Advertorial

Sebelum Bertambah Parah, Cegah Nyeri Sendi dengan Nutrisi Khusus Sendi

Kompas.com - 09/12/2022, 12:31 WIB

KOMPAS.com – Kekuatan tulang dan sendi akan berkurang seiring bertambahnya usia. Dalam dunia medis, nyeri sendi dikenal dengan istilah osteoartritis. Kondisi ini ditandai dengan nyeri yang luar biasa pada bagian sendi tertentu. Karenanya, kondisi ini tidak bisa diremehkan.

Bahkan, pada beberapa kasus, osteoartritis dapat menyebabkan kerusakan sendi secara permanen. Lantas, apa yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi? Bagaimana cara pencegahan serta pengobatannya? Simak ulasan berikut.

Mengenal osteoartritis

Secara sederhana, osteoartritis merupakan kondisi keausan pada sendi terkait penuaan. Kondisi ini biasanya disebabkan degenerasi sendi yang memengaruhi banyak jaringan sendi. Masalah timbul ketika kartilago pelindung pada ujung tulang mengalami kerusakan seiring bertambahnya usia.

Dokter Spesialis Orthopedi, Traumatologi, Konsultan Panggul dan Lutut Siloam Hospitals Ambon dr Wijaya Johannes Chendra, SpOT(K) menuturkan bahwa meski mampu merusak seluruh sendi yang ada di bagian tubuh, osteoartritis paling sering menyerang bagian tangan, pinggul, lutut, serta tulang belakang.

Hal tersebut disampaikan dr Wijaya saat mengisi webinar bertajuk "Kenali Gejala dan Penyebab Osteoarthritis”.

Jika gejala seperti itu sudah dirasakan, ia meminta para penderita osteoartritis untuk segera ke dokter guna mendapatkan penanganan. Pasalnya, sendi yang sudah rusak tidak dapat dipulihkan kembali sehingga berisiko menimbulkan cacat permanen.

“Gejala yang timbul saat mengalami osteoartritis akan berkembang secara perlahan," ujar dr Wijaya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (12/8/2022).

Dokter Wijaya melanjutkan bahwa dalam pengikatan glukosamina, mangan memiliki peran penting. Pasalnya, mangan berfungsi membantu memproduksi tulang rawan sendi. Mineral ini juga berperan dalam menghambat kerusakan sendi agar tidak semakin parah.

Selain mangan, zink juga memiliki peran penting dalam menyembuhkan kerusakan sendi. Mineral ini bekerja dengan cara mereproduksi sel atau memproduksi kembali sel-sel tulang rawan sendi yang rusak akibat penyakit osteoartritis.

Selain itu, zink juga dapat membantu pembentukan jaringan baru pada sendi dan tulang yang rusak.

Sebagai informasi, semua kandungan tersebut bisa didapatkan pada produk Viostin Halal yang baik untuk kesehatan persendian.

Penyebab osteoartritis

Pada dasarnya, nyeri sendi terjadi ketika kondisi tulang rawan yang melapisi bagian ujung persendian berangsur-angsur memburuk. Tulang rawan sendiri merupakan jaringan keras dan licin yang melindungi dan mengurangi gesekan antar-sendi.

Pada kondisi osteoartritis, bagian kartilago yang licin berubah menjadi kasar. Jika dibiarkan, tulang rawan akan habis dan hanya menyisakan tulang yang bergesekan dengan tulang.

Seperti diketahui, pertambahan usia merupakan salah satu faktor utama penyebab osteoartritis.

Selain itu, terdapat beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko nyeri sendi, seperti diabetes, cedera pada sendi, riwayat osteoartritis dari keluarga dengan riwayat operasi pada tulang sendi, kelainan tulang bawaan, serta menderita penyakit tertentu.

Cara mencegah osteoartritis dengan suplemen Viostin

Osteoartritis dapat menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman jika tidak ditangani. Bahkan, penyakit ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti gangguan tidur, kecemasan, depresi, infeksi pada tulang, saraf terjepit, serta kematian jaringan tulang.

Salah satu gejala umum osteoartritis adalah kaku atau nyeri pada sendi. Gejala ini umumnya diderita oleh orang lanjut usia (lansia). Sebabnya, semakin bertambah usia, fungsi sel pembentuk tulang rawan sendi juga ikut menurun.

Meski demikian, individu berusia muda juga berpotensi mengalami masalah persendian.

Salah satu cara untuk mencegah nyeri sendi dan menjaga kesehatan persendian adalah mengonsumsi suplemen. Salah satunya adalah Viostin Halal yang sudah bersertifikat halal.

Suplemen tersebut memiliki kandungan utama glukosamina dan kondroitin yang dikombinasikan dengan magnesium, mangan, zink, dan vitamin C.

Dengan kandungan tersebut, Viostin Halal mampu menurunkan risiko osteoartritis serta mengatasi masalah kaku dan nyeri sendi.

Suplemen tersebut juga dapat membantu memperbaiki osteoartritis, rematik, serta berbagai masalah pada sendi dan tulang rawan tanpa perlu khawatir efek samping. Viostin Halal bisa dibeli secara bebas di apotek tanpa perlu menggunakan resep dokter.

Sejatinya, osteoartritis mungkin tidak bisa diobati sepenuhnya. Meski demikian, Anda masih bisa mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen nutrisi khusus sendi yang halal, seperti Viostin Halal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com