Advertorial

Segera Digelar, ITAP 2022 Siap Jadi Katalis Pertumbuhan Berkelanjutan bagi Perusahaan Dunia

Kompas.com - 07/10/2022, 13:41 WIB

KOMPAS.com - Constellar dan Deutsche Messe menggelar Industrial Transformation Asia-Pacific (ITAP) 2022 secara hibrida di Singapore EXPO, Singapura, mulai Selasa (18/10/2022) hingga Kamis (20/10/2022).

Acara tersebut akan dihadiri delegasi World Economic Forum dan sejumlah figur kunci dari Eropa, serta pemimpin industri 4.0 dari Amerika Serikat dan Asia-Pasifik.

Dengan mengusung tema “Industry 4.0 for Business Sustainability”, ITAP edisi ke-5 akan berfokus pada tiga pilar kunci.

Pertama, digitalisasi. Pilar ini bertujuan untuk mengakselerasi produktivitas dan kontrol kualitas (quality control/QC) dengan biaya yang lebih rendah.

Kedua, pengembangan talenta dan tenaga kerja. Pilar ini menjadi inisiatif ITAP untuk memberikan kemampuan atau skill set yang tepat bagi para talenta dan tenaga kerja untuk kebutuhan transformasi industri.

Ketiga, keberlanjutan lingkungan. Pilar ini berupaya membantu perusahaan untuk mengurangi jejak dan emisi karbon dioksida (CO2) dalam setiap kegiatan operasional bisnisnya.

Senior Vice President (SVP) of Markets (B2B) Constellar James Boey mengatakan, kemajuan teknologi dan inovasi manufaktur memiliki peran penting bagi banyak perusahaan serta organisasi. Utamanya, dalam menghadapi disrupsi rantai pasokan (chain supply) global dan upaya mengubah model bisnis pascapandemi Covid-19.

“Sebagai pemimpin trade event industri 4.0 di region (Asia-Pasifik), ITAP 2022 akan memberdayakan industri manufaktur dan industri terkait lain. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan bisnis berkelanjutan di era industri 4.0, baik secara lokal, regional, maupun global,” imbuh Boey dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Sebagai informasi, Deputi Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat akan memberikan sambutan pada pembukaan ITAP 2022. Ia juga akan meresmikan acara tersebut bersama Duta Besar Jerman untuk Singapura Norbert Riedel dan SVP Deutsche Messe Arno Reich.

Acara yang berlangsung selama tiga hari itu akan dipandu oleh Senior Partner McKinsey and Company Vishal Agrawal. Ia akan memberikan sejumlah informasi penting terkait industri manufaktur global.

Turut hadir pula Managing Director Centre for Nature and Climate World Economic Forum Neo Gim Huay. Ia akan menyampaikan pidato kunci terkait upaya kolaborasi lintas sektor yang dapat dilakukan pelaku industri manufaktur untuk mengubah rantai nilai dan mencapai net zero emission (NZE).

Hadirkan pengalaman pameran imersif

ITAP 2022 menghadirkan sekitar 200 peserta pameran dari 20 negara yang akan mempresentasikan inovasi terbaru, mulai dari automasi industri, intralogistik, pabrik digital, hingga manufaktur aditif di Singapore EXPO Hall 1 dan 2.

Pengunjung dapat menyaksikan lebih dari 15 inovasi dan peluncuran produk di ITAP 2022 Live Stage yang berlangsung di Hall 3 Singapore EXPO.

Sementara itu, International Connect Lounge yang berada di Hall 3 akan menghadirkan sesi business matching. Aktivitas ini digelar untuk menciptakan sinergi sekaligus mendorong kerja sama antara delegasi, peserta pameran, dan pengunjung yang hadir di ITAP 2022.

Adapun ITAP 2022 membagi acara ke dalam empat zona utama.

  1. Gateway to Sustainable Transformation

Dipersembahkan oleh TÜV SÜD, zona ini akan menghadirkan sejumlah presentasi terkurasi seputar perjalanan transformasi industri, seperti industri 4.0, keberlanjutan, dan kecerdasan buatan (AI).

Lewat eksistensi global, pengetahuan teknikal yang mendalam, serta layanan pelatihan, asesmen, sertifikasi, dan konsultasi yang dimiliki, TÜV SÜD memamerkan teknologi yang memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kemampuan dalam upaya transformasi digital dan keberlanjutan.

“Gateway to 4.0 TÜV SÜD di ITAP adalah platform ideal untuk menampilkan framework kualitas AI kami. Teknologi ini memungkinkan organisasi kami untuk mengadopsi AI dalam skala besar, mengelola risiko, sekaligus mematuhi regulasi yang ada,” kata Chief Executive Officer of Digital Services TÜV SÜD Dr Andreas Hauser.

  1. Industrial Transformation Experience Zone

Zona yang didukung oleh Singapore Polytechnic (SP) ini menghadirkan sembilan section yang terkurasi. Adapun setiap section menghadirkan teknologi dan solusi terkini yang dapat membantu perusahaan mengimplementasikan industri 4.0.

Untuk mendorong transformasi keberlanjutan bisnis dalam industri 4.0, SP menawarkan beragam pelatihan dan solusi untuk perusahaan, mulai dari keberlanjutan lingkungan, digitalisasi, hingga pengembangan talenta.

  1. Digital Twin Experience Center

Zona hasil kolaborasi Beca dan Constellar ini akan menghadirkan pengalaman imersif bagi pengunjung pameran lewat empat studi kasus untuk memecahkan mitos terkait konsep Digital Twin.

Melalui studi kasus tersebut, pengunjung dapat memahami cara Digital Twin membantu perusahaan dalam menyusun ulang pendekatan bisnis. Konsep ini dapat membantu perusahaan dalam mendorong produktivitas sekaligus mencapai target keberlanjutan.

  1. Additive Manufacturing Experience Showcase

Dipersembahkan oleh National Additive Manufacturing Innovation Cluster (NAMIC), zona ini menghadirkan one-stop experience terkait rantai nilai dalam manufaktur aditif kepada para pengunjung.

Pengalaman tersebut dihadirkan melalui rangkaian produk inovatif dengan desain topologi yang telah dioptimalkan. Inovasi ini diperkuat dengan alur kerja digital terintegrasi serta material daur ulang yang berkelanjutan.

Selain pameran, ITAP 2022 juga menghadirkan lima konferensi yang terdiri dari 120 sesi dan melibatkan lebih dari 150 narasumber.

Konferensi tersebut adalah Industrial Transformation Forum (ITF), The Future of Manufacturing CXO Summit (FoM), The NAMIC Global Additive Manufacturing Summit (GAMS), The LogiSYM Platinum, dan The Standards Forum.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran peserta ITAP 2022, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.