Advertorial

Hanafi Kreasi Group Dukung Donor Darah Massal HUT Ke-72 IDI yang Pecahkan Dua Rekor MURI

Kompas.com - 26/10/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Hanafi Kreasi Group ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan donor darah yang diadakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di seluruh wilayah Indonesia secara serentak pada Selasa (25/10/2022). Acara tersebut dilakukan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 IDI.

Acara itu dipandu oleh Pengurus Besar (PB) IDI dan disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube PB IDI. Setidaknya 90 orang pengurus cabang IDI di seluruh Indonesia turut serta melakukan donor darah di wilayahnya masing-masing.

Penyelenggaraan donor darah massal tersebut juga berhasil tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Donor Darah Serentak di Seluruh Indonesia dan Dokter Mendonorkan Darah Terbanyak.

Hanafi Kreasi Group sendiri berkontribusi pada penyelenggaraan donor darah di Rumah Dinas Bupati Ketapang, Kalimantan Barat, yang diadakan oleh IDI cabang Ketapang.

Pada acara itu, Hanafi Kreasi Group menyediakan hadiah doorprize, stan pameran, dan alat kesehatan sederhana, seperti alat pemeriksa tekanan darah, timbangan badan, serta alat pengukur gula darah.

Chief Executive Officer (CEO) Hanafi Kreasi Group Sheavtiyan mengatakan bahwa partisipasi pihaknya dalam acara donor darah massal merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap sesama sekaligus wujud nyata program pengabdian masyarakat.

Hanafi Kreasi Group menyediakan alat kesehatan seperti pemeriksa tekanan darah, ultrasonografi (USG) beserta alat cetak dan trolley, boneka cardiopulmonary resuscitation (CPR), dan timbangan badan. 

Dok. Hanafi Kreasi Group Hanafi Kreasi Group menyediakan alat kesehatan seperti pemeriksa tekanan darah, ultrasonografi (USG) beserta alat cetak dan trolley, boneka cardiopulmonary resuscitation (CPR), dan timbangan badan.

"Kegiatan ini memiliki manfaat yang luar biasa kepada semua pihak tanpa kecuali. Dengan kebutuhan darah yang sangat tinggi untuk para pasien, seperti cuci darah, sedangkan stok di Kabupaten Ketapang terbatas, (kegiatan ini) akan dirasakan manfaatnya oleh pendonor itu sendiri suatu hari nanti,” kata Sheavtiyan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (25/10/2022).

Kegiatan tersebut, lanjut Sheavtiyan, juga menunjukkan keseriusan semua pihak dalam membantu sesama, baik dari IDI maupun stakeholder lain, seperti Hanafi Kreasi Group.

Chief Marketing Officer (CMO) Hanafi Kreasi Group Farhanisa menambahkan, kegiatan donor darah memiliki nilai spiritual dan filosofis yang luhur. Menurutnya, donor darah menjadi cermin keikhlasan sejati dalam memberikan yang terbaik kepada sesama.

“(Pasalnya) satu hal yang unik dalam donor darah, pendonor juga tidak pernah tahu darahnya akan diberikan kepada siapa. Begitu pula dengan penerima,” tutur Farhanisa.

Sebagai informasi, Hanafi Kreasi Group merupakan perusahaan di bidang pengadaan alat kedokteran berteknologi tinggi dan farmasi untuk kebutuhan klinik, rumah sakit, dan laboratorium usaha medis sejenis.

Hanafi Kreasi Group juga sudah terdaftar pada e-procurement digital, yakni Gokomodo, yang merupakan platform supply-chain for corporates dengan status verified

Sebagian besar manajemen Hanafi Kreasi Group terdiri dari dokter, apoteker, dan ahli gizi, yaitu, dr Farhana Mardila (CEO), Sheavtiyan, SSi (CEO), Farhanisa, SFarm, Apt (CMO), dr Donny Suwardono (Medical Officer), dan Wiriesta Anggraini, SGz (General Manager).

Libatkan stakeholder terkait

Selain Hanafi Kreasi Group, pelaksanaan donor darah massal di Ketapang juga melibatkan stakeholder lain, seperti PT Bumitama Gunajaya Agro (BGA), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Ketapang, berbagai organisasi profesi, dan komunitas donor darah yang ada di Kabupaten Ketapang.

Adapun BGA berkontribusi dalam penyediaan kasur lipat, konsumsi bagi pendonor, dan paket sembako untuk korban banjir. Sedianya, kegiatan donor darah di Ketapang diselenggarakan di Kantor BGA, tepatnya di Kecamatan Nanga Tayap. Karena banjir, kegiatan tersebut dialihkan ke Rumah Dinas Bupati Ketapang.

Perwakilan dari BGA di Nanga Tayap, dr Mochammad Ichwanuddin, mengatakan bahwa pihaknya mendukung pelaksanaan donor darah yang diinisiasi oleh IDI demi ketersediaan stok darah di Ketapang. 

CEO Hanafi Kreasi Group Sheavtiyan ikut mendonorkan darah. 

Dok. Hanafi Kreasi Group CEO Hanafi Kreasi Group Sheavtiyan ikut mendonorkan darah.

Pasalnya, sejak pandemi Covid-19, stok darah di Kabupaten Ketapang menipis. Akibatnya, keluarga pasien yang membutuhkan darah harus mencari pendonor darah terlebih dahulu untuk mendapatkan stok.

Ketua Panitia HUT ke-72 IDI di Kabupaten Ketapang, dr Simon Yosonegoro Liem, mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat di acara donor darah massal.

Berkat bantuan tersebut, acara donor darah mendapat perhatian dan antusias masyarakat yang besar. Bahkan, masyarakat yang tadinya tidak mau mendonorkan darah tergerak ikut berpartisipasi setelah mendengarkan penjelasan dari dokter melalui seminar kecil yang diadakan.

Simon menambahkan, keterlibatan masyarakat dalam acara donor darah membantu menambah stok darah di Kabupaten Ketapang. Bahkan, ada pihak rumah sakit yang langsung datang ke lokasi penyelenggaraan untuk meminta kantong darah. Artinya, acara donor darah seperti ini sangat diperlukan.

Ketua Panitia HUT ke-72 IDI di Ketapang dr Simon Yosonegoro Liem, SpMK, CEO Hanafi Kreasi Group Sheavtiyan, SSi, Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, SIK, MH dan Ketua IDI Cabang Ketapang dr Juhendro, SpPD. 

Dok. Hanafi Kreasi Group Ketua Panitia HUT ke-72 IDI di Ketapang dr Simon Yosonegoro Liem, SpMK, CEO Hanafi Kreasi Group Sheavtiyan, SSi, Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, SIK, MH dan Ketua IDI Cabang Ketapang dr Juhendro, SpPD.

"(Oleh karena itu) saya berterima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat, termasuk dari Hanafi Kreasi Group, BGA Group, wakil dari organisasi profesi apoteker, dokter gigi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), tokoh masyarakat, dan stakeholder dari Kabupaten Ketapang yang telah mendukung acara ini. Semoga, acara seperti ini dapat dilakukan secara rutin oleh instansi lain untuk menambah stok darah di Kabupaten Ketapang,” tutur Simon. 

Ketua IDI Ketapang dr Juhendro SpPD juga mengutarakan hal serupa. Acara donor darah di Kabupaten Ketapang telah berjalan lancar berkat keterlibatan stakeholder terkait.

“Target awal, kami mengumpulkan 100 kantong darah. Ternyata, baru dilaksanakan saja sudah dapat 129 kantong darah,” kata Juhendro kepada Kompas.com, Rabu.

Ia berharap, acara tersebut dapat memberikan manfaat serta menggugah kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah. Selain itu, acara ini juga menjadi bukti IDI selalu berbakti untuk negeri dan mengabdi rakyat.

“Acara itu mengukuhkan bahwa IDI bersatu untuk terus maju bersama,” tutur Juhendro.

Sebagai informasi, donor darah massal yang diadakan oleh IDI Ketapang akan dilaksanakan sebanyak tiga kali. Kegiatan kedua akan digelar di BGA Nanga Tayap Wilayah 8B di daerah Kecamatan Nanga Tayap, sementara kegiatan ketiga di BGA Nanga Tayap Wilayah 8A di daerah Dusun Tanah Merah. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com