Advertorial

Pesta Rakyat Simpedes Dukung 150 UMKM di Mojokerto Terus Bertumbuh

Kompas.com - 26/11/2022, 17:11 WIB

KOMPAS.com – Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 ke-10 di Mojokerto, Jawa Timur (Jatim), resmi dibuka pada Jumat (25/11/2022).

Acara yang berlangsung hingga Minggu (27/11/2022) itu merupakan bentuk komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

Acara tersebut juga digelar untuk membantu pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta memberikan layanan utuh kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes.

Demi mengelola dana nasabah lebih baik, BRI menginovasikan Tabungan Simpedes BISA. Tabungan ini kini memiliki tiga fitur sekaligus, yaitu transaksi dan tabungan (saving), investasi, serta proteksi.

Untuk diketahui, PRS 2022 Mojokerto mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan” yang meliputi Pede Bekerja, Pede Berbisnis, dan Pede Mengelola Keuangan.

Regional Micro Banking Head Regional Office (RO) BRI Surabaya Doddy Koesharsanto mengatakan, lewat tema tersebut, pihaknya berharap agar UMKM setempat lebih percaya diri (pede) dalam berbisnis.

“Kami juga mengedukasi pengunjung untuk menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Hal ini dilakukan demi memaksimalkan penggunaan uang digital sehingga budaya cashless tercipta,” jelas Doddy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (26/11/2022).

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM binaan BRI, Bambang, mengaku terbantu dengan kehadiran program tersebut.

“Selain mendapat bantuan pinjaman modal dari BRI, gelaran pameran tersebut juga membantu kami untuk memperluas pasar,” ujar pengusaha aneka makanan itu.

Sebagai informasi, terdapat enam pilar yang diusung dalam gelaran PRS, yaitu Pasar, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, Panen, dan Panggung.

Adapun pilar Pasar bertujuan untuk menyatukan kebersamaan masyarakat lewat berbagai macam produk menarik dari 150 UMKM unggulan setempat.

Pesta Rakyat Simpedes 2022 ke-10 di Mojokerto menghadirkan berbagai macam produk menarik dari 150 UMKM unggulan setempat. 

Dok. BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022 ke-10 di Mojokerto menghadirkan berbagai macam produk menarik dari 150 UMKM unggulan setempat.

Kemudian, Pojok X’Sis merupakan area tempat bermain dan area pengunjung untuk mengekspresikan diri. Area ini menghadirkan mini stage, seperti menara keberuntungan serta karoke dan TikTok challenge.

Pilar selanjutnya, Peduli, merupakan program corporate social responsibility (CSR) yang diwujudkan lewat pelayanan kesehatan dan potong rambut gratis, serta donor darah.

Sementara itu, Pawai merupakan kegiatan survei, edukasi atau literasi, serta akuisisi BRI Simpedes dan BRImo kepada pedagang pasar. Pada kegiatan ini digelar workshop yang membahas peluang usaha di usia muda, digital transformation, upaya membangun sumber daya manusia (SDM) andal, serta empat poin disciplines of execution.

Lalu, ada pilar Panen yang merupakan acara pengundian hadiah Simpedes dan doorprize berupa motor Yamaha Fazzio untuk pengunjung.

Terakhir, Panggung yang merupakan media hiburan. Komika serta artis lokal dan nasional akan mengisi pilar Panggung.

Untuk PRS di Mojokerto, BRI menghadirkan Kangen Band, Padi Reborn, D’masiv, Nella Kharisma, Rizky Febian, Happy Asmara, dan Dewi Persik.

Demi mewujudkan digitalisasi finansial, pengunjung dapat memasuki area dengan mengunduh aplikasi BRImo dan membayar Rp 1 dengan memindai QRIS di ticket box yang telah disediakan. Selain itu, transaksi yang dilakukan di pasar UMKM juga menggunakan sistem pembayaran cashless.

Informasi secara lengkap mengenai penyelenggaraan PRS 2022 dapat diakses melalui link berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com