Advertorial

Amankan 40 Pemuda Bentrok, Kombes Hengki Haryadi Tindak Tegas Premanisme di Jakarta Selatan

Kompas.com - 01/11/2022, 11:39 WIB

KOMPAS.com – Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) Kombes Hengki Haryadi menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas segala bentuk premanisme di wilayah Jakarta.

Hal itu disampaikan Hengki usai menangkap 40 orang dari dua kelompok pemuda yang terlibat bentrokan di Mampang, Jakarta Selatan, Senin (31/10/2022) sekitar pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

"Tidak boleh ada aksi premanisme di Jakarta. Sebagai bahan pembelajaran kepada masyarakat, kami akan menindak tegas kelompok itu,” ujar Hengki dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (1/11/2022).

Dia mengatakan, kedua kelompok pemuda tersebut terlibat bentrokan lantaran berebut penguasaan lahan. Akibat kejadian itu, tiga orang terluka.

Hengki sendiri menyesalkan aksi pemukulan yang dilakukan kedua kelompok pemuda itu di hadapan petugas kepolisian yang berusaha memediasi kedua belah pihak.

“Indonesia merupakan negara hukum. Mereka melakukan tindakan melawan hukum di depan petugas. Hal ini memicu keributan,” kata Hengki.

Atas kejadian tersebut, Polda Metro Jaya bersama Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Selatan dan personel Brigade Mobil (Brimob) mengamankan kedua pihak yang terlibat bentrokan ke Markas Komando (Mako) Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan. Hengki mengatakan, kepolisian akan mendalami lebih lanjut mengenai kepemilikan lahan tersebut.

“(Kepemilikan lahan itu) masih kami dalami. (Kami masih mencari tahu) pemilik sahnya,” ujar Hengki.

Dia berharap, kejadian tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi seluruh pihak dan tidak ada lagi aksi premanisme di Jakarta.

“Sekali lagi, Jakarta harus zero premanisme. Siapa pun (yang melakukan aksi premanisme) akan kami sikat. Jakarta merupakan tanggung jawab kita bersama. Mari kita jaga,” imbuh Hengki.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.