Advertorial

Gelar 12th Annual HR Conference, DataOn Luncurkan Sunfish Workplaze

Kompas.com - 11/11/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan penyedia solusi untuk human resources (HR), enterprise resource planning (ERP), dan akuntansi terkemuka, DataOn, kembali menggelar konferensi tahunan DataOn’s 12th Annual HR Conference di Sheraton Grand Hotel, Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu (9/11/2022).

Sebagai informasi, acara tersebut didukung oleh sejumlah pihak, yakni Halodoc, AWS, Atalian, Fitbit, Giftee, Executrain, dan Ann's Bakehouse & Creamery, serta Kompas.com sebagai salah satu rekan media.

Adapun pada gelaran bertema “The Future of Work” itu, DataOn menghimpun sekitar 1.200 praktisi HR dan teknologi informasi (TI) untuk membahas disrupsi yang terjadi pada bidang HR akibat pandemi Covid-19.

Konferensi tersebut juga membahas langkah yang bisa dilakukan oleh HR untuk perusahaan di tengah kemunculan tren sistem kerja baru, seperti waktu kerja fleksibel, tim global, dan work from home (WFH).

Strategi yang didapat dari kegiatan itu juga akan menjadikan para praktisi HR dapat bertransformasi lebih besar lagi dalam segi peran. Mereka tak hanya menjadi administrator sumber daya manusia (SDM), tapi juga mitra bisnis.

Untuk diketahui, selain menjadi wadah perumusan solusi, DataOn juga menghadirkan solusi terkait isu-isu dunia HR dengan meluncurkan platform terbaru, yakni Sunfish Workplaze.

Sunfish Workplaze merupakan platform digital business-to-business-to-employee (B2B2E) yang dapat membantu karyawan agar bisa bekerja lebih baik dan sejahtera. Peluncuran platform ini ditampilkan dengan memukau melalui atraksi dancelight emitting diodes (LED) yang meninggalkan kesan futuristik.

Chief Executive Officer (CEO) DataOn sekaligus Chief Technology Officer (CTO) Humanica Gordon Enns memaparkan, pihaknya membangun Sunfish Workplaze selama lebih kurang 2,5 tahun.

Platform tersebut, lanjut Gordon, dilengkapi dengan inovasi baru dan fungsi tambahan yang lebih lengkap ketimbang platform sebelumnya. Contohnya, fitur automasi administrasi dan pengembangan SDM yang memanfaatkan big data.

“Kami juga menyisipkan akses baru bagi supporting karyawan. Dengan fitur ini, karyawan dapat mengakses sistem sebagai bentuk partisipasi untuk mencapai tujuan pengelolaan SDM yang baik,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (11/11/2022).

Dengan inovasi tersebut, lanjut Gordon, Sunfish Workplaze dapat menjadi solusi yang membuat bisnis perusahaan selangkah lebih maju dalam pengelolaan SDM. Dengan demikian, kesuksesan jangka panjang perusahaan juga dapat terjamin.

Hadirkan pembicara ternama dan hiburan menarik

Dalam membahas persoalan di bidang HR, DataOn’s 12th Annual HR Conference menghadirkan sederet figur terkemuka.

Adapun pemandu acara di panggung utama konferensi diserahkan kepada publik figur Dewi Kumala. DataOn juga menghadirkan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo untuk memberikan opening speech mengenai tren dan tantangan perusahaan dalam menghadapi era persaingan yang semakin ketat.

Dalam sambutannya, Anggoro juga berbicara tentang fenomena disrupsi yang tengah berkembang secara masif akibat transformasi digital sengga perlu diperhatikan praktisi HR.

Kemudian, hadir praktisi HR papan atas, yakni Chief Operating Officer (COO) Ann’s Bakehouse & Creamery Sylvanus Hardiyanto yang juga merupakan HR and Organization Consultant. Pada konferensi tersebut, ia memaparkan analisis mendalam tentang perubahan dalam manajemen karyawan.

Selanjutnya, hadir Chief People and Corporate Strategy Officer DANA Agustina Samara. Agustina membawakan presentasi mengenai langkah HR sebagai mitra strategis organisasi dalam membangun budaya dan mengembangkan bakat karyawan.

Hadir pula tokoh HR terkemuka Pambudi Sunarsihanto yang kini menjabat sebagai Human Resources Director Blue Bird Group. Ia membeberkan wawasan menarik mengenai iceberg HR dan objective key results (OKR) sebagai penggerak untuk mengukur hasil.

Selain menghadirkan tokoh terkemuka di bidang HR, DataOn juga mendatangkan dua pimpinan perusahaan terkemuka untuk hadir sebagai pembicara. Kedua pembicara itu adalah CEO Atalian Global Services Indonesia Yohanes Jeffry Johary dan Transformation Integration and Technology Director Atalian Global Services Indonesia Meindi Firmansyah.

Yohanes dan Meindi memaparkan topik tentang kiat-kiat memimpin perubahan dan menjelajah turbulensi. Kiat-kiat ini bisa dilaksanakan perusahaan dengan meningkatkan kemampuan beradaptasi organisasi, proses, sistem dan teknologi.

Selanjutnya, DataOn memaparkan topik mengenai perubahan kebutuhan karyawan dan tunjangan fleksibel. Materi ini dibawakan Head of Employee Benefits Anna Miettinen.

Selain menghadirkan pembicara dari Tanah Air, Data On juga menghadirkan sejumlah pembicara dari perusahaan internasional untuk ikut memberikan wawasan mendalam mengenai SDM.

Adapun pembicara internasional dalam gelaran tersebut adalah Co-Founder Lighthouse Consulting Akshat Joshi yang mengungkapkan resep rahasia dalam transformasi SDM. Kemudian, ada COO Commercial and International Business Serene Lim yang memaparkan fungsi SDM sebagai layanan dan urgensi perusahaan dalam bertransisi ke layanan SDM.

Selama acara berlangsung, DataOn juga menyediakan hiburan di area pameran yang diisi oleh berbagai stan dari rekan perusahaan, area demo, dan sesi breakout mengenai software Sunfish Workplaze.

Ada pula permainan menarik, seperti gim golf virtual, tarot reader, dan spin 360 photo booth.

Sebagai penutup, konferensi tersebut diakhiri dengan penampilan meriah dari Marcello Tahitoe atau Ello yang mengajak seluruh peserta untuk menyanyi bersama.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com