Advertorial

Pastikan Pilkades Berjalan Lancar, Mas Dhito Cek Langsung ke TPS

Kompas.com - 07/12/2022, 20:19 WIB

KOMPAS.com -  Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melakukan pemantauan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang dilakukan serentak pada Rabu (7/12/2022).

Pemantauan ia lakukan ke tempat pemungutan suara (TPS) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) secara langsung untuk memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan lancar.

Total, ada dua desa yang didatangi olehnya, yakni Desa Watugede dan Desa Gadungan di Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.

Lewat pantauannya, ia melihat antusiasme masyarakat mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya di dua desa tersebut cukup tinggi.

"Antusiasme masyarakat untuk memilih kepala desanya cukup baik," kata Mas Dhito, panggilan karib Bupati Kediri, usai melakukan pemantauan di lokasi TPS 1 Desa Watugede dan Desa Gadungan.

Saat melalukan pemantauan, Mas Dhito terlihat menyalami masyarakat yang datang ke TPS, termasuk para calon kepala desa (kades).

Saat melalukan pemantauan, Mas Dhito terlihat menyalami masyarakat yang datang ke TPS, termasuk para calon kepala desa (kades).Dok Pemkab Kediri Saat melalukan pemantauan, Mas Dhito terlihat menyalami masyarakat yang datang ke TPS, termasuk para calon kepala desa (kades).

Bahkan, bupati muda tersebut menyempatkan memantau ruang pelayanan di TPS 1 Desa Gadungan yang berlokasi di balai desa untuk memastikan petugas melayani masyarakat dengan baik.

Sebagai informasi, pelaksanaan Pilkades serentak 2022 digelar di 57 desa dan diikuti oleh 155 calon kades dengan pelaksanaan pemungutan di 530 TPS.

Mas Dhito berharap, para kades terpilih nantinya dapat bekerja untuk kemajuan desa dan melayani masyarakatnya dengan baik.

"Pesan saya kepada kades terpilih untuk bisa melayani masyarakat dengan hati," pesan Mas Dhito.

Pesan itu ditekankan Mas Dhito sejak awal, bahkan disampaikan langsung kepada para calon kades saat pelaksanaan deklarasi damai.

Mas Dhito juga berharap, pelaksanaan Pilkades diharapkan tetap sportivitas. Artinya, calon kades terpilih dapat merangkul calon yang kalah. Sebaliknya, calon kades yang kalah diharapkan memiliki kesabaran dan dapat menerimanya dengan ikhlas.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri Agus Cahyono menjelaskan, setelah pemungutan suara tahapan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) akan melaporkan kades terpilih kepada camat.

Selanjutnya, camat melanjutkan laporan kepada bupati. Setelah itu, kades dapat melakukan pelantikan.

"Pelantikan kades terpilih akan diadakan pada 3 Maret 2023," jelas Agus.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com