Advertorial

Mengenal Lebih Jauh Zebra L10, Tablet Bisnis Serbaguna dan Tangguh

Kompas.com - 09/11/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Salah satu hal penting yang harus diperhatikan perusahaan sebelum memutuskan untuk membeli tablet enterprise adalah target penggunaan.

Pertimbangan tersebut diperlukan agar Anda sebagai pebisnis dapat memilih fitur dan tingkat kinerja pada tablet yang tepat sesuai kebutuhan.

Adapun bila tablet yang digunakan untuk menunjang berbagai macam aktivitas bisnis, Anda membutuhkan perangkat dengan spesifikasi terbaik.

Misalnya, pilihlah tablet yang dilengkapi dengan processing power, layar seukuran laptop, serta sejumlah fitur untuk memaksimalkan produktivitas karyawan dan return of investment (ROI).

Adapun salah satu tablet enterprise dengan spesifikasi tersebut adalah tablet Zebra L10.

Lalu, kelebihan apa saja yang dimiliki oleh Zebra L10? Berikut ulasannya.

  1. Tablet serbaguna bagi pekerja

Zebra L10 adalah salah satu tablet paling serbaguna yang ada di pasaran saat ini. Tablet ini memiliki dua sistem operasi (OS) berbasis Android dan Windows serta lima central processing unit (CPU).

Sebagai informasi, OS Zebra L10 dapat di-upgrade hingga Android 14. Selain itu, OS tersebut juga dilengkapi dengan sistem keamanan dan manageability untuk kelas perusahaan.

Pada bagian dapur pacu, Zebra L10 Android dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 octa-core 2.2 gigahertz (GHz) sehingga memiliki performa ngebut dan kompatibilitas dengan perangkat Zebra berbasis Android yang lain.

Sementara pada Zebra L10 berbasis Windows 10 Pro, perangkat ini dilengkapi dengan prosesor Intel Pentium N4200 1.10 GHz untuk menyajikan performa komputasi dan aplikasi yang maksimal.

Tak hanya itu, perangkat tersebut juga memiliki desktop apps yang mudah diintegrasikan serta fitur keamanan dan produktivitas terbaru.

Adapun pada L10ax yang berbasis Windows, Zebra menyediakan tiga pilihan CPU yang powerful, yaitu: 11th Gen Intel Core i7 vPro 2.20 GHz, 11th Gen Intel Core i5 vPro 1.80 GHz, dan 11th Gen Intel Core i5 2.40 GHz.

Berkat kelebihan tersebut, penggunaan Zebra L10 dapat disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan individu dan bisnis.

Adapun Zebra L10 hadir dengan pilihan tiga model yang bisa dikustomisasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan perusahaan.

Pertama, model XSLATE 10. Tablet ini cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi berkat desainnya yang portabel dan kompak.

Kedua, XPADad L10. Perangkat ini hadir untuk menunjang para pekerja di bidang layanan, utilitas, manufaktur, gudang, dan logistik.

Perlu diketahui, tablet tersebut cocok untuk penggunaan intensif berkat handle-nya yang kuat sehingga mudah untuk dibawa ke mana pun. Selain itu, XPADad L10 juga dilengkapi dengan barcode reader.

Ketiga, XSLATE L10. Untuk yang membutuhkan tablet yang dapat berfungsi sebagai laptop, tablet ini adalah jawabannya.

Sebab, XSLATE L10 dapat memberikan pengalaman tersebut melalui keyboard yang dilengkapi dengan aksesori kick trap.

Berkat itu, tablet tersebut ideal untuk menunjang aktivitas entri data saat sedang di mana saja.

Untuk bagian layar, Zebra L10 didukung dengan layar berukuran 10 inci yang dilengkapi dengan berbagai pilihan teknologi touch panel berdasarkan aplikasi dan lingkungan Zebra.

Sebagai contoh, terdapat varian Zebra L10 yang memiliki panel layar capacitive 1.000 nit dengan teknologi view anywhere agar layar tetap terlihat jelas meski berada di bawah paparan sinar matahari.

Ada juga varian yang memiliki layar 1.000 nit Wacom Active Digitizer dengan teknologi view anywhere yang ditambahkan kemampuan untuk membuat tanda tangan, mencatat, memberikan anotasi, dan menggambar meskipun dalam kondisi basah.

  1. Punya fitur powerful

Sebagai tablet enterprise dengan kinerja pemrosesan yang powerful, koneksi nirkabel cepat, dan andal, Zebra L10 juga diperkaya dengan berbagai fitur untuk memaksimalkan efisiensi dan produktivitas pekerja.

Semua fitur tersebut dihadirkan agar penggunanya dapat membuat alur kerja dengan lebih efisien, mengotomatisasi pengambilan data, dan meningkatkan kolaborasi antarpekerja.

Adapun salah satu fitur unggulan yang ada pada Zebra L10 adalah Form Factor Xpad. Dengan fitur ini, pekerja dapat memindai barcode dengan menekan tombol scan yang didesain secara khusus.

Tak hanya itu, dengan mesin pemindai kelas enterprise yang terintegrasi dengan teknologi PRZM Intelligent Imaging dari Zebra, pekerja juga bisa merekam setiap barcode pada hampir semua kondisi, baik itu dalam keadaan kotor, rusak, maupun tergores.

Untuk dokumentasi, Zebra L10 dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13 megapiksel (MP) dan kamera depan, dengan rincian 5 MP untuk tipe Android dan 2 MP untuk tipe Windows.

Dengan resolusi tersebut, Zebra L10 bisa merekam foto dan video dalam kualitas tinggi.

Sebagai catatan, kamera depan Zebra L10 tipe Windows bisa digunakan untuk facial recognition dan aktivitas video call.

Adapun untuk menunjang keamanan, Tablet Zebra L10 telah didukung dengan sejumlah fitur, seperti CAC/smart card readerfingerprint, Kensington lock slot, dan trusted platform module (TPM) 2.0.

  1. Desain tangguh dan tahan lama

Berbeda dengan tablet consumer, tablet enterprise dirancang agar dapat dioperasikan pada lingkungan kerja paling menantang dan berbahaya.

Oleh karena itu, tak heran bila Zebra L10 didesain dengan frame magnesium yang lebih kuat dari baja dengan berat yang lebih ringan dibandingkan aluminium.

Kelebihan desain itu membuat Zebra L10 juga cocok untuk digunakan pada lokasi konstruksi, pergudangan, dan area kerja ekstrem lainnya.

Zebra L10 punya desain kokoh dan tangguh. 

Dok. Zebra Tech Zebra L10 punya desain kokoh dan tangguh.

Selain kokoh, tablet tersebut juga memiliki daya tahan yang baik sehingga dapat digunakan pada kondisi ekstrem, baik panas maupun dingin.

Untuk menambah ketangguhan Zebra L10, tablet ini juga dilengkapi dengan teknologi IP65 sehingga memiliki daya tahan yang baik dari paparan air dan debu.

Tak sampai di situ, tablet L10x memiliki ketangguhan standar militer, serta sudah lolos tes MIL-SRD 810H dan MIL-STD 810G.

Berkat itu, L10x tahan jatuh dari ketinggian 1,8 meter ke lantai plywood atau 1,2 meter ke lantai beton.

Adapun pada bagian layar, L10x diperkuat dengan kaca antigores dan antibenturan Ultra-strong Corning Gorilla Glass.

Tablet tersebut juga bisa bertahan dalam suhu beku -20° Celsius (C) dan suhu panas 60°C.

Terakhir, L10x juga telah tersertifikasi Class 1 Division 2 sehingga aman digunakan di lingkungan berbahaya seperti cairan, gas, dan uap yang mudah terbakar.

  1. Konektivitas lengkap

Zebra L10 dilengkapi dengan berbagai konektivitas agar pengguna dapat terhubung ke kolega, pelanggan, dan sistem bisnis.

Untuk Zebra L10ax yang berbasis Windows, perangkat ini juga dilengkapi dengan wireless fidelity (Wi-Fi) 6E termasuk spektrum 6 GHZ terbaru untuk menghasilkan kapasitas jaringan yang lebih besar, kecepatan yang lebih tinggi, dan latensi lebih rendah.

Sedangkan L10 didukung dengan teknologi 802.11ac dan 2x2 MU-MIMO untuk meningkatkan kapasitas dan efisiensi jaringan Wi-Fi 5.

Demi menunjang mobilitas dan menjangkau pekerja dari berbagai belahan dunia, termasuk di kawasan terpencil, tablet Zebra L10 sudah didukung dengan jaringan seluler.

Pada model L10ax, jaringan tersebut dapat dipilih secara manual sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk model L10 berbasis Android maupun L10 berbasis Windows Pentium hanya didukung jaringan 4G.

Untuk kolaborasi tim yang lebih baik, Zebra L10 juga dilengkapi Zebra Workforce Connect yang merupakan fitur komunikasi push-to-talk (PTT). Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengirimkan pesan teks.

Saat berada di dalam kendaraan, konektivitas Zebra L10 bisa tetap lancar berkat adanya lima pass-through antenna port.

Fitur tersebut berfungsi untuk meningkatkan sinyal global positioning system (GPS), Wi-Fi, dan seluler di dalam mobil. Dengan begitu, Anda bisa berkomunikasi dengan lancar meskipun sedang terkendala kualitas sinyal yang buruk.

Tablet Zebra L10 juga didukung dengan Bluetooth 5.2 sehingga mudah terhubung dan berbagi data dengan perangkat lain.

Anda juga bisa memanfaatkan Bluetooth Low Energy (BLE) untuk menghemat baterai.

Sedangkan demi menunjang transaksi keuangan ataupun akses ke kantor tanpa sentuhan, tablet tersebut sudah dilengkapi dengan near-field communication (NFC) untuk tipe L10 Android dan L10ax Windows. Sementara untuk model L10 Windows, fitur NFC tersedia secara opsional.

  1. Punya layanan maintenance

Di tengah ketatnya iklim kompetisi bisnis, sistem perangkat yang mengalami down time adalah bencana. Sebab, hal ini dapat merusak alur yang tengah dibangun dan tak jarang menyebabkan kerugian.

Adapun untuk mengantisipasi kondisi tersebut, Zebra telah menyediakan layanan maintenance plan berupa paket Zebra OneCare kepada konsumen.

Untuk diketahui, paket tersebut terdiri dari dua macam layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan urgensi bisnis serta dapat pula ditambahkan layanan add-on macam Zebra Device Commissioning ataupun maintenance baterai.

Pertama, Zebra OneCare Essential. Paket ini menawarkan proteksi yang komprehensif terhadap penggunaan perangkat sehari-hari.

Zebra Tech siapkan layanan manitenance untuk Zebra L10. 

Dok. Zebra Tech Zebra Tech siapkan layanan manitenance untuk Zebra L10.

Pada paket tersebut, konsumen akan mendapatkan dukungan panggilan telepon selama jam kerja, penyelesaian perbaikan dalam tiga hari, update software dan security dengan visibilitas proses perbaikan melalui cloud berbasis VisibilityIQ OneCare. 

Kedua, Zebra OneCare Select. Paket ini meliputi seluruh layanan paket Zebra OneCare Essential ditambah dengan dukungan telepon dari agen setiap saat selama 24/7, penggantian perangkat dalam yang didukung pre-loaded dengan settingansoftware, aplikasi, dan OS sesuai yang dipakai perusahaan. Pada Zebra L10 Android, paket ini juga mendapat penambahan layanan LifeGuard.

Selain tambahan tersebut, ada juga layanan Zebra Device Commissioning agar tablet bisa langsung dipakai kerja setelah di-service.

Sementara itu, terdapat pula layanan Enhanced Shipping Logistics untuk mendukung pengiriman yang lebih baik dan cepat saat tablet akan ataupun selesai dari perbaikan.

Dukungan tambahan juga diberikan melalui layanan battery maintenance untuk mengoptimalisasi performa dan penggantian untuk perangkat yang kapasitas baterainya tak bisa mencapai minimal 80 persen.

Sebagai informasi, Anda dapat menikmati semua fitur pada Zebra L10 dengan durasi yang lama karena swappable battery pada Zebra L10 bisa bertahan selama 9,5 jam. Anda juga bisa memilih opsi extended battery untuk penggunaan hingga 25 jam.

Selain itu, Zebra L10 juga sudah didukung dengan mode Hot Swap agar pengguna bisa mengganti baterai tanpa mematikan perangkat.

Jadikan produktivitas tenaga kerja Anda meningkat dengan Seri L10 dari Zebra, tablet Android serbaguna dan tangguh yang didesain untuk perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi tautan berikut.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.