Advertorial

KOTRA Surabaya dan Perusahaan Teknologi Korsel Hadirkan PJU Pintar di Kabupaten Madiun

Kompas.com - 07/10/2022, 18:39 WIB

KOMPAS.com - Kantor perwakilan dagang pemerintah Korea Selatan (Korsel) di Surabaya, Korea Trade and Investment Promotion Agency (KOTRA), bekerja sama dengan perusahaan teknologi Korsel, Ecolant untuk menerapkan sistem K-City Smart Lighting di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (7/10/2022).

Presiden Direktur KOTRA Yu Jeong-yeol mengatakan kerja sama pihaknya dengan Ecolant sebagai produsen terkemuka penerangan jalan umum (PJU) pintar di Korsel bertujuan untuk menyosialisasikan rencana penerapan K-City Smart Lighting di Kabupaten Madiun.

Yoo menjelaskan bahwa ke depan, akan ada 2.000 unit PJU pintar yang dikembangkan oleh KOTRA ICT Consortium, termasuk Ecolant, untuk dipasang di jalan Kabupaten Madiun sepanjang 80 kilometer (km) hingga Januari 2023.

Dalam proyek tersebut, lanjut Yu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun berencana memasang total 7.400 PJU pintar melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

PJU pintar tersebut akan menerangi jalan sepanjang 300 km di Kabupaten Madiun, termasuk jalan kota, provinsi, dan nasional.

Sebagai informasi, KOTRA membentuk KOTRA ICT Consortium bersama dengan tiga perusahaan teknologi Korea, termasuk Ecolant.

Melalui konsorsium tersebut, KOTRA memberikan dukungan bagi Ecolant untuk melaksanakan sosialisasi teknologi dan produk, melaksanakan kunjungan lapangan ke Kabupaten Madiun, serta memelopori pengembangan smart city di Jawa Timur.

Direktur Jenderal KOTRA Surabaya Kim Jun-sung menjelaskan bahwa Indonesia adalah pasar teknologi yang paling cepat bertumbuh di ASEAN dengan valuasi ekonomi digital sebesar 42,4 miliar dollar AS pada 2021.

“KOTRA akan menjadi jembatan penghubung antara Korsel dan Indonesia untuk membawa lebih banyak perusahaan teknologi Korsel agar dapat berkontribusi dalam transformasi smart city di Indonesia,” tutur Kim dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Pada kesempatan sama, Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan bahwa dengan penggunaan PJU pintar asal Korsel dari KOTRA dan Ecolant, penggunaan energi untuk PJU di Kabupaten Madiun lebih hemat hingga 60 persen.

“Penerapan teknologi ini akan berdampak positif untuk kesejahteraan dan keamanan masyarakat, dengan membuat tata kota menjadi semakin modern dan mengurangi kriminalitas,” ujar Ahmad.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com