Advertorial

Nusantara Festival dan Lombok Sumbawa Fair Siap Meriahkan Balapan WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 08/11/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menggelar Nusantara Festival dan Lombok Sumbawa Fair untuk memeriahkan Indonesia Round World Superbike (WSBK) 2022.

Untuk diketahui, ITDC merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengembangkan serta mengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). ITDC memiliki anak usaha, yakni Mandalika Grand Prix Association (MGPA), sebagai promotor penyelenggaraan ajang balap internasional, seperti WSBK dan MotoGP.

Adapun seri Indonesia WSBK 2022 dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, mulai Jumat (11/11/2022) hingga Minggu (13/11/2022).

Direktur Teknik serta Operasi MGPA Samsul Purba menjelaskan, Nusantara Festival mengusung pameran seni dan musik, serta festival makanan yang bisa disaksikan oleh seluruh penonton WSBK tanpa harus membeli tiket tambahan. 

“Kami mengajak seluruh penonton untuk tidak hanya menikmati aksi para pebalap WSBK, tapi juga menikmati festival dan menjadi bagian dari kemeriahan WSBK 2022 di The Mandalika,” ujar Samsul dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (7/11/2022).

Samsul melanjutkan, Nusantara Festival akan menyuguhkan berbagai kesenian daerah, seperti, tari api dari Bali, serta gendang beleq, gandrung, dan rudat dari Lombok. Selain itu, penonton juga bisa menyaksikan konser musik dari Bhavana Ethnic Group dan Amtenar.

Sebagai acara puncak, gelaran itu akan menampilkan Kotak, Armada, Wika Salim, serta Traditional Music Collabs Project yang mengolaborasikan musik pop dan tradisional Indonesia.

Seri Indonesia WSBK 2022 dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, mulai Jumat (11/11/2022) hingga Minggu (13/11/2022). Dok. InJourney Seri Indonesia WSBK 2022 dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, mulai Jumat (11/11/2022) hingga Minggu (13/11/2022).

Selain seni pertunjukan dan musik, Nusantara Festival juga menghadirkan area usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Lombok yang akan menyajikan berbagai macam makanan tradisional khas Indonesia. Kemudian, pengunjung juga akan dimanjakan dengan instalasi seni berupa visual mapping di area belakang Grand Stand A.

Samsul menjelaskan, WSBK 2022 juga akan dimeriahkan oleh Lombok Sumbawa Fair (LSF) yang dipersembahkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. Gelaran ini menampilkan sejumlah tari tradisional kolosal, festival musik dunia, dan Mandalika Ekonomi Kreatif (Ekraf) Expo.

“LSF digelar khusus untuk menyajikan keberagaman budaya yang dimiliki oleh 10 kabupaten di Provinsi NTB. Melalui LSF, berbagai elemen masyarakat NTB akan mempromosikan destinasi unggulan, kerajinan, kuliner, pertunjukan seni budaya lokal, dan nilai-nilai kearifan lokal NTB,” tambah Samsul.

Adapun LSF digelar di area tengah Pertamina Mandalika International Circuit atau yang dikenal sebagai area tapal kuda.

Sebagai informasi, Nusantara Festival serta LSF merupakan kolaborasi MGPA dan Pemprov NTB untuk mengangkat dan mempromosikan nilai seni, budaya, serta kearifan budaya Indonesia, khususnya budaya lokal NTB.

Samsul mengatakan, kolaborasi itu menunjukkan bahwa WSBK di The Mandalika tidak hanya milik ITDC sebagai pengelola kawasan dan MGPA sebagai promotor, tetapi juga merupakan bagian dari masyarakat NTB. 

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah dan seluruh masyarakat NTB dalam penyelenggaraan WSBK kali kedua di Indonesia itu,” tutur Samsul.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com