Advertorial

Pesan Mas Dhito untuk Kirana Kabupaten Kediri Penyabet Gelar Wakil 3 Raki Jatim 2022

Kompas.com - 06/11/2022, 21:42 WIB

KOMPAS.com - Duta Wisata Kabupaten Kediri Aida Fathiyya menyabet gelar Wakil 3 Raki dalam ajang pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2022.

Dalam acara tersebut, sosok yang akrab disapa Tia itu tampil memukau dengan balutan batik berwarna oranye dan selendang biru dongker. Apalagi, begitu ditanya soal pandangannya tentang Indonesia Emas pada 2024. Ia menjawab pertanyaan tersebut dengan mantap. Hal inilah yang membawanya masuk ke 5 Besar Raki Terbaik.

Pada posisi tersebut, Tia juga dengan lugas menjawab pertanyaan dari Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, mengenai optimalisasi information technology (IT) di bidang kepariwisataan.

“Saat ini perkembangan IT sangat pesat, apa saja yang bisa dimanfaatkan bagi pengembangan pariwisata di Jawa Timur?” tanya Arumi pada Tia saat itu.

Mahasiswi semester 3 Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga tersebut lantas menjawab pertanyaan istri Wakil Gubernur Jawa Timur itu dengan lugas sebelum waktu yang disediakan berakhir.

“Kita tahu sekarang kita telah memasuki era society 5.0, di mana big data merupakan sebuah senjata untuk mengetahui apa yang wisatawan mau dan apa yang wisatawan inginkan,” jawab Tia berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (6/11/2022).

Dengan capaian tersebut, Tia mengaku bangga karena mampu mengharumkan nama Bumi Panjalu di tingkat provinsi. Terlebih, persiapan matang telah dilakukan sejak dirinya terpilih menjadi Inu Kabupaten Kediri 2022.

Adapun persiapan itu meliputi mentoring dari Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, serta pemantapan materi dan kostum.

“Harapannya, ke depan, saya bisa memaksimalkan potensi untuk mempromosikan pariwisata di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Kediri,” ujar Tia.

Sementara itu, bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu menyebutkan, potensi Tia sudah terlihat sejak seleksi Inu Kirana Kabupaten Kediri. Gagasan dan idenya untuk memajukan pariwisata terbilang bagus.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Kediri itu, potensi Tia harus dikembangkan untuk menunjang karier Tia ke depan.

“Tentunya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri ikut bangga dengan capaian Aida Fathiyya. Terus berkarier dan abdikan diri untuk negeri, “ kata bupati yang gemar bervespa tersebut.

Ia berharap, capaian Tia dapat menular ke pemuda di Kabupaten Kediri. Dengan begitu, Bumi Panjalu akan semakin maju.

“Harapannya, ada ratusan pemuda seperti Tia di Kabupaten Kediri membangun pariwisata dari Kabupaten Kediri untuk Jawa TImur dan Indonesia,” tutur Mas Dhito.

Mas Dhito (tengah) bersama pasangan Inu Kirana Kabupaten Kediri 2022, Praska Arwi (kiri) dan Aida Fathiyya (kanan). Dok. Pemkab Kediri Mas Dhito (tengah) bersama pasangan Inu Kirana Kabupaten Kediri 2022, Praska Arwi (kiri) dan Aida Fathiyya (kanan).

Selain Tia, Mas Dhito juga sebelumnya memberikan dukungan kepada Praska Arwi yang merupakan Inu Kabupaten Kediri 2022. Ia merupakan pasangan Tia dalam menuju Raka Raki Jawa Timur 2022.

Bupati berkacamata itu mendorong pasangan Inu Kirana Kediri 2022 tersebut untuk membawakan khazanah budaya Kabupaten Kediri.

Tak tanggung, Mas Dhito juga mengajak masyarakat untuk mendukung pasangan Praska dan Tia di ajang yang dihelat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur itu.

“Doa terbaik bagi mereka berdua, semoga sukses. Terlebih, jika mereka dapat menyuguhkan Cerita Panji yang merupakan kekayaan budaya asli Kediri,” ucap Mas Dhito.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com