Advertorial

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Kuliah Kelas Karyawan

Kompas.com - 05/12/2022, 16:05 WIB

KOMPAS.com - Salah satu faktor penting yang menentukan perjalanan karier seseorang adalah kualifikasi pendidikan. Utamanya, terkait peluang mendapatkan posisi atau jabatan dalam sebuah perusahaan serta nominal penghasilan.

Umumnya, semakin tinggi kualifikasi pendidikan seseorang, semakin tinggi pula jabatan dan penghasilan yang bisa diraih.

Sayangnya, tidak semua orang berkesempatan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi setelah lulus dari sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK).

Alasannya beragam, mulai dari keterbatasan dana, kesempatan, hingga ingin langsung bekerja selepas lulus SMA atau SMK.

Tak hanya bagi lulusan baru, menempuh pendidikan di perguruan tinggi juga banyak dilakukan karyawan lulusan SMA atau SMK. Hal ini umumnya dilakukan untuk meningkatkan kompetensi sekaligus peluang mendapatkan posisi yang lebih baik di perusahaan.

Sejumlah perusahaan bahkan memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk meningkatkan potensi melalui jalur pendidikan. Dengan begitu, karyawan dapat berkembang dan berkontribusi lebih untuk perusahaan.

Selain itu, langkah tersebut juga kerap diambil seseorang yang ingin mengubah haluan industri pekerjaan. Sebab, keinginan ini sering kali terhalang oleh perbedaan kualifikasi pendidikan yang dimiliki dengan posisi atau industri tujuan.

Adapun kelas karyawan menjadi salah satu opsi bagi individu yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan, termasuk sarjana, seraya bekerja di perusahaan.

Biasanya, program tersebut memberikan waktu yang fleksibel. Karyawan dapat mengikuti perkuliahan dari mana dan kapan saja. Dengan begitu, karyawan dapat meningkatkan kompetensi tanpa harus absen dari kewajibannya sebagai pegawai perusahaan.

Sebelum memutuskan untuk mengambil program kelas karyawan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Ini penting agar proses belajar bisa dilakukan dengan baik di tengah kesibukan sebagai pekerja. 

Berikut adalah 3 hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengikuti program kelas karyawan.

  1. Biaya kuliah terjangkau

Meski sudah memiliki penghasilan, biaya tetap menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih institusi pendidikan untuk menempuh kelas karyawan.

Agar kondisi finansial tetap stabil, upayakan untuk memilih kelas karyawan dengan biaya yang tidak melebihi 35 persen dari pendapatan per bulan.

Opsi lain, Anda bisa mencari kelas karyawan yang menawarkan program cicilan. Dengan begitu, biaya kuliah terasa lebih ringan sehingga tidak mengganggu keperluan lain.

  1. Waktu kuliah yang fleksibel

Poin selanjutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih kelas karyawan adalah fleksibilitas waktu pembelajaran.

Untuk itu, Anda perlu memastikan lembaga pendidikan tinggi yang akan dipilih memiliki sistem pembelajaran atau learning management system (LMS) yang dapat diakses kapan saja secara daring. Sistem ini akan sangat membantu Anda untuk mengikuti perkuliahan di mana dan kapan saja.

Selain itu, waktu perkuliahan yang fleksibel juga membuat Anda tidak perlu khawatir mengganggu jam kerja. Dengan begitu, Anda tetap bisa bekerja secara profesional.

  1. Lokasi kampus yang strategis

Memilih lokasi kampus yang strategis juga menjadi pertimbangan penting. Sebab, sekalipun berkuliah secara daring, Anda sesekali perlu datang ke kampus, baik untuk menyelesaikan administrasi, mengumpulkan tugas, berkonsultasi dengan dosen, maupun pembelajaran praktik.

Untuk itu, sebaiknya pilih kampus dengan lokasi yang mudah diakses dari rumah atau tempat bekerja. Jadi, Anda tidak akan kerepotan ketika harus ke kampus dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Itulah tiga poin yang harus dipertimbangkan ketika ingin mengikuti program kelas karyawan. Jika semua kriteria tersebut sudah terpenuhi, Anda dapat berkuliah sekaligus bekerja secara efektif.

Saat ini, sudah banyak universitas yang menawarkan program kelas karyawan dengan berbagai jurusan, termasuk Universitas Pelita Harapan (UPH). Anda dapat menemukan berbagai manfaat dan kemudahan ketika mengikuti program kelas karyawan di UPH.

UPH menawarkan sistem pendidikan berkualitas unggul, standar pendidikan internasional, serta dosen yang berkompeten. Anda bisa mendapatkan ketiga manfaat tersebut dengan biaya yang terjangkau, waktu kuliah yang fleksibel, dan lokasi kampus yang strategis.

Kelas karyawan di UPH

Kelas karyawan UPH menyediakan Program Sarjana Strata 1 (S-1) yang dapat Anda tempuh sambil bekerja. Program ini menghadirkan metode pembelajaran Multi-Flexible (M-Flex) yang terdiri dari metode pembelajaran aktif sinkron dan asinkron. Metode ini dapat memudahkan Anda dalam berkuliah di mana dan kapan saja.

UPH juga relatif mudah dijangkau karena terletak di beberapa lokasi yang strategis, seperti Tangerang, Jakarta, Surabaya, dan Medan. Selain itu, universitas ini juga memiliki UPH Learning Hub di Cikarang dan Manado.

Berbagai program studi (prodi) juga disediakan UPH untuk mencakup kebutuhan karyawan untuk meningkatkan kompetensi dan mendapatkan jenjang karier yang baik. 

UPH menghadirkan sejumlah prodi, yakni Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Hukum, Teknik Elektro, Teknik Industri, Keperawatan, Psikologi, Informatika, Sistem Informasi, Pengelolaan Perhotelan, dan Usaha Perjalanan Wisata.

UPH adalah pilihan yang tepat untuk karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan sambil bekerja dan siap membekali para mahasiswa untuk menjadi The Great Achiever.

Ketahui informasi lengkap tentang program kelas karyawan UPH dengan menghubungi 0812-8486-3894. Dapatkan kesempatan pemotongan biaya uang pangkal dan promo hingga 50 persen. Anda juga bisa melakukan pendaftaran langsung melalui tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com