Advertorial

Tunjang Gaya Hidup Melek Investasi, Milenial dan Gen Z Lirik Fitur Andal Jago Syariah

Kompas.com - 23/11/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi digital yang makin pesat di Tanah Air mendorong perubahan gaya hidup masyarakat, tak terkecuali kalangan muda, yakni milenial dan generasi Z (Gen Z). Fenomena ini pun mendorong evolusi layanan perbankan.

Seperti diketahui, milenial dan Gen Z identik dengan smartphone yang menjadi salah satu gawai penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari mereka. Berbekal smartphone dan internet, berbagai kebutuhan dipenuhi dengan praktis dan mudah.

Sebagai contoh, membeli makanan melalui aplikasi pesan antar makanan dan melakukan pembayaran dengan dompet digital atau e-wallet sudah jadi keseharian. 

Begitu juga transaksi keuangan, yakni menabung, terima dan kirim uang, serta investasi pun dilakukan melalui ponsel. Belakangan, urusan pengelolaan keuangan memang lebih mudah berkat digitalisasi dan inovasi perbankan.

Adapun salah satu layanan perbankan syariah dengan ekosistem kuat yang mengakomodasi kebutuhan nasabah di era digital adalah Jago Syariah dari PT Bank Jago Tbk. 

Dengan Jago Syariah, nasabah dapat mengelola keuangan sesuai dengan prinsip syariah dan praktis karena dilakukan secara digital.

Kemudahan layanan perbankan digital Jago Syariah dalam menunjang gaya hidup pun diakui oleh sejumlah kalangan muda. Salah satunya, Adam Harefah (29).

Adam menuturkan, tak ada perbedaan signifikan antara Jago Syariah dengan bank konvensional. Terutama, dari aspek pelayanan dan fitur aplikasi digital. 

"Fitur yang ada di Jago Syariah setara dengan aplikasi bank konvensionalnya. Bahkan, penggunaannya lebih mudah karena (aplikasi) mengedepankan user interface (UI) dan user experience (UX) yang ramah bagi pengguna," ujar Adam saat menceritakan pengalamannya menggunakan Jago Syariah kepada Kompas.com, Rabu (9/11/2022).

Transaksi keuangan tersebut juga dapat dilakukan di mana dan kapan saja dengan lebih praktis karena basisnya aplikasi yang dapat diakses dengan mudah dari smartphone.

Adam menilai, Jago Syariah memiliki ekosistem kuat serta berbagai fitur handal yang memudahkannya dalam bertransaksi dan berinvestasi.

Sebagai contoh, lanjut Adam, Jago Syariah sudah terintegrasi dengan GoPay. Berkat layanan ini, ia menjadi lebih mudah saat bertransaksi menggunakan e-wallet.

"Top-up saldo GoPay menjadi lebih mudah karena bisa langsung diisi dari dana yang tersimpan di Jago Syariah tanpa ada biaya tambahan," jelasnya.

Ilustrasi fitur Kantong pada Jago Syariah 

Dok. Bank Jago Ilustrasi fitur Kantong pada Jago Syariah

Kelola keuangan dan investasi jadi lebih mudah

Bagi Adam, penggunaan Jago Syariah amat mendukung gaya hidup masa kini yang serba modern. Sebab, selain memiliki fitur lengkap, Jago Syariah telah didukung dengan ekosistem kuat, termasuk GoPay dan Bibit.

Adam sendiri merasa terbantu karena aplikasi tersebut bisa dipakainya untuk segala urusan. Adam merupakan nasabah Bank Jago sejak 2021. Ia pun langsung tertarik menjadi nasabah Jago Syariah saat PT Bank Jago meresmikan layanan ini pada 2022 .

Adam menilai, kehadiran Jago Syariah menjadi cerminan baru dalam evolusi digital perbankan berbasis syariah. Dengan konsep digital, Jago Syariah menjadi angin segar bagi kalangan muda untuk melirik bank syariah sebagai layanan perbankan yang praktis, aman, dan berkah.

Apalagi, lanjut Adam, kalangan muda kini makin melek terhadap literasi keuangan dan juga investasi. Kebutuhan akan kemudahan layanan investasi dan pengelolaan keuangan pun diakomodasi oleh Jago Syariah.

Kini, Adam lagi getol berinvestasi reksa dana menggunakan Bibit melalui Jago Syariah. Untuk urusan yang satu ini, ia menggebu-gebu menceritakannya.

Ia menjelaskan, sebelum menggunakan Jago Syariah, tahapan transfer dana investasi ke Bibit cukup panjang. Namun, sejak dirinya menjadi nasabah Jago Syariah, urusan tersebut menjadi lebih gampang. Terlebih, dana yang diinvestasikan turut terbaca pada fitur Kantong di layanan Jago Syariah miliknya.

“Kalau pakai Jago Syariah hanya seperti pindah kantong saja. Untuk investasi reksa dana Bibit, saya punya Kantong Investasi di aplikasi Jago Syariah untuk memudahkan top-up. Dana yang tersimpan di Kantong Investasi tinggal dipindahkan ke produk reksa dana Bibit. Nominal saldo Jago Syariah pun tetap terlihat utuh meski dana tersebut sudah dipindahkan ke Bibit,” terang Adam.

Ilustrasi portofolio investasi reksa dana Bibit pada Jago Syariah 

Dok. Bank Jago Ilustrasi portofolio investasi reksa dana Bibit pada Jago Syariah

Adam menilai, UX Jago Syariah menjamin kenyamanan dan rasa aman nasabah dalam berinvestasi. Secara psikologis, dana nasabah tidak berkurang karena nominal total keseluruhan tabungan tetap utuh.

Guna mengontrol pengeluaran, imbuh Adam, Jago Syariah secara berkala memberikan laporan berupa analisis pengeluaran yang tersedia di aplikasi. Laporan ini menginformasikan sejumlah catatan pengeluaran dan pemasukan nasabah dalam periode tertentu.

“Itu (laporan catatan keuangan) enaknya lagi dari Jago Syariah. Fitur Analisis Pengeluaran tersebut menginformasikan catatan pengeluaran paling banyak pada kategori apa. Dengan begitu, nasabah bisa mengetahui apa saja transaksi terbesar dalam sebulan sehingga bisa dievaluasi agar pada bulan berikutnya keuangan tak boncos,” kata Adam.

Bagaimana, kamu makin siap mengatur keuangan agar gaya hidup, menabung dan investasi makin seimbang? Unduh Jago Syariah untuk menjajal kemudahan serta fitur-fitur perbankan digital syariah yang andal.

PT Bank Jago Tbk berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan peserta penjaminan LPS. Jago Syariah sesuai dengan fatwa DSN MUI dan disupervisi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.