Advertorial

Kreatif dan Fungsional, Intip Karya Pemenang HMC 2022

Kompas.com - 22/12/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com – Ajang Honda Modif Contest (HMC) 2022 yang berlangsung sejak Senin (7/11) akhirnya mencapai babak final di Sleman City Hall, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (17/12). Karya para modifikator pemenang National Champion memukau juri dengan karya terbaik mereka.

Salah satu juri HMC 2022 dari Queen Lekha Chopper, Yayak Lekha, mengatakan bahwa karya pemenang National Champion Matic & Cub HMC 2022 asal Sulawesi Selatan, Ruslan, begitu luar biasa. Menurutnya, jam terbang modifikator menjadi salah satu faktor penentu. Ruslan ternyata sudah langganan sebagai peserta HMC hingga fase final.

“Baru pada kesempatan ini dia bisa mendapatkan gelar sebagai National Champion,” ujar Yayak dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (19/12/2022).

Sementara itu, kategori National Champion Sport HMC 2022 dimenangkan oleh modifikator asal Jakarta, Dedi Dermawanto. Dedi baru pertama kali mengikuti HMC dan berhasil menjadi juara dari area Jakarta. Selanjutnya, dia berhak melaju ke tahap final dan menjadi National Champion untuk kelas Sport.

Yayak melanjutkan, hasil modifikasi National Champion untuk kelas Free For All, yakni Dewa Putu Putra Pratama, juga tak kalah menarik. Hasil karya modifikasinya menampilkan kreativitas dan konsep yang matang sehingga layak menjadi National Champion.

Kompetisi HMC 2022 berjalan ketat, mulai dari tahap penyisihan sampai babak final. Bahkan, saat menentukan pemenang, tim juri harus berdebat hebat. ini tak lepas dari meningkatnya kualitas karya modifikasi para peserta jika dibandingkan 2021.

“Secara umum, karya-karya peserta HMC 2022 banyak yang bagus dan keren. Kami berharap, para peserta pada tahun mendatang menampilkan karya yang lebih bagus dari tahun ini,” harap Yayak.

Hal serupa juga disampaikan juri HMC 2022 lainnya, Hidayat Priyo Wibowo. Hidayat menilai, pelaksanaan fase penyisihan HMC 2022 yang dilakukan secara virtual memberikan tantangan tersendiri kepada tim juri.

Pasalnya, tim juri harus menyeleksi karya yang masuk melalui foto. Hal ini membuat tim juri kerap tidak bisa menangkap detail motor modifikasi para peserta.

“Meski demikian, saya merasa cukup puas karena para National Champion mampu menampilkan karya modifikasi terbaik sesuai ekspektasi kami. Karya mereka layak untuk tampil di fase final,” tutur Hidayat.

Sementara itu, juri HMC dari Kompas.com, Aditya Maulana, mengucapkan selamat kepada para finalis yang berhasil sampai tahap final HMC 2022. Ia mengaku agak kesulitan saat menilai karya peserta melalui foto pada fase penyisihan.

Namun, setelah melihat karya modifikator secara langsung, Aditya merasa takjub karena masing-masing karya modifikasi menampilkan kreativitas yang beragam sesuai regionnya masing-masing. Ia juga memuji karya modifikasi peserta yang baru ikut ajang HMC untuk pertama kali dan bisa berlanjut sampai ke tahap final.

“Saya berharap, ke depan, HMC bisa diselenggarakan secara luring di masing-masing regional agar juri bisa melihat karya modifikasi secara langsung di setiap daerah,” ucap Adit.

Apresiasi para pemenang

Penyelenggaraan HMC 2022 mendapatkan tanggapan positif dari para National Champion. Ruslan yang memenangkan kategori Matic and Cub mengatakan, prestasi tersebut membayar lunas usahanya yang mengikuti HMC sejak kali pertama diselenggarakan.

Menurutnya, untuk dapat meraih juara pertama, dirinya benar-benar harus berupaya keras. Apalagi, karya peserta lain tak kalah atraktif. Meski demikian, hal tersebut membuat Ruslan semakin bersemangat untuk mengikuti HMC serta Dream Ride Project pada tahun mendatang.

“Persaingan HMC 2022 amat ketat karena karya modifikator lain juga bagus. Bagi saya, keberhasilan menjuarai kategori regional saja sudah membanggakan, apalagi di tingkat National Champion. Rasanya luar biasa,” ujar Ruslan.

Hal serupa juga disampaikan Dedi yang menjadi pemenang kategori Sport. Ia menjadi pemenang berkat modifikasi Honda CBR250RR dengan tema moto GP RC212V 2007.

Para National Champion HMC 2022 bersama karya modifikasi mereka. DOK. AHM Para National Champion HMC 2022 bersama karya modifikasi mereka.

Dedi mengaku tidak menyangka bisa terpilih menjadi National Champion HMC 2022 karena karya para finalis tak kalah menarik dan membuat persaingannya sangat ketat. Dedi berharap, PT Astra Honda Motor (AHM) tetap konsisten mengadakan event secara offline di setiap regional agar antusiasme peserta semakin tinggi.

“Saya ingin bisa kembali meramaikan ajang HMC pada tahun depan,” kata Dedi.

Sementara itu, Dewa yang merupakan peserta asal Tabanan, Bali, menjadi National Champion Free For All HMC 2022 dengan membawa bendera Ager-ager Custom. Ia berharap peserta HMC 2022 yang belum menjadi pemenang bisa semakin bersemangat untuk menampilkan karya yang lebih kreatif dan inovatif pada HMC di tahun mendatang.

“Karya dari finalis lain juga hebat. Untuk yang belum beruntung, teman-teman tetap semangat berkarya, tambah kreativitasnya, serta menjaga sportivitas dalam dunia modifikasi (motor),” ujar Dewa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com