Advertorial

Rayakan HUT Ke-77, Pemkab Tapanuli Utara Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur dan Pemulihan Pascabencana

Kompas.com - 07/10/2022, 13:18 WIB

KOMPAS.com - Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tapanuli Utara dan masyarakat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kabupaten Tapanuli Utara.

Acara perayaan HUT tersebut juga berlangsung bersamaan dengan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Stadion Mini Lapangan Serbaguna Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Rabu (5/10/2022).

Dalam sambutannya Nikson menyampaikan sejumlah target prioritas pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara, salah satunya interkoneksi desa. Upaya ini bertujuan untuk memerdekakan desa sehingga Indonesia berdikari bisa terwujud.

Target kedua, lanjut Nikson, adalah meningkatkan kualitas pertanian yang merupakan identitas Kabupaten Tapanuli Utara.

"Berkat usaha dan kerja keras, tanah masyarakat yang berstatus hutan negara sudah banyak kembali ke masyarakat. Ke depan, semoga semakin banyak tanah masyarakat yang dapat dikembalikan untuk meningkatkan kualitas pertanian di Kabupaten Tapanuli Utara," ujar Nikson dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (7/10/2022).

Pada kesempatan itu, Nikson juga menekankan urgensi persatuan dan kesatuan masyarakat untuk membangun daerah. Menurutnya, tanpa persatuan dan doa, segala usaha untuk membangun Kabupaten Tapanuli Utara akan sia-sia.

"Tinggalkan perbedaan dan egoisme, saling merangkul dan bergandeng tangan untuk membangun Kabupaten Tapanuli Utara,” tuturnya.

Nikson juga berharap, proposal pendirian universitas negeri umum di Kabupaten Tapanuli Utara disetujui Presiden Joko Widodo. Sebab, hal ini akan berperan penting dalam meningkatkan ekonomi di Tapanuli raya.

Pada momen HUT Kabupaten Tapanuli Utara, Nikson juga menyampaikan komitmen pihaknya dalam membantu masyarakat terdampak bencana. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara telah menggandeng TNI dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam menanggulangi bencana, seperti pendirian posko tanggap bencana, tenda darurat, serta pembagian bantuan.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0210/Tu Letnan Kolonel (Letkol) Inf Hari Sandra mewakili Forkopimda Tapanuli Utara mengajak semua elemen masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara untuk bangkit dan lebih kuat selepas bencana.

"Meskipun tengah diguncang bencana gempa bumi, kita patut bersyukur karena masih diberi kesehatan oleh Tuhan," ujar Hari.

Di kesempatan itu, Hari juga menyampaikan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Tapanuli Utara, TNI, dan Bupati Tapanuli Utara yang juga berulang tahun ke-50.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh beberapa pihak lain, salah satunya dari perwakilan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP.

“Dirgahayu ke-77 Kabupaten Tapanuli Utara, semoga jaya dan maju," sebut perwakilan Bupati Batu Bara.

Kemudian, mantan Bupati Tapanuli Utara periode 2004-2014 Torang Lumbantobing yang ikut dalam upacara HUT ke-77 Kabupaten Tapanuli juga mengucapkan selamat dan berharap momen ulang tahun itu dapat semakin meningkatkan persatuan di sana.

"Kita harus bersatu padu membangun Kabupaten Tapanuli Utara. Mangangkat rap tu ginjang manimbung rap tu toru ma hita saluhutna lao mambangun huta ta Tapanuli Utara on,” sebut Torang.

Ucapan selamat juga diberikan oleh mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapanuli Utara Sanggam Hutagalung untuk Kabupaten Tapanuli Utara dan Bupati Tapanuli Utara.

"Semoga Kabupaten Tapanuli Utara cepat bangkit dari bencana alam gempa bumi. Tapanuli Utara berkarya dan berkelanjutan," ucap Sanggam.

Tak ketinggalan, perwakilan perantau di Kabupaten Tapanuli Utara juga turut mengucapkan selamat dalam upacara HUT ke-77 Kabupaten Tapanuli.

"Kami pihak perantau memberikan kado ulang tahun melalui bakti sosial kesehatan di dua Kecamatan, yaitu Parmonangan dan Muara, yang diselenggarakan mulai Kamis (6/10/2022)," kata John Kennedy dan Ramos Sihombing.

Rangkaian acara HUT ke77 Kabupaten Tapanuli Utara

Sekda Kabupaten Tapanuli Utara Indra SH Simaremare menjelaskan sejumlah rangkaian acara upacara perayaan HUT ke-77 Kabupaten Tapanuli Utara, di antaranya launching aplikasi Bukalapo, pemberian piagam penghargaan, dan pembagian akta notaris koperasi.

Ada pula pemberian alat paralayang kepada para atlet, alat mesin pertanian (alsintan) untuk kelompok tani, pemberian hadiah lomba cerdas cermat (LCT), serta hiburan.

Bantuan alsintan yang diserahkan langsung oleh Nikson berupa 46 unit cultivator, 54 unit hand traktor, 23 unit pemipil jagung, 8 unit mesin kompos, 1 unit traktor mini, serta 5.000 liter pupuk cair untuk 100 kelompok tani.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video sewindu kepemimpinan Nikson yang berisi ringkasan peningkatan pembangunan daerah.

Kemudian, Bupati Nikson bersama dengan Torang dan Sanggam menyumbangkan lagu sekaligus penggalangan dana untuk korban bencana gempa di Kabupaten Tapanuli Utara dengan nominal yang berhasil terkumpul Rp 40 juta.

Salurkan bantuan lain

Pada kesempatan terpisah di hari yang sama, Nikson juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada keluarga korban kebakaran Pasar Sarulla, Kecamatan Pahae Jae dan pegawai harian lepas (PHL) petugas kebersihan.

Bupati Tapanuli Utara serahkan bantuan kepada korban bencana kebakaran Pasar Sarulla di Sopo Rakyat Kanopi Rumah Dinas Bupati, Tarutung, Rabu (5/10/2022)Dok. Pemkab Tapanuli Utara Bupati Tapanuli Utara serahkan bantuan kepada korban bencana kebakaran Pasar Sarulla di Sopo Rakyat Kanopi Rumah Dinas Bupati, Tarutung, Rabu (5/10/2022)

Penyerahan bantuan didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bonggas Pasaribu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Heber Tambunan, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Hendrik Taruna.

Kepada 18 keluarga korban kebakaran Pasar Sarulla, Nikson menyerahkan bantuan berupa tali asih, selimut atau sarung, serta pakaian bekas di Sopo Rakyat Kanopi Rumah Dinas Bupati, Tarutung, Rabu.

"Semoga seluruh keluarga yang menjadi korban kebakaran segera pulih dan mampu untuk berjuang kembali. Kami berdoa agar Tuhan melimpahkan anugerah kepada bapak dan ibu," ucapnya.

Sementara kepada 125 PHL petugas kebersihan, Pemkab memberikan bantuan berupa sembako, yakni beras, telur, minyak, dan gula.

Selain menyerahkan bantuan, Nikson juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian dalam menjaga kebersihan Kota Tarutung. Ia meminta para petugas kebersihan untuk terus memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas.

"Berikan yang terbaik dalam pelayanan sesuai tugas dan jabatan masing-masing," tutur Nikson.

Nova Hutauruk, mewakili petugas kebersihan, mengapresiasi bantuan dari Pemkab. Ia juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bupati Nikson yang bertepatan dengan Hari Jadi ke-77 Kabupaten Tapanuli Utara.

"Selamat ulang tahun ke-50 Pak Bupati. Semoga Bapak dan keluarga semakin diberkati Tuhan dalam memajukan Tapanuli Utara. Semoga diberikan kebijaksanaan untuk memimpin kami demi pembangunan. Terima kasih atas perhatian dan bantuan yang kami terima. Ini menjadi penyemangat kami dalam bekerja lebih baik," ucap Nova.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.