Advertorial

Pesta Rakyat Simpedes 2022 Sukses Digelar di 12 Kota, UMKM Kian Berdaya dan Literasi Keuangan Masyarakat Meningkat

Kompas.com - 20/12/2022, 19:17 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI terus berkomitmen untuk mendukung sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna menumbuhkan perekonomian nasional.

Salah satu dukungan itu diwujudkan lewat perhetalan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 yang digelar di 12 kota di seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan para UMKM, memberikan literasi digital, serta memberikan pelayanan yang utuh bagi para nasabah BRI.

PRS BRI 2022 telah sukses diselenggarakan sejak Juni 2022 hingga Desember 2022 di 12 kota, yaitu Malang, Medan, Karawang, Semarang, Tasikmalaya, Palembang, Lampung, Tangerang, Makassar, Mojokerto, Denpasar, dan Solo.

Sebanyak 1.263 pelaku UMKM ikut meramaikan perhelatan PRS 2022. Mereka merupakan pelaku UMKM binaan BRI dan unggulan dari masing-masing kota penyelenggaraan. Melalui acara tersebut, BRI mampu mengedukasi 350.000 pengunjung soal keuangan digital.

Seperti pada penyelenggaraan di kota lainnya, PRS 2022 edisi terakhir yang digelar di Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Minggu (18/12/2022), mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan” dan enam pilar.

Keenam pilar itu terdiri dari Pasar, Panggung, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, dan Panen.

Melalui tema dan keenam pilar tersebut, BRI menyajikan berbagai kegiatan literasi digital, edukasi, dan program corporate social responsibility (CSR).

Selama dua hari digelar, PRS BRI 2022 di Kota Solo dihadiri oleh 15.000 pengunjung serta melibatkan 110 UMKM binaan BRI dan UMKM unggulan yang berasal dari Kota Solo.

Berakhirnya PRS 2022 di Kota Solo mendapatkan apresiasi langsung dari Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa. Ia mengaku senang BRI mendatangi Kota Solo. Dengan begitu, UMKM di kota ini bisa semakin berdaya.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat Indonesia, khususnya di Kota Solo. Saya juga mengapresiasi BRI atas bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diberikan kepada UMKM. Bantuan ini juga bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Solo,” ujar Teguh.

Sementara itu, Regional Chief Executif Officer (CEO) BRI Kantor Wilayah Yogyakarta, John Sarjono, menuturkan bahwa PRS 2022 di Kota Solo menjadi penutup PRS 2022. Ia berharap, kegiatan dukungan terhadap UMKM, seperti PRS, bisa digelar kembali pada tahun depan.

“Apalagi, masyarakat Kota Solo sudah banyak teredukasi dalam penggunaan uang digital atau cashless berkat penyelenggaraan PRS 2022,” ujar John.

Terus berupaya mendukung pemberdayaan UMKM

UMKM memiliki peran besar terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia, terlebih di masa pandemi dan pascapandemi Covid-19. Karena itu, BRI memiliki komitmen untuk memajukan sektor tersebut.

Penyelenggaraan PRS 2022 berfokus untuk mendorong UMKM naik kelas melalui kegiatan edukasi yang dikemas dalam bentuk kelas UMKM. Materi-materi yang disampaikan dalam kelas UMKM dibawakan oleh para ahli di bidangnya.

Adapun materi tersebut di antaranya Manajemen SDM untuk UMKM, Strategi Pemasaran Sederhana bagi UMKM, Menyambut Musim Semi Pasca Pandemi, dan Antisipasi Krisis Global 2023.

BRI juga mengajak para pelaku UMKM untuk mulai menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dalam melakukan transaksinya.

Selain itu, gelaran PRS BRI 2022 juga menjadi ajang bagi para UMKM untuk unjuk gigi dalam mengenalkan produk-produk unggulannya agar dikenal semakin luas.

Atas segala manfaat yang diberikan, PRS 2022 mendapat apresiasi penuh dari para pelaku UMKM yang hadir, salah satunya Maya.

“Kami sangat terbantu dengan acara ini. Kami bisa memasarkan produk sekaligus mendapatkan pelatihan langsung di lokasi kegiatan. Berbagai macam kelas sudah saya ikuti dan semoga bisa menjadi modal bagi kami untuk terus berkembang,” ujar Maya yang merupakan salah satu pelaku UMKM Souvenir binaan BRI.

PRS 2022 di Kota Solo turut dimeriahkan oleh sejumlah penampilan artis lokal dan nasional. Dok. BRI PRS 2022 di Kota Solo turut dimeriahkan oleh sejumlah penampilan artis lokal dan nasional.

Kemeriahan panggung hiburan oleh artis lokal hingga nasional

Selain menyajikan berbagai edukasi, gelaran acara PRS BRI 2022 di Kota Solo juga dimeriahkan oleh penampilan dari sederet artis lokal dan nasional. Sebut saja, Tyok Satrio, Owahgerrband, Letto, Kangen Band, dan Gigi.

Acara semakin meriah karena pada program Panen, diundi beragam hadiah senilai ratusan ribu rupiah dan sepeda motor Fazzio.

Selain itu, ada pula Program Peduli sebagai bentuk CSR dengan menghadirkan cek kesehatan gratis dan potong rambut senilai Rp 1. Lalu, program Pojok X’sis sebagai ajang pengekspresian diri melalui games.

Program Pawai yang berguna untuk mengedukasi masyarakat dalam penggunaan uang digital juga turut dihadirkan. Kemudian, Panggung Zumba, Panggung Tawa, dan program Pasar melalui UMKM.

Setelah seluruh rangkaian kegiatan PRS BRI 2022 sukses dilaksanakan di 12 kota di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi nasional, pascapandemi Covid-19, khususnya sektor UMKM.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran PRS 2022 BRI, silakan kunjungi laman http://s.id/PRS2022.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com