Advertorial

Perluas Layanan, Eka Hospital Group Bangun 2 RS Terbaru di Jakarta

Kompas.com - 29/12/2022, 14:54 WIB

KOMPAS.com – Eka Hospital Group memperluas layanannya dengan membangun dua rumah sakit (RS) baru di kawasan Jakarta, yakni di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur dan Jalan IR H Juanda, Jakarta Pusat.

Hal tersebut ditandai dengan dilakukannya groundbreaking ceremony oleh Head of Commissioner Office Eka Hospital Group Anton Mailoa beserta jajaran Direksi Eka Hospital Group pada Kamis (29/12/2022).

Sebagai informasi, bangunan Eka Hospital MT Haryono rencananya terdiri dari 16 lantai dan dibangun di atas lahan seluas 7.900 meter persegi (m2). Sementara untuk Eka Hospital Juanda, akan terdiri di 24 lantai dan dibangun di atas tanah seluas 9.600 m2.

Pembangunan kedua gedung tersebut pun diperkirakan memakan waktu selama 24 bulan. Dengan begitu, keduanya diprediksi mulai beroperasi pada 2024.

Chief Operating Officer Eka Hospital Group Drg Rina Setiawati mengatakan, Eka Hospital memiliki misi untuk membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat agar mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

Misi tersebut salah satunya diwujudkan melalui dukungan tim dokter subspesialis Eka Hospital yang dilengkapi fasilitas pengobatan dengan teknologi baru dunia.

“Kami berkeyakinan untuk memberikan pelayanan kesehatan di area Jakarta area. Sebab, Eka Hospital memiliki sejumlah dokter berpengalaman yang kini telah menjadi chairman dari masing-masing layanan unggulan yang kami miliki,” ujar Rina dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Layanan unggulan tersebut, lanjut Rina, adalah Pusat Ortopedi dan Tulang Belakang, Pusat Aritmia dan Intervensi Jantung, Pusat Diabetes Terpadu, Pusat Kemoterapi dan Kanker Terpadu, serta Pusat Sistem Pencernaan dan Endoskopi.

Selanjutnya, Pusat Sistem Saluran Kemih dan Reproduksi Pria, Pusat Layanan Kebidanan dan Kandungan, serta Pusat Pelayanan Kesehatan Anak Terpadu.

Untuk Eka Hospital Juanda, RS tersebut akan dikhususkan sebagai Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah (Cardiac Center). Pusat layanan ini akan dikepalai oleh DR Dr Muhammad Yamin SpJP (K) SpPD FACC FSCAI.

Untuk diketahui, Cardiac Center adalah unit pelayanan jantung dan pembuluh darah atau unit kardiovaskuler yang menawarkan layanan lengkap untuk berbagai kasus. Salah satunya, untuk tindakan aritmia. Adapun Eka Hospital memiliki lima konsultan aritmia untuk membantu pelayanan.

“Cardiac Center juga punya layanan untuk pemasangan pacu jantung, tindakan intervensi dan pembuluh darah, tindakan intervensi jantung, serta bedah jantung dan toraks,” kata Rina.

Rina menambahkan, saat ini, Eka Hospital menjadi salah satu rumah sakit di Indonesia yang memiliki komitmen mengedepankan inovasi pelayanan kesehatan komprehensif.

Hal itu Eka Hospital buktikan melalui pemanfaatan teknologi dalam penanganan pasien. Salah satunya, lewat penerapan electronic medical record (EMR) menyeluruh dan terintegrasi.

Eka Hospital Group bangun dua RS baru di Jakarta. 

Dok. Eka Hospital Group Eka Hospital Group bangun dua RS baru di Jakarta.

“EMR memungkinkan seluruh data pasien tersimpan secara elektronik sehingga tingkat keamanan sangat tinggi. EMR juga memudahkan kami dalam menganalisis informasi medis guna meningkatkan kecepatan dan ketepatan diagnosis,” jelas Rina.

Sebagai informasi, selain mengadakan kegiatan groundbreaking, seluruh jajaran direksi Eka Hospital Group juga melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Mizan Amanah Asem Baris serta di Kelurahan Kebon Kelapa

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) perusahaan. Melalui aksi sosial ini, Eka Hospital Group turut berbagi kepedulian dengan memberikan santunan kepada anak-anak yang berada di panti tersebut.

Beroperasi sejak 2008, saat ini, Eka Hospital Group yang berada dibawah bendera Sinar Mas Land telah memiliki RS di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Bekasi, Cibubur, dan Pekanbaru.

Adapun Eka Hospital MT Haryono dan Juanda akan menjadi rumah sakit kelima yang dibangun sendiri (greenfields) oleh Eka Hospital Group. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com