Advertorial

Wajib Dikoleksi, Ini 5 Jersey Kandang dan Tandang Timnas Unggulan di Piala Dunia 2022

Kompas.com - 24/11/2022, 10:48 WIB

KOMPAS.com - Piala Dunia 2022 sudah bergulir. Turnamen sepak bola antarnegara yang dihelat empat tahun sekali oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA) ini menyajikan trofi bergengsi yang diidamkan banyak negara.

Segala hal tentang ajang sepak bola tersebut tak luput dari sorotan mata dunia, termasuk jersey yang digunakan tim nasional (timnas) yang ikut Piala Dunia, baik jersey kandang maupun tandang.

Sebagai informasi, warna seragam kandang adalah atribut utama tim yang juga mewakili identitas timnas. Sementara, jersey tandang biasanya memiliki warna kontras dari jersey kandang agar berbeda dengan beberapa tim yang memiliki warna jersey kandang sama.

Berikut adalah lima jersey kandang dan tandang ikonik dari timnas unggulan di Piala Dunia 2022. Kelima jersey ini wajib dikoleksi, lho.

  1. Jersey Argentina

Di Piala Dunia 2022, jersey kandang Argentina dirancang oleh Adidas dengan menampilkan skema garis-garis putih dan biru muda serta garis tiga klasik pada bagian pundak. Jersey Argentina terinspirasi dari berbagai kemenangan negara ini.

Sementara, jersey tandang Argentina berwarna ungu yang menggambarkan kesetaraan dunia, lalu dikombinasikan dengan grafis api yang mengacu pada bendera Argentina, “Sun of May”.

  1. Jersey Inggris

Jersey Inggris pada Piala Dunia 2022 mengusung desain retro, yakni menampilkan seragam yang digunakan saat Euro 1996. Seragam kandang yang dipilih masih menggunakan warna khas Inggris, yakni putih. Di bagian bahu, jersey ini menampilkan aksen gradasi biru.

Kemudian, di bagian dada kiri diperindah dengan logo timnas Inggris, The Three Lions–gambaran tiga singa yang dilapisi sudut tajam untuk meniru tanda cakar.

Kontras dengan warna seragam kandang, jersey tandang Inggris justru menampilkan warna merah. Jersey ini pernah digunakan pada Piala Dunia Italia 1990. Warna merah ini dipadukan dengan kerah dan aksen tiga singa berwarna biru dongker.

  1. Jersey Belanda

Belanda tampil dengan jersey kandang khas berwarna oranye. Akan tetapi, pada Piala Dunia 2022, timnas Belanda memberi aksen berbeda dari sebelumnya. Timnas memilih aksen warna gelap, yakni hitam, pada seragam kandangnya.

Kemudian, untuk jersey tandang, Belanda mengambil warna biru yang dipadukan dengan warna hitam dan merah. Jersey Belanda yang dibuat oleh Nike ini menampilkan aksen Habanero Red.

  1. Jersey Brasil

Pada Piala Dunia kali ini, Brasil masih menggunakan warna khasnya, yakni warna kuning yang dipadukan dengan warna hijau dan biru. Jersey Brasil kali ini hadir dengan detail kancing di bagian dada dan kerah tiga warna yang menyerupai bendera negara tersebut.

Adapun untuk seragam tandang, timnas Brasil akan mengenakan jersey berwarna dasar biru dengan aksen hijau muda di lengan dan swoosh Nike.

  1. Jersey Jerman

Jersey kandang timnas Jerman di Piala Dunia 2022 berbeda dari penyelenggaraan turnamen sepak bola lain. Kali ini, Jerman menghadirkan jersey kandang dengan garis vertikal tebal berwarna hitam dan putih sebagai penghormatan pada kemeja pertama di negara ini.

Untuk menambah kesan modern, jersey Jerman diberi lambang negara dan logo Adidas di bagian tengah kaus, serta warna bendera nasional di bagian kerah yang terlihat ramping.

Sementara pada jersey tandang, Jerman memilih warna merah ceri berpadu warna hitam yang terinspirasi dari warna bendera nasional. Jersey Jerman ini juga menampilkan pola D samar yang berarti Deutschland.

Itulah lima jersey kandang dan tandang timnas unggulan di Piala Dunia 2022 yang wajib dikoleksi dan digunakan saat menonton bersama atau nobar.

Berbagai jersey timnas favorit di Piala Dunia 2022 tersebut bisa didapatkan secara online melalui berbagai marketplace atau e-commerce, seperti Tokopedia.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.