Advertorial

MMA Global Indonesia Umumkan Pemenang SMARTIES Indonesia Awards 2022

Kompas.com - 14/11/2022, 17:11 WIB

KOMPAS.com – Asosiasi perdagangan pemasaran terkemuka di Indonesia, MMA Global Indonesia, mengumumkan para pemenang ajang SMARTIES Indonesia Awards 2022 yang digelar di Ritz-Carlton, Jakarta, Jumat (11/11/2022). Penghargaan ini diberikan kepada organisasi, brand, agensi, pemasaran, dan periklanan profesional yang telah menciptakan dampak serta mendorong pertumbuhan di bidang teknologi dan inovasi.

SMARTIES Indonesia Awards 2022 memberikan penghargaan untuk 7 kategori serta beberapa subkategori dengan peringkat Gold, Silver, dan Bronze. 

Adapun kategori utama penghargaan tersebut adalah Marketing Impact, Purpose Driven Marketing, Impact Media, Experience Technology, Web 3.0, E-Commerce Marketing, dan Creative. Para pemenang penghargaan dipilih oleh panel juri yang terdiri dari 24 orang pakar industri terkemuka.

Country Head dan Board of Director MMA Global Indonesia Shanti Tolani mengatakan, pihaknya selalu berdedikasi untuk mengikuti evolusi dalam lanskap pemasaran dan periklanan yang sustainable. Oleh karena itu, SMARTIES Indonesia Awards 2022 dinilai telah mencerminkan dinamika industri saat ini.

“Penghargaan SMARTIES memainkan peran penting dalam industri ini. Gelaran ini telah menyatukan bakat terbaik yang dimiliki di Indonesia dan memberi kesempatan untuk mendapatkan visibilitas serta pengakuan atas beberapa karya hebat sekaligus untuk memajukan dialog tentang arah industri,” kata Shanti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (14/11/2022).

Shanti menambahkan, Indonesia telah melalui transformasi besar di bidang ruang digital. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk menavigasi arah perkembangan industri digital. Meski begitu, dirinya optimistis bahwa industri digital di Indonesia mampu mengatasi kendala di masa depan dan bisa terus tumbuh serta berkembang.

“Saya berharap, semua peserta dan pemenang terus sukses pada tahun-tahun mendatang. Saya juga ingin berterima kasih kepada panel juri ahli kami atas dedikasi, wawasan, dan netralitas mereka dalam acara ini,” ujar Shanti.

Sebagai informasi, SMARTIES Indonesia Award 2022 menerima 400 entri yang mencakup lebih dari 20 kategori. Kemudian, tim pre-screener yang beranggotakan 55 orang menilai dan memilih 127 entri dari keseluruhan peserta.

Para juri juga melakukan pertemuan selama dua hari untuk melakukan penilaian yang dipimpin oleh Direktur PT Rekso Nasional Food (McDonald’s Indonesia) Michael Hartono dan President Director Johnson and Johnson Indonesia Sawan Malik. Seluruh tahapan penjurian diawasi oleh Commercial Director Media Gesellschaft für Konsumforschung (GfK) Lee Risk dan Director Media APAC GfK Giacomo Catanoso.

Sawan Malik mengaku terkesan dengan jajaran talenta yang luar biasa dalam menciptakan kampanye yang kreatif dan pemahaman yang mendasar tentang ekosistem digital. Menurutnya, kreativitas telah mendorong kemajuan industri kreatif dan teknologi. 

“Saya ingin menyampaikan selamat kepada semua peserta terpilih dan para pemenang atas pencapaian mereka. Itu (SMARTIES Indonesia Award 2022) adalah kontes yang sulit. Kami melihat beberapa pemikir paling cemerlang di industri ini mengedepankan yang terbaik,” ucap Sawan.

Sementara itu, Michael Hartono mengatakan bahwa kualitas entri pada SMARTIES Indonesia Awards 2022 menjadi bukti ketahanan dan kecerdikan para profesional dalam ekosistem digital yang berkembang pesat. Ia menilai, ajang ini telah memberikan keseimbangan yang baik antara kreativitas dan teknologi secara positif.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada semua pemenang dan entri terpilih untuk karya teladan mereka. Industri ini secara keseluruhan telah menganut pendekatan yang mengutamakan digital dan karya. Saya menantikan apa yang akan terjadi di masa depan dalam hubungan antara periklanan dan pemasaran,” papar Michael.

Pada kesempatan sama, Lee Risk juga mengucapkan selamat kepada para pemenang SMARTIES Indonesia Award 2022. Menurutnya penghargaan ini akan menjadi tolok ukur keunggulan serta menginspirasi orang lain untuk ikut berkarya.

“Penghargaan SMARTIES menampilkan karya terbaik di industri ini. Entri yang saya temui tahun ini sangat orisinal, inovatif, dan yang terpenting berdampak,” imbuh Lee.

Selain penghargaan, SMARTIES Indonesia Awards 2022 juga meresmikan peluncuran non-fungible token (NFT) pertamanya yang dibuat oleh seniman Brasil Adhemas Batista.

Daftar seluruh pemenang SMARTIES Indonesia Awards 2022 dapat dilihat melalui tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com