Advertorial

Layanan Ride-Hailing inDrive Bertransformasi, Hadirkan Layanan Baru

Kompas.com - 15/11/2022, 16:10 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan layanan ride-hailing berbasis aplikasi, inDriver, melakukan perubahan terhadap merek dagangnya menjadi inDrive. 

Tak hanya itu, layanan yang diberikan perusahaan tersebut juga berkembang ke sejumlah sektor, seperti teknologi finansial (fintech), e-commerce, pengiriman makanan, dan peningkatan program nirlaba berskala besar.

Transformasi itu diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen dengan harga terjangkau, baik di bidang transportasi maupun layanan pesan antar. 

Untuk diketahui, kehadiran inDriver memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat, seperti pembukaan lapangan kerja, pemenuhan kebutuhan rumah tangga, transportasi, dan pesan antar, serta pengiriman barang atau kargo. Karena itu, perkembangan perusahaan ini dinilai mampu melampaui layanan ride-hailing lainnya. 

Diberitakan Kompas.com, Selasa (11/10/2022), Director of Ride-Hailing (APAC) inDrive Roman Ermoshin mengatakan, rebranding yang dilakukan merupakan bentuk transformasi inDrive sebagai satu grup perusahaan dan program pengembangan nirlaba yang memiliki tujuan secara menyeluruh. Kini, perusahaan berevolusi menjadi marketplace untuk layanan perkotaan. 

Tampilan baru pada platforms inDrive 

Dok. inDrive Tampilan baru pada platforms inDrive

Selain perubahan merek dagang dan pengembangan layanan, inDrive juga melakukan penataan ulang terhadap visi, misi, dan nilai perusahaan agar sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Perusahaan menilai, penataan ulang terhadap faktor internal memiliki peran penting untuk menjaga keutuhan tim sekaligus membina hubungan yang lebih erat dengan konsumen.

Adapun untuk menyelaraskan perubahan tersebut, perusahaan akan mengalokasikan sumber daya yang lebih besar untuk proyek nirlaba di bidang teknologi informatika (TI), pendidikan, keselamatan lingkungan, kesehatan, seni, dan olahraga.

Pada bidang pendidikan, misalnya, inDrive telah meluncurkan layanan BeginIT. Layanan ini hadir untuk membantu anak yatim dan anak dari keluarga berpenghasilan rendah agar dapat memperoleh pendidikan awal di bidang TI.

Keberadaan layanan tersebut diharapkan dapat terus bertumbuh agar perusahaan dapat memberikan akses pendidikan secara adil bagi masyarakat.

Hadir untuk menantang ketidakadilan

Platform inDriver diluncurkan pada 2012 di Yakutsk, Rusia. Layanan ride-hailing ini hadir untuk merespons kebutuhan transportasi masyarakat, terutama taksi dengan tarif yang adil dan bersahabat bagi semua kalangan.

Untuk diketahui, skema tarif transportasi di Yakutsk kala itu dinilai kompleks dan tidak transparan. Kehadiran inDriver lantas mendobrak kebiasaan tersebut dengan menerapkan tarif layanan yang bisa dinegosiasi. Hal ini pun tergambar dengan jelas pada logo perusahaan yang bermakna kekuatan untuk menantang ketidakadilan.

Penumpang dapat menegosiasikan tarif secara langsung dengan mitra inDrive. 

Dok. inDrive Penumpang dapat menegosiasikan tarif secara langsung dengan mitra inDrive.

Perusahaan percaya bahwa harga yang dapat dinegosiasikan secara langsung oleh pelanggan adalah cara yang adil agar masyarakat dapat menikmati layanan transportasi secara layak. Penetapan harga demikian juga berlaku bagi pelanggan inDriver di seluruh dunia.

Visi yang diusung inDrive pun direspons positif oleh masyarakat di seluruh dunia. Ini terbukti dari penetrasi aplikasi inDriver di 707 kota di 47 negara yang tersebar di lima benua. Bahkan, penggunaan harian aplikasi inDriver diklaim mencapai lebih dari 4 juta transaksi secara global.

Tak hanya itu, aplikasi inDrive juga berhasil menjadi layanan ride-hailing terbesar kedua yang paling banyak diunduh pada platform Play Store dan AppStore dengan total lebih dari 150 juta unduhan.

Kini, sebagai langkah awal kehadiran inDrive, perusahaan menghadirkan kampanye global dengan konsep memanusiakan teknologi.

Layanan inDrive diharapkan jadi solusi untuk masyarakat yang ingin menggunakan transportasi berkualitas dengan harga terjangkau. 

Dok. inDrive Layanan inDrive diharapkan jadi solusi untuk masyarakat yang ingin menggunakan transportasi berkualitas dengan harga terjangkau.

Lewat gagasan tersebut, inDrive ingin menunjukkan bahwa model peer-to-peer yang diusung perusahaan dengan tidak melibatkan algoritma yang rumit seperti perusahaan lainnya masih jadi cara yang tepat.

Sebab, inDrive percaya bahwa sistem negosiasi langsung yang dilakukan konsumen terhadap penyedia layanan merupakan cara yang adil dan baik bagi semua pihak.

Oleh karena itu, inDrive memodifikasi slogan yang diusung tanpa menghilangkan makna dari visi perusahaan, yakni dari “Orang ke Orang” menjadi “Didorong oleh Orang”.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman resmi inDrive yang ada pada platform Facebook dan Instagram atau klik tautan berikut

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com