulai Bisnis Toko Bangunan ala Ukur.com

Kompas.com - 04/10/2022, 17:18 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, bahan-bahan konstruksi bisa didapatkan dengan mudah lewat toko bangunan online. Biasanya, bentuk toko bangunan online berupa marketplace berbasis aplikasi atau platform web. Dengan marketplace ini, masyarakat dapat berbelanja berbagai kebutuhan bahan bangunan dengan mudah.

Salah satu marketplace toko bangunan terbaik di Tanah Air adalah Ukur.com. Marketplace ini berfokus pada bidang konstruksi dan terdiri dari sekumpulan toko bangunan.

Untuk diketahui, Ukur.com didirikan pada 2020 oleh Felix Demas Handoko saat pandemi Covid-19 melanda. Felix merupakan pengusaha di bidang kontraktor interior sekaligus seorang spesialis di dunia digital marketing, khususnya search engine optimization (SEO).

Dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (30/9/2022), Felix meyakini bahwa dengan bantuan internet, Ukur.com bisa mengundang banyak traffic atau online presence.

Menurutnya, hal tersebut yang dapat membantu dan berguna bagi banyak orang, termasuk penjual maupun pembeli. Ukur.com juga diharapkan dapat memudahkan pencarian informasi mengenai bahan bangunan.

Bagi pelaku usaha konstruksi, Felix membagikan sejumlah manfaat marketplace sebagai salah satu opsi media jual.

  1. Menjalin relasi antarpedagang

    Ukur.com menyediakan wadah bagi sesama pedagang untuk menjajakan barang yang dijual. Oleh karena itu, para pedagang dapat saling berinteraksi serta bertukar pikiran terkait produk dan penjualan.

    Lebih jauh lagi, sesama pedagang dapat menjalin relasi sehingga tercipta hubungan kerja sama yang saling menguntungkan.

  2. Menjangkau banyak pembeli

    Untuk mendapatkan produk bangunan dengan mudah dan cepat, pembeli dapat mencari barang di marketplace. Hal ini tentu menguntungkan penjual. Hanya dengan membuat akun, penjual bisa menjajakan, bahkan mendapatkan pembeli dari seluruh penjuru Tanah Air.

    Dengan memanfaatkan marketplace, pembeli juga memiliki banyak pilihan toko bangunan. Jadi, target pemasaran sudah jelas sehingga penjual tidak perlu kesusahan mencari calon pembelinya ataupun sebaliknya.

  3. Akses antara penjual dan pembeli mudah

    Manfaat marketplace toko bangunan berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Jadi, pembeli bisa mendapatkan produk dengan mudah hanya dengan mengakses marketplace.

    Dari sisi penjual, hal tersebut menguntungkan dan sama mudahnya. Hanya dengan mengunggah produk yang dijual, penjual cukup menunggu dan melayani pembeli. Hal ini karena marketplace sudah menjajakan produk yang diunggah dan secara otomatis menghubungkan penjual dengan pembeli.

  4. Banyak pelanggan

    Karena berfokus pada satu bidang, yakni toko bangunan, marketplace toko bangunan terbukti dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Sebab, promosi penjualan pada marketplace akan berimbas toko bangunan sehingga membantu memperoleh banyak pelanggan.

    Dengan kehadiran marketplace toko bangunan, pembeli akan lebih terfokus. Apalagi, pembeli juga diminta untuk membuat akun agar dapat bertransaksi di marketplace.

    Marketplace juga membantu penjual untuk mengelola data dengan mudah. Apabila merasa senang dengan pelayanan, mereka dapat memberikan testimoni. Hal ini memberikan dampak yang baik bagi toko.

Tips membangun bisnis toko bangunan online

Selain manfaat marketplace, Felix juga membagikan sejumlah tips bagi para pelaku usaha yang ingin memulai kiprah dalam bisnis toko bahan bangunan online.

  1. Teliti pasar yang cocok untuk produk bisnis

    Marketplace terbaik untuk menjajakan produk bergantung pada sejumlah faktor. Sebelum memilih marketplace, penjual harus menyesuaikannya dengan merek dan produk bisnis. Apabila fokus bisnis adalah bahan bangunan, silakan buka toko online di marketplace penyedia bahan bangunan, seperti Ukur.com

  2. Optimalkan informasi dan detail produk

    Setelah memilih pasar, langkah selanjutnya adalah memuat informasi terkait barang yang dijual. Caranya, dengan membuat daftar produk yang menyeluruh untuk mengontrol posisi dan pengaruh merek yang dijual di marketplace. Hal ini merupakan elemen penting ini untuk meningkatkan hasil pencarian dan kinerja e-commerce.

    Optimalkan juga halaman akun marketplace. Berikanlah nilai kepada pembeli dan informasi lain yang dimuat di halaman produk yang dioptimalkan. Dengan demikian, peluang konversi pembelian akan meningkat.

  3. Pantau pertanyaan dan ulasan pelanggan

    Marketplace membuat pelanggan memiliki harapan pelayanan yang cepat dan nyaman. Selain dapat mengakses berbagai pilihan dan harga yang kompetitif, pelanggan juga terbiasa dengan pengiriman cepat dan proses pengembalian yang efisien.

    Oleh karena itu, upayakan untuk memantau pertanyaan dan ulasan pelanggan. Hal ini berguna untuk meningkatkan performa akun penjual. Dengan demikian, kepercayaan pelanggan juga akan meningkat.

    Untuk memudahkan penjual dan pelanggan, marketplace Ukur.com menyediakan kolom ulasan dan frequently asked question (FAQ) sebagai panduan. Platform ini juga memberikan dukungan langsung sepanjang waktu dengan banyak sumber daya.

    Itulah manfaat dan tips membangun toko bangunan online di marketplace. Yuk, mulai pijaki Ukur.com, agar toko bangunan Anda makin eksis.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com