Advertorial

Sukses Berdayakan UMKM, Wakil Walikota Cilegon Raih Anugerah Jurnalistik Award 2022

Kompas.com - 11/12/2022, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta meraih penghargaan Anugerah Jurnalistik Award 2022 dengan predikat Pelopor Pemberdayaan Usaha mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (DPD PJID) Provinsi Banten, Hairuzaman pada Pelantikan Pengurus DPD/DPC Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten di Gedung Marga Wiwitan di bilangan Cipocok Jaya, Kota Serang, pada Kamis (8/12/2022).

Pada kesempatan itu, Hairuzaman menjelaskan bahwa Sanuji dinilai sebagai figur yang layak untuk mendapatkan penghargaan tersebut karena telah berhasil menggagas berbagai program untuk mendongkrak perekonomian para pelaku UMKM di Kota Cilegon.

“Sanuji dinilai telah berjasa memajukan UMKM di Kota Cilegon. Bahkan, ada pedagang martabak yang kini mempunyai 30 unit usaha dan tersebar di beberapa tempat,” ungkap Hairuzaman seperti dikutip dari keterangan resmi, Minggu (11/12/2022).

Hebatnya lagi, imbuh Hairuzaman, pedagang martabak di Kota Cilegon itu saat ini mampu menyekolahkan anaknya hingga ke Inggris untuk belajar tentang kuliner.

“Selain pedagang martabak tersebut, pelaku usaha di Kota Cilegon saat ini jumlahnya cukup menjamur dan banyak yang sudah sukses,” lanjutnya.

Kota Cilegon dinilai Hairuzaman sebagai salah satu kota yang sukses menumbuhkan berbagai usaha dengan skala mikro dan menengah. Saat ini, tak kurang 25.000 pelaku UMKM masih eksis mengembangkan usaha mereka di Kota Cilegon.

Sanuji mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon memiliki program Agenda Rabu untuk para pelaku UMKM di Kota Cilegon.

“Agenda Rabu UMKM, itu adalah kegiatan rutin saya melihat dan memantau aktifitas 25 ribu pelaku UMKM di Kota Cilegon,” ungkap Sanuji.

Selain Sanuji, dua nama lainnya yang ikut meraih Anugerah Jurnalistik Award 2022 adalah Komandan Resor Militer (Danrem) 064/MY Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Tatang Subarna sebagai Pelopor Pengembangan Bios 44, serta Ketua Pencak Silat Terumbu Banten Suci Azhi sebagai Tokoh Pelopor Pelestari Seni dan Budaya Banten.

Ketua Umum DPP PJID M Mayusni Talau berharap, kegiatan ini mampu mempererat kolaborasi antara jurnalis dan Pemerintah Provinsi Banten.

“Sesuai dengan moto DPP PJID Provinsi Banten, yaitu jurnalis yang tepercaya dan profesional, maka saya berpesan kepada teman-teman untuk menjadikan pemerintah yang berada di Banten sebagai mitra kerja,” ungkap Mayusni.

Selain pemberian penghargaan, Hairuzaman juga menyerahkan bantuan berupa santunan kepada 30 anak-anak yatim piatu. Gelaran acara juga turut dihadiri oleh Ketua DPC PJID Kota Serang Masdi Suhendi, Ketua DPC PJID Kota Cilegon H Mubayyan, Ketua DPC PJID Kabupaten Serang Agus Sobari, Ketua DPC PJID Kabupaten Tangerang RBA Simamora, Ketua DPC PJID Kabupaten Pandeglang Sukri serta jajaran Pengurus lainnya.

Hadir pula pada Pengurus DPD/DPC PJID Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten, antara lain Pj Gubernur Banten Al Muktabar diwakili Staf Ahli M Agus Setiawan AW, Kapolda Banten diwakili Kabid Humas Polda Banten AKBP Meryadi, Danrem 064/MY, Brigjen TNI Tatang Subarna, diwakili Kapenrem, Mayor Inf. Ade Hermansyah, Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta, Ketua DPW Pencak Silat Terumbu Banten Suci Azhi, serta Forkopimda Banten.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com