Advertorial

Pertamina Siaga Jamin Kelancaran Distribusi Energi Selama Nataru

Kompas.com - 16/12/2022, 13:36 WIB

KOMPAS.com – Memasuki pengujung 2022, masyarakat mulai bersiap menyambut liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Animo masyarakat menyambut Nataru tahun ini ditandai dengan mobilitas mereka yang turut meningkat hingga 2,6 persen. Adapun persentase ini lebih tinggi ketimbang libur Nataru 2021.

Direktur Utama (Dirut) Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, untuk menjaga animo dan memastikan kelancaran penyaluran energi bagi masyarakat, Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading kembali mengaktifkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Nataru, mulai Kamis (15/12/2022) hingga Minggu (8/1/2023).

“Seperti saat Ramadhan dan Idul Fitri, sepanjang periode Nataru, kebutuhan energi juga diproyeksikan meningkat sehingga dibutuhkan upaya ekstra dalam memastikan seluruh kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik. Tim Satgas Nataru Pertamina Siaga siap hadir sebagai tulang punggung kelancaran distribusi energi,” ujar Alfian dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (16/12/2022).

Para pelanggan setia produk-produk berkualitas Pertamina dapat menantikan berbagai loyalty programme. Sebagai contoh, promo nontunai MyPertamina, pembelian pelumas, dan Bright Gas. 

Dok. Pertamina Para pelanggan setia produk-produk berkualitas Pertamina dapat menantikan berbagai loyalty programme. Sebagai contoh, promo nontunai MyPertamina, pembelian pelumas, dan Bright Gas.

Alfian mengaku, beragam persiapan dilakukan oleh pihaknya. Untuk kebutuhan bahan bakar minyak (BBM), konsumsi gasoline atau bensin diprediksi meningkat sebesar 5 persen. Sementara, konsumsi gas oil atau diesel diprediksi mengalami penurunan sebesar 3 persen.

Peningkatan konsumsi juga diprediksi terjadi pada liquefied petroleum gas (LPG) sekitar 3 persen dan Avtur sebanyak 7 persen. Adapun proyeksi ini diperoleh dari perhitungan rerata konsumsi normal pada dua produk tersebut sepanjang Oktober 2022.

“Itu proyeksi awal. Untuk mengantisipasi, kami menyiapkan lebih dari proyeksi tersebut. Pertamina Siaga hadir dengan tiga konsep utama, yakni Layanan Energi, Layanan Promosi, dan Layanan Tambahan. Seluruh layanan tersebut dikemas dengan semangat Energi Harapan Baru untuk menceriakan suasana Natal dan liburan masyarakat,” lanjut Alfian.

Lebih lanjut, Alfian menambahkan bahwa saat ini, Pertamina Patra Niaga terus menjaga keandalan stok pada level aman, yakni untuk seluruh produk BBM di atas 18 hari, LPG di atas 15 hari, dan Avtur di atas 31 hari.

Seluruh infrastruktur serta sarana dan fasilitas (sarfas) juga telah disiagakan, meliputi 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, lebih dari 7.400 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), 667 stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE), 4.972 agen LPG, dan 68 depot pengisian pesawat udara (DPPU).

Pertamina Patra Niaga terus menjaga keandalan stok pada level aman, yakni untuk seluruh produk BBM di atas 18 hari, LPG di atas 15 hari, dan Avtur di atas 31 hari. 

Dok. Pertamina Pertamina Patra Niaga terus menjaga keandalan stok pada level aman, yakni untuk seluruh produk BBM di atas 18 hari, LPG di atas 15 hari, dan Avtur di atas 31 hari.

Selain infrastruktur dan sarfas utama, lanjut Alfian, Pertamina Patra Niaga juga menyediakan layanan tambahan, yakni 54 Kiosk Pertamina Siaga, 496 motoris atau Pertamina Delivery Service (PDS), 192 Mobil Tangki Standby, serta SPBU dan outlet LPG Siaga.

Tak hanya itu, Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan Rumah Pertamina Siaga yang di dalamnya mencakup pelayanan kesehatan dan nursery room yang tersebar di 8 lokasi.

“Di antara seluruh sarfas SPBU, agen, dan outlet LPG, akan ada yang kami siagakan untuk beroperasi 24 jam selama libur Nataru. Layanan-layanan tambahan di atas juga akan kami siagakan di sejumlah lokasi strategis. Fokus kami adalah jalur utama, daerah yang merayakan Natal, serta titik lokasi wisata yang menjadi destinasi utama masyarakat,” katanya.

Alfian menambahkan, selain untuk menemani perjalanan dan memenuhi kebutuhan energi masyarakat, pihaknya juga ingin berbagi dengan pelanggan setia Pertamina. 

Karenanya, para pelanggan setia produk-produk berkualitas Pertamina dapat menantikan berbagai loyalty programme. Sebagai contoh, promo nontunai MyPertamina, pembelian pelumas, dan Bright Gas.

“Dengan Semangat Energi Harapan Baru, Pertamina Siaga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan energi dan memberikan keceriaan bagi masyarakat,” kata Alfian.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com