Advertorial

Kembangkan Potensi Pura Mangkunegaran sebagai Wisata Warisan Budaya, Injourney Kembangkan Ekosistem Pariwisata Joglosemar

Kompas.com - 28/11/2022, 16:17 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney, mengembangkan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Salah satunya adalah kawasan Borobudur di Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Hal tersebut bertujuan untuk mendorong pengembangan ekosistem pariwisata di Jogja, Solo, Semarang (Joglosemar) sekaligus memperkaya destinasi wisata di Jateng, selain kawasan Borobudur.

Upaya itu diwujudkan Injourney lewat kerja sama dengan Pura Mangkunegaran. Nantinya, istana resmi Kadipaten Mangkunegaran ini akan menjadi bagian dariitinerari wisata di jalur heritage Joglosemar.

Melalui kerja sama tersebut, Injourney akan mempromosikan Pura Mangkunegaran sebagai destinasi pariwisata warisan budaya. Tujuannya untuk mengembangkan gairah sektor pariwisata di kawasan segitiga Joglosemar, khususnya Kota Surakarta atau Solo.

Direktur Utama Injourney Dony Oskaria menilai, Pura Mangkunegaran merupakan salah satu obyek wisata bersejarah yang kerap dikunjungi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Dony menjelaskan, sejak lima bulan terakhir, area Taman Pracima atau Pracima Tuin yang berada di sebelah barat Pura Mangkunegaran telah direvitalisasi.

Nantinya, area tersebut berfungsi sebagai tempat interaksi publik dan kawasan terbuka hijau. Revitalisasi itu ditargetkan selesai pada Desember 2022.

Menurutnya, Pura Mangkunegaran dapat menjadi pelopor percontohan pemanfaatan ruang berkelanjutan yang berwawasan budaya. Hal ini selaras dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat saat ini.

“Kerja sama dengan Pura Mangkunegaran diharapkan dapat menambah lama tinggal (length of stay) dan belanja wisata (spending) wisatawan. Hal ini dapat berdampak positif secara sosio-ekonomi, termasuk meningkatkan pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jateng,” ujar Dony dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, lanjut Dony, Injourney terus berkomitmen untuk mengembangkan destinasi pariwisata di Indonesia. Salah satunya kawasan Joglosemar. Pasalnya, pada periode Januari-Agustus 2022, jumlah wisatawan domestik yang berwisata ke Provinsi Jateng mencapai 26 juta orang.

Pura Mangkunegaran dikenal sebagai salah satu pusat kebudayaan dan pengembangan kesenian di Surakarta.DOK. Injourney Pura Mangkunegaran dikenal sebagai salah satu pusat kebudayaan dan pengembangan kesenian di Surakarta.

Capaian tersebut melampaui target kunjungan wisatawan domestik ke Provinsi Jateng, yakni sebanyak 11 juta pada 2022. Meski demikian, angka ini masih berada di bawah total turis domestik yang berkunjung ke Provinsi Jateng sebelum pandemi Covid-19 yang berkisar 49 juta orang.

“Dengan revitalisasi Pura Mangkunegaran, kami berharap terdapat pertumbuhan dan perkembangan berbagai destinasi wisata lainnya. Dengan demikian, sektor pariwisata Indonesia dapat semakin dikenal dan dikunjungi oleh para wisatawan,” tuturnya.

Pada kesempatan sama, Pengageng Pura Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X menyambut baik kerja sama Injourney dengan pihaknya dalam mengembangkan potensi wisata warisan budaya.

“Melalui kerja sama tersebut, Pura Mangkunegaran dapat dimaksimalkan kegunaannya sebagai pusat pengembangan kesenian, kolaborasi budaya, pemberdayaan UMKM, serta kuliner khas Mangkunegaran,” ujar

Untuk diketahui, Pura Mangkunegaran berdiri secara resmi pada 1757. Kawasan ini merupakan istana resmi Kadipaten Mangkunegaran dan tempat kediaman para Adipati Mangkunegaran.

Hingga saat ini, pura tersebut dikenal sebagai salah satu pusat kebudayaan dan pengembangan kesenian di Surakarta, seperti Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta, Sanggar Tari Surya Sumirat, dan Pasinaon Dalang Mangkunegaran.

Dengan kerja sama tersebut, Injourney berharap dapat mengembangkan potensi Pura Mangkunegaran sekaligus menjadi pelopor percontohan pemanfaatan ruang berkelanjutan.

Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai penting cagar budaya dengan penyesuaian fungsi ruang baru yang sesuai dengan prinsip pelestarian dan nilai budaya masyarakat.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.