Advertorial

Dorong Kemajuan Kreator Konten Asia Tenggara, TipTip Dapat Pendanaan Seri A Senilai 13 Juta Dollar AS

Kompas.com - 29/11/2022, 17:08 WIB

KOMPAS.com - Platform kreator konten, TipTip, mendapatkan pendanaan sebesar 13 juta dollar AS atau setara Rp 205 miliar. Pendanaan tersebut merupakan lanjutan dari pendanaan seed round yang didapatkan TipTip pada awal 2022 senilai 10 juta dollar AS.

Chief of Officer (CEO) sekaligus Founder TipTip Albert Lucius merasa terhormat dan bangga karena mendapat kepercayaan serta dukungan berkelanjutan dari para investor terkemuka di Asia Tenggara dalam pendanaan seri A yang oversubscribed.

“Kami sangat menghargai kemitraan yang terjalin. Kami (juga) akan menggunakan dana ini untuk mempercepat perkembangan platform serta diversifikasi produk, tentunya (dengan) memosisikan TipTip sebagai platform terkemuka bagi kreator konten di Asia Tenggara,” ujar Albert dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (29/11/2022).

Untuk diketahui, East Ventures merupakan investor utama dalam pendanaan tersebut. Kemudian, diikuti beberapa investor partisipan lain, yakni Vertex, SMDV, serta B.I.G Ventures.

Co-founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan bahwa pihaknya percaya terhadap kepemimpinan Albert pada TipTip. Ia turut menyebut pengalaman Albert dalam membangun Kudo. Sebelum diakuisisi oleh Grab pada 2017, platform ini terbukti kuat dalam menghadapi gejolak ekonomi 2023.

Willson berharap, TipTip terus melanjutkan pertumbuhan yang signifikan dengan tetap menerapkan strategi hyperlocal yang terbukti dapat diadaptasi dengan baik, serta membawa perubahan perilaku, baik pada konsumen maupun kreator konten.

“Kami melihat adanya potensi perkembangan yang lebih besar lagi dan kami sangat optimistis untuk terus mendukung TipTip,” tuturnya.

Adapun Managing Partner of Vertex Joo Hock Chua menambahkan bahwa pihaknya percaya dengan pendekatan ekosistem antara kreator, supporter, dan promotor yang dilakukan oleh TipTip. Menurutnya, pendekatan yang dilakukan pihak TipTip cocok untuk memasuki pasar Indonesia yang luas dan tersebar di berbagai komunitas mikro.

“TipTip memiliki keunikan tersendiri dalam memberikan solusi utama terhadap masalah yang dihadapi para kreator konten, yaitu monetisasi dalam ekosistem mereka. Dengan dukungan TipTip, para kreator konten dapat memonetisasi langsung konten mereka tanpa harus bergantung pada algoritma atau iklan,” ujarnya.

Sebagai informasi, TipTip didirikan pada Oktober 2021 oleh Albert Lucius. Platform ini dibuat untuk menghubungkan para kreator konten dengan pengikutnya sehingga para kreator bebas berkarya, serta bisa memasarkan hasil kreasi mereka.

Sejak awal diperkenalkan ke masyarakat pada Juli 2022, TipTip mendapatkan respons pasar yang baik hingga mendapatkan peningkatan revenue lebih dari 20 kali lipat sejak Oktober 2022. Strategi hyperlocal yang diimplementasikan oleh TipTip terbukti meraih sukses dalam menggandeng kegiatan komunitas, baik online maupun offline di lebih dari 40 kota di seluruh Indonesia.

Presiden Komisaris TipTip Triawan Munaf mengatakan bahwa platform tersebut didirikan oleh anak bangsa yang manajemennya didukung para pemimpin andal serta berpengalaman di Asia Tenggara.

“Saya bangga menjadi bagian dari TipTip. Saya juga percaya bahwa TipTip sangat memahami kondisi ekosistem kreator saat ini dan langsung memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi para kreator konten di Asia Tenggara, mulai dari Indonesia,” ujar Triawan.

Triawan menjelaskan, hingga kini, Tiptip telah menjadi wadah bagi lebih dari 2.500 kreator konten dan memiliki lebih dari 30.000 pengguna. Ia yakin, pada awal 2023, TipTip dapat menggandeng lebih dari 30.000 kreator konten dan menambah pengguna sebanyak 300.000.

Perlu diketahui, rata-rata penghasilan yang didapatkan kreator konten serta pengikut setelah 30 hari tergabung aktif di TipTip berkisar Rp 3 juta. Lewat TipTip, kreator konten dapat menjual langsung konten mereka atau melalui jaringan konten promoter. Mereka juga dapat melakukan live session dengan mengundang pengikut mereka.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.