Advertorial

Dukung Fesyen Indonesia ke Kancah Internasional, IFC Gelar SPOTLIGHT Indonesia 2022

Kompas.com - 02/12/2022, 16:47 WIB

KOMPAS.com - Indonesia Fashion Chamber (IFC) menggelar perhelatan fesyen SPOTLIGHT Indonesia 2022 bertema “Celebrating Diversity” di Great Hall Pos Bloc, Jakarta Pusat, mulai dari Kamis (1/12/2022) hingga Minggu (4/12/2022).

National Chairman IFC Ali Charisma mengatakan bahwa SPOTLIGHT Indonesia 2022 menampilkan kekuatan inspirasi lokal pada produk ready to wear yang menjadi ciri khas fesyen Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa wastra Nusantara atau konten budaya lokal yang dikemas dalam wujud kontemporer dan kekinian, menjadi highlight perhelatan tersebut. Dengan begitu, diharapkan fesyen lokal dapat diterima oleh pasar global, bahkan dapat menarik perhatian dunia.

“Kultur Indonesia juga berpotensi menjadi sumber inspirasi dan tren bagi dunia,” ujar Ali dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Sesuai tema yang diusung, lanjut Ali, SPOTLIGHT Indonesia 2022 menampilkan koleksi fesyen berdasarkan suku bangsa Indonesia. Meski demikian, berbagai produk fesyen akan dibuat dengan desain kontemporer atau kekinian.

Ali menuturkan, penggunaan wastra atau material lokal dan pengerjaan tangan merupakan upaya mendukung perwujudan industri fesyen yang berlandaskan prinsip sustainability (berkelanjutan).

SPOTLIGHT Indonesia 2022 menghadirkan sejumlah kegiatan, antara lain fashion show, exhibition, instalasi ethnic textiles, workshop, dan seminar.

Dalam 17 sesi fashion show, acara tersebut melibatkan lebih dari 130 desainer, jenama, dan institusi pendidikan. Seluruh penampil akan menunjukkan berbagai koleksi fesyen, seperti formal wear, casual and streetwear,menswear, hingga modest wear yang mengangkat wastra atau inspirasi budaya Indonesia.

Sementara itu, sesi exhibition akan menghadirkan produk fesyen dari 180 jenama, termasuk instalasi Wastra Indonesia.

Desainer dan jenama yang turut berpartisipasi pada SPOTLIGHT Indonesia 2022 di antaranya adalah Danjyo Hiyoji, Ichwan Thoha, Billy Tjong, Rinda Salmun, RaegitaZoro, Purana, AMOTSYAMSURIMUDA, ALLETS by Stella Lewis, JYK Fashion Label, Gingersnap, Sofie, Deden Siswanto, Eko Tjandra, dan Fomalhaut Zamel.

Kemudian, Lenny Agustin, Mardiana Ika, Nuniek Mawardi, Hannie Hananto, Kursien Karzai, Heaven Lights, VANILLA, Jarum Hijau, Rengganis, Tenun Gaya by Wignyo, Batik Chic, serta Roemah Kebaya Vielga.

Tak hanya karya para desainer kenamaan, karya-karya siswa sekolah mode di Indonesia, baik sekolah menengah kejuruan (SMK) maupun perguruan tinggi juga tampil di SPOTLIGHT Indonesia 2022.

Perhelatan fesyen itu juga menjadi wadah presentasi koleksi digital melalui format “See Now, Buy Now”, yaitu model bisnis yang menjual produk fesyen segera setelah ditampilkan di runway.

Bagi desainer yang siap, karya yang diperagakan bisa langsung dibeli saat itu juga melalui kode quick response (QR) yang terhubung ke e-catalog.

Sebagai informasi, penyelenggaraan SPOTLIGHT Indonesia 2022 didukung oleh para sponsor yang berkomitmen memajukan industri fesyen Tanah Air, seperti Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), LaSalle College, YOU C1000, Wardah, Pos Bloc, Ditali Cipta Kreatif, serta Wastra Indonesia.

Halal Beauty Decorative Marketing Group Head PT Paragon Technology and Innovation, Findi Novia mengatakan bahwa fesyen dan make up adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Oleh karena itu, Wardah di bawah naungan PT Paragon Technology and Innovation berkomitmen untuk mendukung industri fesyen Indonesia.

Findi berharap, kolaborasi tersebut dapat menginspirasi wanita Indonesia untuk bergerak dan berekspresi guna membawa dampak bagi sesama.

“Melalui tema ‘Beauty Forward in Unity’ kami berharap, dapat bersama-sama mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen dunia di kancah internasional,” tutur Findi.

National Sales dan Marketing Manager YOU C1000 Henky Prabowo menjelaskan bahwa YOU.C1000 berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada para desainer muda Indonesia untuk bisa menarik perhatian.

“Kami berharap, SPOTLIGHT Indonesia 2022 dapat berkontribusi nyata dalam mendukung produk-produk lokal, khususnya karya desainer-desainer muda untuk go global,” ujarnya.

Head Marketing Pos Bloc Jakarta Army Sanjaya menjelaskan bahwa pihaknya merasa sangat terhormat karena terpilih sebagai venue pelaksanaan event yang luar biasa.

Menurutnya, konsep SPOTLIGHT Indonesia 2022 sejalan dengan misi dan visi Pos Bloc Jakarta sebagai destinasi cagar budaya yang inklusif, nyaman, dan elegan. 

“Kami aktif berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai komunitas dan pemangku kepentingan di industri kreatif dalam berbagai program, baik seni, budaya, maupun hiburan. Kami berharap, SPOTLIGHT Indonesia 2022 dapat berdampak positif tidak hanya dari segi sosial, tetapi juga terhadap ekonomi lingkungan sekitar,” ujarnya.

Sementara itu, Program Director Fashion Design Lasalle College Indonesia Shinta Djiwatampu mengatakan bahwa LaSalle College Jakarta berkomitmen mengangkat budaya Indonesia melalui fesyen selama lebih dari 10 tahun.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga telah mengarahkan para mahasiswa untuk menggunakan wastra Indonesia atau konten budaya lokal dalam karya-karya mereka yang modern.

“Melalui event SPOTLIGHT inilah, kesempatan bagi kami untuk menampilkan karya-karya mahasiswa kami ke khalayak lebih luas lagi,” ujar Shinta.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com