Advertorial

Pesta Rakyat Simpedes di Tangerang Hadirkan Edukasi Bisnis dan Literasi Digital

Kompas.com - 15/10/2022, 13:39 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022. Pada edisi ke-8, PRS diadakan di Alun-Alun Lapangan Ahmad Yani, Tangerang, Banten, mulai Jumat (14/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022).

Sebagai informasi, acara tahunan yang sudah diselenggarakan BRI sejak 2008 itu merupakan bentuk komitmen perseroan dalam mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. PRS juga menjadi peluang untuk mengedukasi masyarakat agar semakin familiar dengan transaksi digital, khususnya pada aktivitas pembayaran menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) BRI.

Region Office Chief Executive Officer (RO CEO) BRI Nazaruddin mengatakan, program PRS dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah BRI dan pelaku UMKM. Ia berharap, pelaksanaan PRS dapat mendorong perkembangan dan literasi digital kepada masyarakat.

“Banyak program yang akan dilaksanakan (PRS), terutama untuk mendorong dukungan BRI terhadap UMKM dengan turut melibatkan ratusan pelaku usaha lokal di Kota Tangerang. Selain, itu PRS juga mendukung pengurangan uang fisik melalui QRIS BRI dan supper apps BRImo,” kata Nazaruddin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (15/10/2022).

Nazaruddin menambahkan, PRS menjadi kesempatan bagi perseroan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya di Kota Tangerang, dengan mengadakan Kelas UMKM. Selain itu, diadakan juga workshop untuk pelaku UMKM tentang tip menjalankan usaha.

Adapun materi yang disampaikan dalam Kelas UMKM di antaranya business owner mentality, membangun alur pemasaran sederhana, cara atur ulang bisnis berkembang, dan business roadmap.

Sama dengan gelaran yang telah dilaksanakan di sejumlah lokasi, PRS 2022 di Tangerang mengusung 6 pilar utama, yakni Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan Peduli. 

Pawai menjadi sarana literasi digital kepada pelaku UMKM dari pasar atau sentra ekonomi yang disertai kemeriahan pawai budaya.

Sementara, pada pilar Panggung, PRS 2022 Tangerang akan menghadirkan pertunjukkan musik dari deretan artis Tanah Air maupun lokal, yaitu Kunto Aji, D'Masiv, Nassar, Kahitna, Biru Baru, dan The Cat Police. Selain sesi hiburan, pilar Panggung juga menghadirkan Panggung Masak, Tawa, Ilmu, dan Zumba.

Kemudian, pilar Pasar akan menghadirkan produk-produk terbaik dari UMKM binaan BRI. Lalu, ada Panen yang merupakan acara undian hadiah Simpedes dan doorprize bagi para pengunjung.

Adapun Pojok X’sis merupakan area bagi pengunjung untuk mengaktualisasikan diri serta menambah pengetahuan mengenai berbagai aktivitas, seperti seni, olahraga, dan pengenalan digital banking experience.

Terakhir, pilar Peduli yang merupakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) BRI yang ditujukan kepada masyarakat. Kegiatan ini berupa pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, dan potong rambut gratis.

Pada pelaksanaan hari pertama, PRS Tangerang menampilkan dua sesi kelas UMKM dan workshop, e-sport competition, lomba menghias tumpeng, games, dan pertunjukkan stand-up comedy lokal di area mini stage.

Acara dilanjutkan dengan penampilan dari Kunto Aji di area panggung utama. Pengunjung juga bisa mendatangi booth UMKM yang tersedia di area khusus mulai pukul 08.00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) hingga PRS selesai.

Untuk dapat memasuki area PRS, pengunjung cukup mengunduh BRImo dan melakukan scan QRIS untuk mendapatkan tiket masuk seharga Rp 1 di ticket box yang telah disediakan. Seluruh 

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan PRS 2022 dapat diakses melalui tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com