Advertorial

ASUS Zenbook 17 Fold OLED Jadi Laptop Layar Lipat OLED 17 inci Pertama di Dunia

Kompas.com - 16/12/2022, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Asus memperkenalkan Zenbook 17 Fold OLED di Indonesia 2022, Rabu (14/12/2022). Laptop terbaru dari Asus ini menawarkan pengalaman menggunakan laptop layar lipat OLED 17-inci pertama di dunia.

Zenbook 17 Fold OLED juga diklaim sebagai laptop paling fleksibel untuk berbagai skenario penggunaan sekaligus tampil sebagai laptop Asus paling inovatif pada 2022.

Regional Director Southeast Asia Asus Jimmy Lin mengatakan bahwa Zenbook 17 Fold OLED merupakan puncak inovasi Asus pada 2022.

Menurutnya, sebagai pemimpin dalam inovasi layar laptop, Asus tidak hanya menghadirkan terbaik, tetapi juga inovatif.

“Inovasi terdepan tersebut kami persembahkan untuk membantu pengguna agar dapat beraktivitas secara lebih fleksibel, nyaman, dan lebih produktif dalam berbagai aspek. Zenbook 17 Fold OLED adalah perangkat terbaik untuk mencapai semua itu,” ujar Jimmy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Zenbook 17 Fold OLED telah mencuri perhatian sejak pertama kali diperkenalkan ke publik. Desainnya yang unik, orisinal, serta fleksibel membuat laptop tersebut dapat menghadirkan lebih dari satu konfigurasi penggunaan. Ini diwujudkan melalui kehadiran layar berteknologi Asus OLED berukuran 17,3 inci.

Adapun layar tersebut memiliki rasio 4:3 dengan total resolusi 2,5K yang dapat dilipat ke dalam ukuran 12,5 inci dengan rasio 3:2 dan resolusi 1920x1280. Layar tersebut membuat Zenbook 17 Fold OLED tampil sebagai laptop 17 inci yang ringkas serta memiliki mobilitas tinggi.

Selain itu, Asus juga membekali Zenbook 17 Fold OLED dengan keyboard ErgoSense Bluetooth yang dirancang khusus sebagai perangkat kontrol utama laptop.

Keyboard tersebut menggunakan koneksi nirkabel melalui teknologi Bluetooth. Perangkat ini dapat digunakan secara terpisah dengan mode layar 17,3 inci atau ditempelkan di atas layar Zenbook 17 Fold OLED untuk menjadi laptop 12,5 inci yang ringkas. 

Tetap bertenaga dengan Prosesor 12th Gen Intel® Core™

Meski memiliki desain yang unik, fleksibel, dan futuristik, Zenbook 17 Fold OLED tetap tampil sebagai laptop modern yang bertenaga.

Zenbook 17 Fold OLED ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ i7-1250U yang menggunakan konfigurasi 10 core (2 P-core dan 8 E-core) serta 12 thread.

Zenbook 17 Fold OLED ditenagai prosesor mumpuni dari Intel. 

Dok. Asus Zenbook 17 Fold OLED ditenagai prosesor mumpuni dari Intel.

Prosesor tersebut juga dapat berjalan dengan frekuensi hingga 4,7 gigahertz (GHz) serta dibekali chip grafis terintegrasi Intel® Iris® Xe. Dengan demikian, laptop ini ideal untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari, mulai dari bekerja, menikmati konten multimedia, berkarya menggunakan aplikasi kreatif, hingga melakukan multitasking.

Zenbook 17 Fold OLED juga telah tervalidasi Intel® Evo™ platform. Artinya, laptop layar lipat ini dipastikan memiliki daya tahan baterai yang mumpuni serta performa kencang dan responsif.

Tidak ketinggalan, fitur dan konektivitas modern seperti port USB-C® Thunderbolt™ 4 serta Intel® WiFi 6E yang dapat membuat pengguna Zenbook 17 Fold OLED beraktivitas dengan nyaman.

Menemani fitur-fitur tersebut, Asus juga membekali Zenbook 17 Fold OLED dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe Gen4 Performance SSD berkapasitas 1 terabita (TB) dan memori LPDDR5 berkapsitas 16 gigabita (GB).

Kombinasi kedua fitur tersebut membuat Zenbook 17 Fold OLED lebih responsif saat menjalankan berbagai aplikasi serta gesit ketika melakukan multitasking.

Layar Asus OLED lipat

Zenbook 17 Fold OLED telah dibekali Asus OLED yang diklaim sebagai teknologi layar terbaik dan paling canggih saat ini. Sesuai dengan namanya, layar Asus OLED di Zenbook 17 Fold OLED merupakan layar lipat berukuran 17,3 inci beresolusi 2,5K (4:3) yang telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi, dan inovasi.

Teknologi tersebut membuat layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata.

Sebagai informasi, setiap laptop yang menggunakan layar Asus OLED dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang kaya dan akurat.

Tidak tanggung-tanggung, Asus OLED memiliki color gamut 100 persen DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display. Asus OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Singkatnya, layar Asus OLED diciptakan berdasarkan standardisasi kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh layar ini dijamin akurat sesuai dengan yang ingin ditampilkan oleh pembuat konten.

 Zenbook 17 Fold OLED jadi laptop lipat pertama di dunia. 

Dok. Asus Zenbook 17 Fold OLED jadi laptop lipat pertama di dunia.

Selain itu, Asus OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur ini memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual.

Inovasi tersebut membuat Asus OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. Asus OLED juga telah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Berkat Asus OLED, pengguna Zenbook 17 Fold OLED dapat menikmati sajian visual terbaik sekaligus dapat beraktivitas lebih lama tanpa harus khawatir dengan dampak negatif layar laptop bagi kesehatan mata.

Laptop 17-inci fleksibel

Berkat layar lipat berteknologi Asus OLED, Zenbook 17 Fold OLED diklaim sebagai laptop 17 inci paling fleksibel dan memiliki beberapa mode penggunaan.

Pengguna Zenbook 17 Fold OLED dapat menggunakan laptop tersebut sebagai tablet 17 inci, baik diposisikan secara mendatar maupun ditekuk. Layar Zenbook 17 Fold OLED dibekali fitur touchscreen sehingga penggunanya bisa memanfaatkan keyboard virtual untuk mengetik di mode tablet.

Kemudian, pengguna dapat menggunakan Zenbook 17 Fold OLED dengan mode desktop yang merupakan mode imersif. Zenbook 17 Fold OLED telah dilengkapi dengan kickstand atau penyangga khusus yang memungkinkan laptop dapat digunakan layaknya personal computer (PC) desktop dengan layar 17,3 inci. Layar yang besar membuat tampilan aplikasi bisa lebih banyak dan mempermudah multitasking.

Dipadukan dengan keyboard ErgoSense Bluetooth, Zenbook 17 Fold OLED dapat menghadirkan pengalaman penggunaan serupa dengan PC, tetapi dengan desain yang lebih ringkas dan mudah untuk dibawa bepergian.

Penggunaan Zenbook 17 Fold OLED dengan keyboard wireless membuat seolah bekerja menggunakan PC.


Dok. Asus Penggunaan Zenbook 17 Fold OLED dengan keyboard wireless membuat seolah bekerja menggunakan PC.

Selain itu, Zenbook 17 Fold OLED juga dapat dioperasikan dengan mode laptop. Cukup dengan menempatkan keyboard ErgoSense Bluetooth di atas layar, tampilan desktop akan disesuaikan secara otomatis dengan posisi keyboard.

Mode laptop tersebut membuat Zenbook 17 Fold OLED dapat digunakan layaknya laptop berukuran 12,5 inci. Dengan demikian, laptop ini tetap dapat digunakan di tempat dengan ruang gerak minimalis, seperti saat sedang di pesawat atau kereta api.

Tangguh

Meski menggunakan layar lipat dan memiliki desain yang berbeda dengan laptop pada umumnya, Zenbook 17 Fold OLED tetap tampil sebagai laptop yang tangguh. Pasalnya, laptop ini telah mengantongi sertfikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). Hal ini membuktikan bahwa laptop ini dapat diandalkan dari segi durabilitas.

Asus juga memberikan perhatian khusus pada engsel layar lipat pada Zenbook 17 Fold OLED. Engsel ini memiliki struktur khusus yang tidak hanya memudahkan penggunanya saat mengoperasikan Zenbook 17 Fold OLED, tetapi juga dirancang untuk dapat bertahan hingga 30.000 kali buka-tutup.

Jika dilihat dari perspektif pengguna laptop yang biasanya hanya membuka dan menutup laptopnya selama enam kali dalam satu hari, engsel Zenbook 17 Fold OLED dapat bertahan hingga lebih dari sembilan tahun.

Mudah dan nyaman digunakan

Meski laptop layar lipat merupakan kategori laptop baru, Asus merancang Zenbook 17 Fold OLED tetap mudah dan nyaman untuk digunakan.

Zenbook 17 Fold OLED telah dibekali dengan infrared (IR) webcam yang terintegrasi dengan fitur Windows Hello. Hal ini memungkinkan pengguna untuk masuk ke dalam sistem menggunakan sistem pemindaian wajah.

Fitur tersebut memudahkan pengguna yang lebih suka menggunakan Zenbook 17 Fold OLED tanpa keyboard ErgoSense Bluetooth.

Zenbook 17 Fold OLED juga dilengkapi dengan konektivitas modern. Laptop layar lipat ini memiliki dua port USB-C® Thunderbolt™ 4 sehingga dapat dihubungkan ke berbagai perangkat, mulai dari penyimpanan eksternal hingga perangkat kelas profesional, seperti kartu grafis (GPU) eksternal.

Port tersebut juga telah mendukung sistem pengisian daya melalui fitur USB Power Delivery dan memiliki fitur DisplayPort yang memungkinkan Zenbook 17 Fold OLED dapat dihubungkan ke monitor beresolusi tinggi.

Untuk memudahkan pengguna saat beraktivitas secara mobile, Zenbook 17 Fold OLED juga dibekali dengan Intel® WiFi 6E yang merupakan WiFi generasi terbaru dengan kemampuan untuk terkoneksi ke jaringan 6 GHz.

Dari berbagai keunggulan Zenbook 17 Fold OLED, penggunaan keyboard ErgoSense Bluetooth merupakan hal paling menarik. Pasalnya, keyboard wireless yang disediakan di paket penjualan Zenbook 17 Fold OLED tersebut dirancang agar pengguna laptop dapat memiliki pengalaman mengetik terbaik.

Selain itu, keyboard ErgoSense Bluetooth juga dapat dihubungkan ke dua perangkat. Dengan demikian, pengguna Zenbook 17 Fold OLED juga dapat memanfaatkan keyboard wireless ini untuk digunakan di perangkat lain, seperti smartphone, tablet, atau bahkan televisi pintar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com