Advertorial

Jelang Grand Final Raka Raki Jawa Timur 2022, Pemkab Kediri Adakan Mentoring Khusus Inu Kirana

Kompas.com - 03/11/2022, 16:09 WIB

KOMPAS.com – Pasangan Duta Wisata Inu Kirana Kabupaten Kediri 2022, Praska Arwi dan Aida Fathiyya, melakukan berbagai persiapan untuk mengikuti pemilihan Raka Raki Jawa Timur 2022. Mereka akan bersaing dengan finalis dari berbagai kabupaten atau kota di Jawa Timur dalam ajang pengenalan pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif itu.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, potensi yang dimiliki putra daerah Bumi Panjalu cukup mumpuni untuk berpartisipasi di ajang tersebut. 

Bupati yang akrab dipanggil Mas Dhito itu berharap, Inu Kirana Kabupaten Kediri 2022 bisa membawakan khazanah budaya Cerita Panji saat babak grand final.

“Semoga mereka bisa membawakan Cerita Panji yang merupakan kekayaan budaya asli Kediri. (Saya memberikan) doa terbaik bagi mereka berdua. Semoga sukses,” kata Mas Dhito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Mas Dhito berpesan kepada Praska dan Fathiyya untuk tetap optimistis meskipun kompetitor dari daerah lain juga mempunyai potensi yang baik.

Selain doa dan dukungan, Mas Dhito juga menyiapkan mental serta kematangan skill Praska dan Fathiyyah dengan menyediakan mentoring khusus. Proses mentoring turut didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri.

“Semoga, apa yang telah dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri dapat menjadi pemicu optimisme mereka supaya siap menjalani serangkaian pemilihan Raka Raki,” jelas Mas Dhito.

Mas Dhito menyiapkan mental serta kematangan skill Praska dan Fathiyyah dengan menyediakan mentoring khusus untuk mengikuti ajang Raka Raki Jawa Timur 2022. Dok. Pemkab Kediri Mas Dhito menyiapkan mental serta kematangan skill Praska dan Fathiyyah dengan menyediakan mentoring khusus untuk mengikuti ajang Raka Raki Jawa Timur 2022.

Mas Dhito juga mengajak masyarakat Kabupaten Kediri untuk mendukung dan mendoakan Praska dan Fathiyyah. Pasalnya, kesuksesan pasangan Inu Kirana pada pemilihan Raka Raki dinilai akan berdampak pada pertumbuhan pariwisata dan ekonomi, khususnya di Kabupaten Kediri.

Sementara itu, Fathiyya mengaku siap melaju dalam pemilihan Duta Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Ia pun berharap bisa mengharumkan nama Kabupaten Kediri dengan membawa pulang gelar juara.

“Dengan pembekalan dan mentoring dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri, kami siap melaju ke Raka Raki 2022,” ujar Fathiyyah.

Hal senada juga disampaikan Praska. Pemuda lulusan Universitas Airlangga itu berjanji akan berusaha semaksimal mungkin di ajang tersebut.

“Kami akan membawa salah satu budaya yang menjadi nilai utama dari Kabupaten Kediri, yakni Wayang Krucil, yang juga lahir dari Cerita Panji,” papar Praska.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com